cover
Contact Name
Sigit Hariyadi
Contact Email
sigit.hariyadi@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ijgc@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
ISSN : 22526374     EISSN : 25976133     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information technology and assessment.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017" : 20 Documents clear
Tingkat Forgiveness dan Prososial antara Siswa Sekolah Umum dan Sekolah Berbasis Agama Kartikaningsih, Kartikaningsih; Suharso, Suharso; Sutoyo, Anwar
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat forgiveness dan prososial antara siswa sekolah umum dan siswa sekolah berbasis agama. Jenis penelitian kuantitatif  ini menggunakan metode komparatif dan menggunakan uji t-test. Jumlah sampel sebanyak 329 siswa dipilih secara proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan uji t-test. Rata-rata tingkat forgiveness berada pada kriteria tinggi yaitu sekolah umum (71,5%) dan sekolah berbasis agama (76,2%). Rata-rata tingkat prososial berada pada kriteria tinggi yaitu (74,76%) pada sekolah umum dan (73,98%) pada sekolah berbasis agama. Hasil uji t-test menunjukkan dengan taraf signifikasi 5% diketahui pada tingkat prososial  < , yaitu (1,885 < 1,960). Begitu pula dengan tingkat prososial diketahui < , yaitu (1,619 < 1,960) yang artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat forgiveness dan prososial anatara siswa sekolah umum dan siswa sekolah berbasis agama.   This study aims to determine differences in forgiveness and prosocial rates between public school students and religious school-based students. This type of quantitative research uses a comparative method and uses a t-test. The number of samples of 329 students is selected by proportionate random sampling. Data analysis technique used is descriptive analysis of percentage and t-test. The average forgiveness rate is in the high criteria of public schools (71.5%) and religious schools (76.2%). The average of prosocial level is in high criteria (74.76%) in public schools and (73.98%) in religious schools. The result of t-test shows that 5% significance level is known at prosocial level t_hitung < t_ (count), that is (1,885 <1,960). Similarly, the prosocial rate is known t_hitung < t_ (count), that is (1,619 <1,960) which means Ha rejected and Ho accepted. Thus there is no significant difference in the level of forgiveness and prosocial between students of public schools and religious school-based students.
Hubungan antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang Riskiyani, Dwi; Hartati, Maria T. S; Sugiyo, Sugiyo
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri siswa sekolah menengah pertama baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Peneitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 152 dari populasi 272 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan penyesuaian diri, skala kematangan emosi dan skala self regulation. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kematangan emosi dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R=0,830, t=18,199, p=0,000<0,05), kemudian antara self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hungan yang signifikan (R=0,682, t=11,415, p=0,000<0,05). Begitu pula antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R=0,849, F=193,024, p=0,000<0,005). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dan self regualtion dengan kemampuan penyesuaian diri.
Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Berbi untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa Astuti, Dwi; Mugiarso, Heru; Wibowo, Mungin Eddy
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media Kartu BerBi (Berani Bicara) merupakan media bimbingan kelompok dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Media kartu BerBi adalah media yang menarik, praktis, dan mudah untuk menggunakanya, agar dapat memotivasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuktikan apakah bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa kelas IX D MTs Al-Asror. Rancangan penelitian ini termasuk dalam jenis pre-eksperimental design, dengan metode The One Group Pre Test – Post Test Design. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas IX D MTs Al- Asror tahun ajaran 2017/2018 dengan tingkat komunikasi antarpribadi rendah. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala komunikasi antarpribadi dengan koefisien reliabilitas 0,975. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan komunikasi antarpribadi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi (t = 2,66, P < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa.   Media BerBi Card is a guidance and counseling media in the form of games which could be used by counselors and students. Media Rummy Card Interpersonal Communication was an interesting media, practical, and easy to use it, in order to motivate the students for following the guidance and counseling services. This purpose of this development to know whether game-based group guidance with BerBi card media is effective to improve interpersonal communication of grade IX students of MTs Al-Asror. The design of this research is included in the type of pre-experimental design, with The One Group Pre Test - Post Test Design method. Subjects in this study were 9 students of class IX D MTs Al-Asror academic year 2017/2018 with low interpersonal communication level. The instrument used in data collection is the scale of interpersonal communication with the reliability coefficient of 0.975. The result of the research showed that there were differences of interpersonal communication before and after given by game based guidance service with BerBi card media (t = 2,66, P <0,05). Thus it can be concluded that game-based group guidance service with BerBi card media is effective to improve interpersonal communication of students.  
Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Penyesuaian Diri Dwikintari, Aulia; Nusantoro, Eko; Sugiyo, Sugiyo
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kajen yang memiliki kemampuan penyesuaian diri yang kurang di lingkungan baru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama terhadap penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pre-experiment. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuh kali pemberian perlakuan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kajen, dengan subjek penelitian 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala penyesuaian diri. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian diri sisw pada kategori sedang dengan presentase (64%). Setelah diberikan perlakuan melalui layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama terjadi peningkatan penyesuaian diri pada kategori tinggi dengan presentase (78%). Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa.   This study was conducted based on the phenomenon that accurs in the students of class VIII F SMP Negeri 2 Kajen wich has the ability of self adjustment that is lacking in the new enviroment. The purpose of this study is to know the influence of the social information service with sociodrama technique against self adjustment of student. The type of research is experiment with pre-experiment method. This research was carried out with seven treatment times in the class VIII F SMP Negeri 2 Kajen, with subject research 36 students. Data collesction method used is the scale self adjustment. Data were analyzed using descriptive analysis of the percentage and the t-test. The results show student self adjustment in the medium category with a percentage (64%). After being given a treatment through social information service with sociodrama technique increase of self adjustment in the high category with percentage (78%). This show that the social information service with sociodrama technique affect on the increased self adjustment of students.
Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Damai Siswa Kartikawati, Dwiana; Wibowo, Mungin Eddy; Awalya, Awalya
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan karakter cinta damai pada siswa. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel terikat karakter cinta damai (Y), variabel bebas bimbingan kelompok teknik sosiodrama (X). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tambak, Banyumas dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dan observasi. Sedangkan alat pengumpul datanya menggunakan skala cinta damai dan daftar pelanggaran siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase dan Wilcoxon Match Pairs Test. Dari analisis Wilcoxon diperoleh Zhitung = (-3,065) dan Ztabel adalah (14), jadi Zhitung (-3,065) < Ztabel (14). Dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan mengenai karakter cinta damai siswa sebelum dan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama Dengan demikian teruji bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan karakter cinta damai pada siswa. Abstract The purpose of this research is to know the effectiveness of the group counceling service in sosiodrama technique to improve the students’ love peaceful character. This research has two variabel, there are variabel that tie on love peaceful character (Y), free variabel of  group counceling service in sosiodrama technique (X). The kind of research that use is experimental research. The sample of this research are 12 students in class VII B at SMP Negeri 1 Tambak, Banyumas and the technique to get the sample is use purposive sampling technique. The method to collect the data is use psychology method and oberservation. Whereas, the instrument to collect the data is use love peaceful scale and list of violations of the students. The data analysis technique that use are descriptive precentage analysis and Wilcoxon Match Pairs Test. From the analysis Wilcoxon get Zhitung = (-3,065) dan Ztabel is (14), so Zhitung < (-3,065) dan Ztabel (14). The conclusion, there is significant differences about student’s love peaceful character before and after got group counceling service in sosiodrama technique. Thus been tested that  group  guidance service in sosiodrama technique  is effective to improve students’ love peaceful character.
Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Modelling Terhadap Kedisiplinan Siswa Adiningrum, Wastiti; Saraswati, Sinta; Kurniawan, Kusnarto
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was conducted in SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Banyumas in 2017/2018 academic years. The purposes of this study is to knowing the influence of group counseling with modelling technique to discipline of the eleventh graders students in SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Banyumas. The type of this study is experimental study with pre experimental design. The subject of this study is 8 students from the eleventh graders vocational high school. The data was collected by student discipline questionnaire and use the test wilcoxcon analyisis. The result of this study showing that student discipline was changed  from low category to high category, can be conclude there are influence of group counseling with modelling technique to discipline of the eleventh  graders students in SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Banyumas.
Self-Efficacy dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Rosmayati, Rosmayati; Sunawan, Sunawan; Saraswati, Sinta
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dan konformitas dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 125 dari populasi 284 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel simple random  sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,565, F(3,121) = 18,903, p = <0,01), kemudian antara konformitas dengan prokrastinasi akademik tidak memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,030, F(5,116) = 1,265, p = >0,05). Sedangkan antara self-efficacy dan konformitas dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,595, F(18,903) = 7,957, p = <0,01). Berdasarkan hasil penelitian guru Bimbingan dan Konseling disarankan memberikan layanan BK untuk menurunkan prokrastinasi akademik melalui pengembangan self-efficacy dan konformitas.   This study aims to determine the relationship of self-efficacy and conformity with academic procrastination of students Guidance and Counseling State University of Semarang either partially or jointly. This research uses correlational quantitative design. The sample used is 125 from the population of 284 students with simple random sampling technique. The data analysis technique using regression. The results showed that between self-efficacy and academic procrastination had significant relationship (R = 0,565, F (3,121) = 18,903, p = <0,01), then between conformity with academic procrastination had no significant relationship (R = 0,030 , F (5,116) = 1,265, p = >0,05). While between self-efficacy and conformity with academic procrastination have significant relationship (R = 0,595, F (18,903) = 7,957, p = <0,01). Based om the results of research Guidance and Counseling teachers are advised to provide Guidance and Counseling services to decrease academic procrastination through the development of self-efficacy and conformity.
Meningkatkan Kemampuan Prososial Siswa Melalui Layanan Informasi dengan Teknik Bibliotherapy Novita, Kiftiyah Riris; Sugiharto, Dwi Yuwono Puji; Anni, Catharina Tri
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan prososial siswa sebelum dan setelah diberikan layanan informasi dengan teknik bibliotherapy di SD N Sekaran 01, Semarang. Penelitian eksperimen ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi kelas enam di SD N Sekaran 01 berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu, kemudian diambil sampel dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala prososial berjumlah 40 item. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase siswa naik dari 51% menjadi 83%, dan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel yaitu 17.333 > 2.086. maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik bibliotherapy efektif dalam meningkatkan perilaku prososial siswa.   The purpose of this research is to know the prosocial ability of student before and after the given information service with the technique of bibliotherapy in SD N Sekaran 01, Semarang. This experiment uses one-group pretest and post test design. The population of this class is sixth grade in SD N Sekaran 01 amounted fourty students. Sample retneval technique used is a purposive sampling based upon the purpose and particular consideration so obtained sample amounted to twenty students. Data collection uses prosocial scale 40 items. Data analysis uses descriptive percentage and t-test. This research shows that the result increases percentage of 51% to 83% and the result is ttabel > ttabel : 17.333 > 2.086. So it can be conclution that information service with bibliotherapy technique is effective to increases behavior of prosocial students.
Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Dilihat dari Pola Asuh dan Konsep Diri pada Siswa SMP Damayanti, Fita Lestia; Kurniawan, Kusnarto; Setyowani, Ninik
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dan konsep diri dengan komunikasi antar pribadi siswa sekolah menengah pertama secara parsial dan bersama-sama. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 152 dari populasi 264 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket komunikasi antar pribadi, angket pola asuh dan skala komunikasi antar pribadi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi antar pribadi menunjukkan nilai sebesar 149,52 dalam kategoti tinggi, nilai rata-rata pola asuh sebesar 127,46 berada pada kategori sedang, konsep diri nilai rata-rata 135,95 berada pada kategori tinggi. Sedangkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dan konsep diri dengan komunikasi antar pribadi hasil perhitungan (R=0,778, p = < 0,05) dalam kategori kuat / tinggi. Analisis secara persial menunjukkan antara pola asuh dengan komunikasi antar pribadi terdapat hubungan signifikan (R=0,577, p = < 0,05), begitu pula antara konsep diri dengan komunikasi antar pribadi juga terdapat hubungan yang signifikan (R=0,731, p= <0,05).   This research aims to find out the relationship among the parenting and the self-concept with the interpersonal communication of the students junior high school partially and together. This research used the qualitative correlation design. The total of the sample was 152 from the population of 264 students with the technique of collecting sample used the Simple Random Sampling. The data collection tool used the questionnaire of the communication interpersonal, the questionnaire of parenting and the interpersonal communication scale. The technique of the data analysis used the descriptive analysis, the simple regression, and the double regression technique. The result of the research showed the score of the interpersonal communication was 149.52 in high category, the average score of the parenting was 127.64 in moderate category, and the average score of the self-concept was 135.95 in high category. Thus there was significance relation between the parenting and the interpersonal communication it was (R=0,778, p = < 0,05) in strong/high category. The analysis of partial showed that parenting with interpersonal communication was significant (R=0,577, p = < 0,05), and so between the self-concept with the interpersonal communication had the significance relationship (R=0,731, p= <0,05).
Peningkatan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Hidayati, Indah; Mulawarman, Mulawarman; Awalya, Awalya
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Pada masa remaja identik dengan masalah dalam meregulasi emosinya sehingga banyak terjadi kegelisahan dalam hidupnya. Untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa menggunakan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi siswa. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan menggunakan One group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan subyek penelitian sebanyak 8 siswa SMK Negeri 1 Semarang, untuk perlakuan dilakukan sebanyak 8 kali dan tiap pertemuan selama 45 menit dengan 6 tema yang berbeda antara lain gigih dan berusaha, nilai dalam berteman, mengembangkan hobi, toleransi, harapan, dan tepat waktu. Alat pengumpul data menggunakan skala regulasi emosi dengan koefisien reliabilitas 0,90. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan regulasi emosi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan secara signifikan (Z= -2,524, P< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan regulasi emosi siswa.   In adolescence it is identical to the problem of regulating emotions so much anxiety in this life. To improve emotional regulation on students using sociodrama technique through group guidance. The purpose of this study was to test the effectiveness of group counseling services with sociodrama techniques to improve students emotional regulation. The method used is pre-experimental design, using One group pretest-posttest design. This study uses purposive sampling, with the subject of research as many as 8 students of SMK Negeri 1 Semarang, for treatment done as much us 8 times and each meeting for 45 minutes with 6 different themes among others perseverance and striving, value in bein friens, developing hobbies, tolerance, hope, and timely. The data collection tool uses the scale of emotional regulation with a coefficient of reliability of 0.90. This study showed an increase in emotional regulation of students before and after treatment was given significantly (Z = -2.524, P <0.05). It can be concluded that group counseling service with sociodrama technique can improve students emotional regulation.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 2 (2021): Desember 2021 Vol 10 No 1 (2021): Juni 2021 Vol 9 No 2 (2020): Desember 2020 Vol 9 No 1 (2020): Juni 2020 Vol 8 No 2 (2019): Desember 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 More Issue