cover
Contact Name
Sigit Hariyadi
Contact Email
sigit.hariyadi@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ijgc@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application
ISSN : 22526374     EISSN : 25976133     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Indonesian journal of guidance and counceling publishes research articles and conceptual analysis of guidance and counseling both in schools and out of school education that includes the study of guidance counseling, management, and counseling application approaches, innovation, media / information technology and assessment.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018" : 20 Documents clear
Meningkatkan Harga Diri pada Siswa Underachiever Melalui Layanan Konseling Kelompok Maharani, Elsa G. Prasetya; Wibowo, Mungin Eddy; Setyowani, Ninik
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan untuk meningkatkan harga diri pada siswa underachiever kelas VIII SMP N 11 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental design, dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan subyek penelitian sebanyak 7 siswa yang memiliki masalah harga diri rendah. Alat pengumpul data menggunakan skala harga diri, pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Product Moment dan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji Wilcoxon. Harga diri siswa underachiever sebelum diberikan konseling kelompok memiliki rata-rata 52% termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan harga diri siswa underachiever setelah diberikan konseling kelompok memiliki rata-rata 72.44% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dengan taraf kesalahan 0.05 diketahui z hitung lebih besar dari z tabel (-2.366<0.0094) maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dapat meningkatkan harga diri pada siswa underachiever. ABSTRACT             The objectives of this research was to examine the effectiveness of a group counseling service in improving the self esteem on underachiever students in class VIII of SMPN 11 Semarang. The researcher used pre-experimental design method; one group pretest-postest design. This research used purposive sampling in which the subjects were 7 students who had the low self esteem problems. In collecting the data, the researcher used a self esteem scale, validity and reliability test used Product Moment and Alpha formula. Furthermore, in analyzing the data, the researcher used percentage descriptive analysis and Wilcoxom test. The self esteem on underachiever students before given the group counseling had mean 52%, it was in moderate catagory. While, the self esteem on underachiever students after given the group counseling had mean 72,44%, it was in  high category. Based on the result of the Wilcoxon test in 0.05level error, it was known that z value was high than z table  (-2.366<0.0094), it meant Ha was accepted. It can be concluded that the group counseling service was able to improve the self esteem on underachiever students.
Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regulated Learning Mukaromah, Devy; Sugiyo, Sugiyo; Mulawarman, Mulawarman
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini mendasarkan pada fenomena keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang rendah di SMP negeri 22 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri dan self regulated learning terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah ex post facto, dengan populasi 288  dan sampel 158. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri, skala self regulated learning dan skala keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara efikasi diri terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran (R2=0.437,p=<0,01), kemudian self regulated learning juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan siswa (R2=0.765, p=<0,01). Secara bersama-sama efikasi diri dan self regulated learning berpengaruh terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran (R2=0,794, p= <0,01).   Kata Kunci: Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran   Abstract This research is based on the phenomenon of student engagement that is low in SMP Negeri 22 Semarang. This study aims to determine the effect between self efficacy and self regulated learning on student engagement in learning. The research design in this research is ex post facto, with population 288 and sample 158. The sampling technique used is simple random sampling. The data were collected using self-efficacy scale, self-regulated learning scale and students engagement scale. Research results showed the presence of influence between self efficacy against student engagement (R2=0.437, p =< 0.01), then self regulated learning also have significant influence towards student engagement (R2=0.765, p=< 0.01). Collectively self efficacy and self regulated learning effect on student engagement (R2 = 0,794, p=< 0.01). Keyword: self efficacy, self regulated learning, student engagement  
Penyesuaian Diri Siswa Dilihat dari Segi Konsep Diri dan Dukungan Sosial pada Siswa SMP Safareka, Yuliani; Setyowani, Ninik; Anni, Catharina Tri
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan populasi 286 siswa dan sampel 158 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara konsep diri dengan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,648, p = <0,05), kemudian antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri juga memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,350, p = <0,05). Begitu pula antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri juga memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,658 , p = <0,05). Kata kunci : konsep diri; dukungan sosial; penyesuaian diri   ABSTRACT This study aims to determine the relationship between self-concept and social support with the self-adjustment of students of class VII SMP either partially or jointly. This study uses correlational quantitative design with a population of 286 students and a sample of 158 students. the sampling technique used is probability sampling. The data analysis techniques using multiple correlation. The results showed that between self-concept and self-adjustment had significant correlation (R = 0,648, p = <0,05), then between social support and self-adjustment also had significant correlation (R = 0,350, p = <0,05 ). Similarly, between self-concept and social support with self-adjustment also has a significant relationship (R = 0.658, p = <0.05). Keyword: self-concept, social support, social support
Kontribusi Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMP Purnamasari, Intan; Suharso, Suharso; Sunawan, Sunawan
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prososial, empati, dan dukungan sosial teman sebaya, serta kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan 330 responden yang diperoleh menggunakan area random sampling. Angket perilaku prososial, skala empati, dan skala dukungan sosial teman sebaya digunakan dalam pengumpulan data dengan reliabilitas 0,737, 0,703, dan 0,733. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP Negeri di Sub Rayon 3 Kabupaten Banyumas mempunyai perilaku prososial yang tergolong tinggi (76%), empati yang tergolong cukup tinggi (59%), dan dukungan sosial teman sebaya yang tergolong cukup tinggi (63%). Kemudian hasil penelitian menunjukan bahwa ada kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa (F(8,329)=30,482, p<0,05) sebesar 47,2%  terdiri dari 36,6% untuk empati dan 6,6% untuk dukungan soail teman sebaya, sedangkan sisanya diprediksikan disumbangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. This study was aimed to knowing the description of prosocial behaviour, empathy, and social suppor from colleague, also the contribution of empathy and colleague social support to student prosocial behaviour. The study was ex post facto study with 330 respondent as collected by area random sampling. Prosocial behaviour questionnaire,empathy scale, and social support colleague scale, it was use 0,737, 0,703, and 0,733 reliability at data collected. The result showed that the student of SMP Negeri in Sub Rayon 3 Kabupaten Banyumas having high classified prosocial behaviour (76%), empathy with high classified (59%), and colleague social support with high classified (63%). The study also showed that there were contribution of empathy and colleague social support to student prosocial behaviour (F(8,329)=30,482,p<0,05) it was 47,2% consists of 36,6% was empathy and 6,6% was collegue social support, and for the other was contribute by other variable which does”nt researching in this study.
Pengaruh Pemberian Career Planning Strategy dalam Layanan Penguasaan Konten Terhadap Survival Skills Siswa SMK Nanda, Dias Alentia; Saraswati, Sinta; Anni, Catharina Tri
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak dari pemberian career planning strategy terhadap survival skills siswa kelas XII Multimedia 2 SMK Negeri 4 Semarang dalam menghadapi masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, delapan kali treatment disertai pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan deskripsi persentase dan uji wilcoxon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu sehingga didapatkan sampel berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologis dengan 36 item dengan empat jenjang skala yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian career planning strategy dalam layanan penguasaan konten dapat meningkatkan survival skills siswa.Kata Kunci: Survival Skills; Career Planning Strategy; Layanan Penguasaan Konten ABSTRACT               The purpose of this research to determine the impact of the provision of career planning strategy against the survival skills of students of class XII Multimedia 2 SMK Negeri 4 Semarang in the face of problems. This research is an experimental research, with eight times treatment and pre-test, post-test given to the student, then analyzed by using percentage description and wilcoxon test. The sampling technique used is purposive sampling based on the purpose and certain considerations so that the sample of 15 students. Data collection was done by using psychological scale with 36 items with four levels of scale that strongly agree, agree, disagree, strongly disagree The results showed that giving career planning strategy in content mastery service can improve survival skills of students.Keywords: Survival Skills; Career Planning Strategy; Content Mastery Service 
Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa yang Salah dalam Mengambil Jurusan Syahara, Amanda Nazli; Nusantoro, Eko; Hartati, Maria Theresia S.
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktualisasi diri siswa kelas X yang salah dalam mengambil jurusan  sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Demak. Jenis pada penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan metode pre-eksperiment. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh yang berjumlah 14 siswa yang salah dalam mengambil jurusan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala aktualisasi diri yang diuji cobakan menggunakan validitas rumus product moment dan reabilitas rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus kurva normal, analisis deskriptif kualitatif, dan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan aktualisasi diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, perolehan hail sebelum diberikan layanan sebesar 270.71 dan setelah diberikan layanan sebesar 286.93, kenaikan aktualisasi diri siswa mencapai 16.22. Berdasarkan uji wilcoxon memperoleh  nilai signifikan  0,001. Nilai tersebut lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif meningkatkan aktualisasi diri siswa kelas X yang salah dalam mengambil jurusan di SMA Negeri 1 Demak. This study aims to determine the increase of students of class X is wrong in taking the majors before and after being given guidance services group in SMA Negeri 1 Demak. Type in this research is experiment by using pre-experiment method. Population and samples in this study using non probability sampling with saturated sampling technique which amounted to 14 students who are wrong in taking the majors. Data collection techniques using self-actualization scale tested using the validity of product moment formula and reability of the alpha formula. The technique of data analysis using quantitative descriptive analysis formula using normal curve formula, qualitative descriptive self-actualization analysis, and wilcoxon test. The results of this study indicate that there is an increase in self-actualization of students before and after being given group counseling services, hail acquisition before the given service of 270.71 and after given service amounted to 286.93, the increase self-actualization students reached 16.22. Based on the test wilcoxon get significant value 0.001. The value is smaller than 0.05, it can be concluded that the guidance of the group effectively improve self-actualization of the wrong class X students in taking the majors in SMA Negeri 1 Demak.
Hubungan antara Fungsi Keluarga dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Fadhilah, Lilis; Sugiharto, Dwi Yuwono Puji; Saraswati, Sinta
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara fungsi keluarga dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode deskriptif dengan jenis korelasional, dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu fungsi keluarga sebagai variabel bebas dan kecerdasan interpersonal sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 152 dari populasi 264 siswa dengan teknik pengabilan sampel Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket fungsi keluarga dan skala kecerdasan interpersonal. Untuk menganalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi. Berdasarkan analisis data dapat dijelaskan bahwa fungsi keluarga dalam kategori sangat tinggi sebesar 189,51 dan kecerdasan interpersonal dalam kategori tinggi sebesar 163,62. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi memperoleh hasil Rhitung 0,632 dalam kategori kuat/tinggi, pada uji t diketahui t hitung sebesar 9,987, dan t tabel sebesar 1,976 diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel jadi hipotesis nol ditolak , artinya fungsi keluarga berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal, nilai koefisien dan t hitung ialah positif terhadap kecerdasan interpersonal.dan nilai signifikansi (p) 0,000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara fungsi keluarga dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 40 Semarang. This research aims to examine the relationship between the function of the family with the interpersonal intelligence of students in the class VII SMP Negeri 40 Semarang. This research was the quantitative research, the descriptive method with type of correctional, in this research there were two variables those were the family function as the free variable and the interpersonal intelligence as the bound variable. The total of the sample was 152 from the population 264 students with the technique of collecting sample used the Simple Random Sampling. The data collection tool used was the questionnaire of the family function in the very high category it was 189.51 and the interpersonal intelligence was in the very high category it was 163.62. The result of the research showed that the score of the correlation coefficient obtained the result of R count 0.632 in the strong/high category, in t-test, it was known that t count was higher than t table so null hypothesis was rejected, it meant that family function was effected to the interpersonal intelligence, coefficient value, and t count was positive to the interpersonal intelligence, in the significance score (p) 0.000. Based on the result of the research it can be concluded that there is positive relationship and significance between the family function with the interpersonal intelligent of the student in the class VII SMP Negeri 40 Semarang
Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa Wahyuningsih, Endang Tri; Awalya, Awalya; Hartati, Maria Theresia Sri
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This study is aimed to know the students’ manner level before and after given content mastery service symbolic modeling technique. The research design of this study is pre-eksperimental design with one-grup pretest-posttest design experiment design. The sample of this study is population study sample whereas the population of this study was amounted to 32 students class VIII F of SMP Muhammadiyah 3 Semarang. The instruments to collect the data are students’ manner questionnaire with reliability coefficient 0,918 and interview which given to one of the teacher that teach in class VIII F. The data was analyzed using descriptive qualitative analizing and t-test. The students manner before given content mastery service symbolc modelling technique has average score 145,06 include in low criteria. The students manner after given content mastery service symbolc modelling technique has average score178,93 include in middle criteria. Based on the results of different test (t-test) with 5% error rate is known t.count > t.table (8,25>2,039) and has significant value equal to 0,00 (p<0,05). So, it can be concluded that there was a significant influence of content mastery service symbolic modeling technique in improving the manner of students’ class VIII F of SMP Muhammadiyah 3 Semarang.
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Resiliensi Siswa Khomsah, Novi Rizani; Mugiarso, Heru; kurniawan, Kusnarto
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh layanan konseling kelompok terhadap resiliensi siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan tujuh kali pertemuan dengan jumlah subjek penelitian 10  siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan  mengunakan skala resiliensi kepada siswanya secara langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  adanya perubahan setelah pemberian treatment konseling kelompok, yaitu dari analisis data perhitungan tabel uji Wilcoxon, jumlah jenjang yang terkecil atau T hitung nilainya adalah 0. Sedangkan Ttabel untuk n=10 dengan taraf kesalahan 5% adalah 8. Maka dapat diketahui bahwa nilai (T hitung < TTtabel atau 0 < 8), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok terhadap resiliensi siswa. ABSTRACT             The purpose of this study was to observe the influence of group counseling services on resilience grade VIII  SMP Negeri 3 Ungaran. This type of research is a research experiment one group pre-test post-test design. This research is conducted seven times with 10 students of the subject. Data collection was done with scale resilience to students directly. Analytical techniques descriptive analysis of the data using the percentage and wilcoxon test. The results showed that there was a change after giving treatment group counseling, that is from data analysis calculation of Wilcoxon test table, the smallest number of levels or  T arithmetic value is 0. While Ttable for n=10 with the level of error 5%  is  8. Then it can be seen that the value (T count <Ttabel or 0 <8), this means that Ha is accepted and Ho is rejected. his shows that the influence of group counseling on student resilience.
Meningkatkan Empai melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing Zahro, Afridatuz; Awalya, Awalya; Sri Haratati, Maria Theresia
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018
Publisher : Department of Guidance and Counseling, UNNES

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik role playing untuk meningkatkan empati siswa kelas XI IPS 1 SMA N 6 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental design, dengan menggunakan One group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi, dengan sampel penelitian sebanyak 34 siswa. Alat pengumpul data menggunakan skala empati siswa, pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus Product Moment dan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan Uji Beda atau T-Test. Kondisi empati siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing memiliki rata-rata skor sabesar 197.09 termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan kondisi empati siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing memiliki rata-rata skor sebesar 246.06 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil Uji Beda (T-Test) dengan taraf kesalahan 5% diketahui bahwa thitung > ttabel  (12,121 > 2,034) maka dapat dikatakan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik role playing berpengaruh untuk meningkatkan empati siswa. ABSTRACT The purpose of this research is to examine the influence of content mastery service with role playing technique to improve empathy of student of class XI Social Science class I SMA N 6 Semarang. The method used is pre-experimental design method, using One group pretest-posttest design. This study uses population study technique, with a sample of 34 students. The data collection tools use students empathy scale, validity and reliability testing using Product Moment  and alpha formulas. The Data analysis used quantitative descriptive analysis and Different Test or T-Test. The condition of student empathy before being given content mastery service with role playing technique has average 197.09 sabesar score included in low category. While the condition of student empathy after being given content mastery service with role playing technique has average score equal to 246.06 included in category of being. Based on result of Different Test (T-Test) in 5% level error, it known that  T-count > T-table (12,121> 2,034 ) then it can be said Ha accepted. So it can be concluded that content mastery services with role playing techniques have an effect to improve students empathy.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 2 (2021): Desember 2021 Vol 10 No 1 (2021): Juni 2021 Vol 9 No 2 (2020): Desember 2020 Vol 9 No 1 (2020): Juni 2020 Vol 8 No 2 (2019): Desember 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 8 No 1 (2019): Juni 2019 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 7 No 4 (2018): Desember 2018 Vol 7 No 3 (2018): September 2018 Vol 7 No 2 (2018): Juni 2018 Vol 7 No 1 (2018): Maret 2018 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 6 No 4 (2017): Desember 2017 Vol 6 No 3 (2017): September 2017 Vol 6 No 2 (2017): Juni 2017 Vol 6 No 1 (2017): Maret 2017 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 5 No 4 (2016): Desember 2016 Vol 5 No 3 (2016): September 2016 Vol 5 No 2 (2016): Juni 2016 Vol 5 No 1 (2016): Maret 2016 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 4 No 4 (2015): Desember 2015 Vol 4 No 3 (2015): September 2015 Vol 4 No 2 (2015): Juni 2015 Vol 4 No 1 (2015): Maret 2015 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 3 No 4 (2014): Desember 2014 Vol 3 No 3 (2014): September 2014 Vol 3 No 2 (2014): Juni 2014 Vol 3 No 1 (2014): Maret 2014 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 2 No 4 (2013): Desember 2013 Vol 2 No 3 (2013): September 2013 Vol 2 No 2 (2013): Juni 2013 Vol 2 No 1 (2013): Maret 2013 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 Vol 1 No 2 (2012): Desember 2012 Vol 1 No 1 (2012): September 2012 More Issue