cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Learning
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning" : 14 Documents clear
PERANGKAT PENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJRAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Efy Setiawan, Arta; Budiyono, Aris; -, Boenasir
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR (MEASURING TOOLS) Joko Purnomo, Agus; -, Karsono; Suharmanto, Agus
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISIS PANAS PADA KNALPOT BERBASIS SPONGE STEEL Denny Meriyanto, Defyta; -, Hadromi; Margo Sulistyo, Suratno
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIK PEMESINAN Afroni, Zaenal; Rubai Wijaya, M Burhan; -, Rusiyanto
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

RANCANG BANGUN BOILER PADA INDUSTRI TAHU UNTUK PROSES PEMANASAN SISTEM UAP DENGAN MENGGUNAKAN CATIA V5 Effendy, Dwi Ardiyanto -; -, Sunyoto; -, Masugino
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGGUNAAN BAHAN AJAR CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR 2 DIMENSI DENGAN PROGRAM AUT O CAD Ardiyansyah, M.; Khumaedi, Muhammad; Eko, Budiarso
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI Widya Kurniawan, Andreas; -, Karsono; -, Wahyudi
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR (MEASURING TOOLS)
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar mana yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran  eksperiential learning berbantuan modul dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur (measuring tools) Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan  pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sample menggunakan teknik cluster random sampling dan terbagi dalam 2 kelompok sampel, yaitu kelas X TKR-1 sebagai kelas ekperimen dan X TKR-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data dengan teknik statistik komparatif. Hasil uji-t data  post-test diperoleh thitung = 5,35, pada taraf  signifkansi (α) 5% diperoleh ttabel = 2,00, karena t  hitung > t tabel maka terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran experiential learning berbantuan modul lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada kompetensi menggunakan alat-alat ukur (measuring tools).AbstractThis study aimed to compare the learning outcomes which one is better between learning using experiential learning model-assisted learning modules with direct instructional model on competency using measuring tools (measuring tools) Light Vehicle Engineering Skills Competency. Research using quasi-experimental methods. The study population was a student of  class X TKR SMK Negeri 3 Semarang school year 2012/2013, amounting to 3 classes. Sampling using random cluster sampling technique and divided into 2 keompok samples, namely X TKR-1 as experimental class and X TKR-3 as a control class. Using test data collection and data analysis with comparative statistical techniques. Results of  t-test from data post-test is obtained t = 5.35, on signifkansi level (α) of  5% is obtained t table = 2.00, because t > ttable then there is a significant difference between the control class and the experimental class. These results indicate that the application of  experiential learning model assisted module is better than direct learning on competence using measuring tools.
STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PRAKTIK PEMESINAN
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata kuliah praktik pemesinan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre test-Post test Control Group Design, menggunakan Check List dan lembar penilaian sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah mahasiswa PTM Unnes 2011 terdiri dari 103 mahasiswa dan diambil 50 mahasiswa sebagai sampel. Hasil penelitian diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 70,92 atau meningkat sekitar 18.08 % dan rata-rata kelas kontrol adalah 66,02 atau meningkat sekitar 13,2%. Pada uji hipotesis diperoleh thitung= 2,362 (α = 5%) dan dk = (25+25-2) = 48 diperoleh t(0,95)(48) = 2,01. Karena thitung  t (0,95)(48) maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan Model Problem Based Learning menunjukan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.AbstractThis research aims to find out the results of  an engineering practice learning courses that use conventional learning model and use the model of  PBL. This study is an experimental research design with pre-test post test control group design, use the Check List and assessment sheets as a tool for collecting research data. The population of  the research was a student at Unnes PTM 2011 consists of  103 students and taken 50 students as a sample. The research results obtained average post-test test class is 70,92 or increased by approximately 18,08% and the average of  the control class is 66,02 or an increased by approximately 13.2%. In the hypothesis test is obtained tarithmetic = 2,362 (α = 5%) and dk = (25+25-2) = 48 obtained t(0,95)(48) = 2,01. Because tarithmetic ≥ t (0,95)(48) then H0 rejected.  Based on the result of  the study can be concluded that the learning outcomes using Problem Based Learning Models showed better results compared with learning conventional use the model of  learning.
IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 2 No 2 (2013): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran langsung dengan model  Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pola  Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan pemesinan SMK Kristen Pedan yang menempuh kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi pada semester genap 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 108 siswa. Penentuan sampel diambil dengan metode random, kemudian diperoleh 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 36 siswa dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Kelompok kontrol akan diberikan model pembelajaran langsung, sedangkan kelompok eksperimen diberikan model  Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar kompetensi mengukur dengan alat ukur mekanik presisi pada kelompok kontrol yang semula 43,33 meningkat menjadi 67,08 atau terjadi peningkatan sebesar 23,75%. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 43,61 meningkat menjadi 76,67, sehingga terjadi peningkatan sebesar 33,06%.AbstractThis study aims to determine whether there is an increase in student learning outcomes between the use of  direct instructional model with a model of  Problem Based Learning. This study uses a quasi-experimental study with a type of  pattern pretest-posttest control group design. The study population was a tenth grade student majoring in SMK Kristen Pedan machining that taking competence measure with precision mechanical measuring devices in the second semester of  2012/2013 which consists of  3 classes by the number of  108 students. The samples taken by the random method, then gained 2 classes, 1 class as a control group numbering 36 students and one class as the experimental group, amounting to 36 students. The control group will be given a direct instructional model, while the experimental group was given the model of  Problem Based Learning. Based on the results obtained, that the average competence measure learning outcomes with mechanical precision measuring tools in the control group increased to 43.33 originally 67.08 or an increase of  23.75%. Whereas the experimental group average learning outcomes which originally rose to 76,67 43,61, resulting in an increase of  33.06%.

Page 1 of 2 | Total Record : 14