cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Mechanical Engineering Learning
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning" : 20 Documents clear
Efektivitas Penerapan Modul Elektronik Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Teori Motor Bakar Aji, Nugroho Kusumo Bayu; Hadromi, Hadromi; Rubai Wijaya, M. Burhan
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin dalam kegiatan pembelajaran. 2) efektivitas penerapan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin. 3) perbandingan efektivitas modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin dengan modul konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental). Hasil uji kedua validator ahli media memberikan nilai dengan kriteria sangat layak dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan kedua validator ahli materi memberikan nilai dengan kriteria sangat layak dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penerapan modul elektronik sistem injeksi bahan bakar bensin pada kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata hasil belajar sebesar 38,29, dari yang sebelumnya 39,64 menjadi 77,93. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi 6,86 dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 71,07. Berdasarkan hasil analisis uji dua rata-rata, nilai posttest pada kedua kelas diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kata Kunci: efektivitas, modul elektronik, sistem injeksi bahan bakar bensin.
Pengembangan E-Modul Pembelajaran dan E-Jobsheet Sistem Penerangan Mobil Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan Huda, Syaiful; Widjanarko, Dwi
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul dan ejobsheet, tingkat kontribusi penggunaan e-modul dan e-jobsheet, dan tanggapan siswa terhadap e-modul dan e-jobsheet yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan. Model penelitian adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan model One Grup Pretest-Posttest Design. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase sebesar 89%, ahli materi sebesar 81%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar uji kompetensi siswa dengan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 25,89%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 14,337 dan ttabel 2.042 (thitung> ttabel), berarti ada perbedaan hasil belajar signifikan. Terdapat konstribusi efektif penggunaan e-modul dan e-jobsheet sistem penerangan yang signifikan terlihat dari uji n-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Analisis tanggapan siswa diperoleh persentase sebesar 85,39% termasuk kriteria sangat baik.
PROSES PRODUKSI DAN PENGUJIAN RISER PANAH RECURVE BOW fajar, syahwal; Sumbodo, Wirawan; Widodo, Rahmat Doni; Aryadi, Widya
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Panah merupakan senjata proyektil yang berguna untuk menembakan anak panah ke sasaran. Panah memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu panah jenis recurve bow yang digunakan pada kompetisi. Komponen utama panah recurve bow adalah riser, limb dan stabiliser. Riser merupakan pegangan atau jantung pada panah recurve bow. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses produksi dan pengujian produk riser. Riser yang menjadi acuan untuk proses produksi yaitu produk yang pernah dibuat oleh mahasiswa sebelumnya untuk recurve bow. Penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dimana metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Proses pembuatan riser dengan menggunakan metode pengecoran logam non-permanen. Pengujian yang dilakukan yaitu uji pembebanan dan uji kelengkungan. Sebelum melakukan pengujian produk harus diteliti untuk mengetahui ada cacat produk atau tidak. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan produk dan mengetahui hasil coran. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa kekuatan pembebanan pada setiap produk memiliki hasil mulai produk I 0,36 mm, produk II 0,40 mm dan produk III 0,23. Hasil yang didapat menunjukan perbedaan karena setiap produk hasil coran memiliki bentuk berbeda. Sedangkan uji kelengkungan memiliki hasil mulai produk I 0,59 mm, produk II 0,34 dan produk III 0,28. Setiap produk memiliki hasil yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dari pembuatan cetakan dan saat proses pengecoran berlangsung.
PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIK SIMULATOR THROTTLE POSITION SENSOR DAN SIMULATOR TROUBLE IGNITION COIL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIAGNOSIS KERUSAKAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM Satriaji, Anton; Rubai Wijaya, M. Burhan; Setyawan, Edy
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil belajar penggunaan simulator, dan tanggapan peserta didik terhadap media praktik simulator dengan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Designs dengan model one group pretest-postest design. Analisis yang digunakan adalah uji kelayakan, validitas, reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan uji N-gain. Uji kelayakan produk diperoleh persentase 90% untuk ahli media dan 96% untuk ahli materi dengan kategori sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 20 dengan kriteria peningkatan sedang berdasarkan hasil uji N-Gain sebesar 0,60 dan perolehan nilai rata-rata uji praktik sebesar 87 lebih besar dari nilai minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 70. Hasil uji t mendapatkan thitung sebesar 16,82 dan ttabel 2,04. Berdasarkan kriteria, Ha diterima apabila ttabel < thitung. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh persentase 94% termasuk dalam kriteria sangat menarik. Kata Kunci: ADDIE, Simulator, Engine Management System, Throttle Position Sensor, Ignition Coil
INVESTIGASI DARI PROSES PARAMETER DIECASTING PADA KUALITAS HIGH PRESSURE DIE CASTING ADC 10 ALLOYS PARTS Manullang, Robert
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pengecoran logam, High pressure die casting merupakan teknologi pengecoran yang tinggi, dikarenakan hasil dari casting yang dihasilkan sangat presisi dan tidak membutuhkan banyak pekerjaan lanjutan. penelitian ini membahas tentang investigasi dari parameter pada High pressure die casting terhadap kualitas yang dihasilkan pada material aluminum alloys ADC 10. hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat signifikan korelasi antara intensifikasi tekanan terhadap porositi R=0.0413 dengan kata lain intensifikasi tekanan tidak begitu memberi pengaruh terhadap porositi masih ada parameter lain seperti temperatur dan slow/fast shot yang dapat mempengaruhi hasil casting. evaluasi cacat pengecoran seperti porosity di peroleh dengan visual inspeksi (image analisis) berbantuan aplikasi.
HUBUNGAN KEMAMPUAN MENERAPKAN TEKNIK PEMBUBUTAN DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA Ulgari, Siti
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan Kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar siswa dengan minat berwirausaha dan sekaligus untuk mengetahui seberapa besar kemampuan menerapkan teknik pembubutan, disiplin belajar, dan minat berwirausaha. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan pertimbangan tertentu. Data variabel Kemampuan Menerapkan teknik pembubutan diambil dari tes kompetensi, disiplin belajar dijaring dengan menggunakan angket dan minat berwirausahadiambil melalui angket. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel Kemampuan menerapkan teknik pembubutan dengan minat berwirausaha bidang pembubutan rx1y sebesar 0,64371, dimana harga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2586. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel disiplin belajar bidang pembubutan dengan minat berwirausaha bidang pembubutan rx2ysebesar 0,32846, dimana harga rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2586. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar bidang pembubutan secara bersama-sama dengan minat berwirausaha bidang pembubutan dengan koefisien korelasi R sebesar 0,8132 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,6613 yang berarti 66,13 % bahwa minat berwirausaha bidang pembubutan dapat dipengaruhi oleh kemampuan menerapkan teknik pembubutan dan disiplin belajar bidang pembubutan. Kata Kunci : Kemampuan Menerapkan Teknik Pembubutan, Disiplin Belajar, Minat Berwirausaha
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MOTORIK BERBASIS MODEL BLENDED LEARNING Iskandar, Henry; Yulanto, Dwiki Muda
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran virtual pada mata kuliah pemrograman komputer berupa e-modul praktikum berbasis blended learning. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Instruksional Development Institute (IDI) tahapannya, yaitu analisis, pengembangan dan evaluasi. Tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan yakni menganalisis kurikulum dan karakter mahasiswa dengan menyebarkan angket. Tahap pengembangan diawali berkoordinasi antar sesama dosen bidang keahlian menentukan draf modul sebagai acuan penulisan atau pembuatan e-modul praktikum serta melakukan pengujian validasi oleh beberapa pakar diperoleh hasil rata-rata indikator penilaian memenuhi kriteria valid yakni 0,90. Pengujian praktikalitas media pembelajaran virtual berbentuk e-modul praktikum yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai persentase 90,3%. Tahap evaluasi yakni pengujian efektifitas yakni dari hasil; 1) keterlaksanaan proses pembelajaran skor reratanya mencapai 3.76 kriterianya sangat efektif, 2) pencapaian kompetensi mototrik memenuhi kriteria sangat efektif dengan skor reratanya mencapai 3,59 dan 3) Skor rerata dari kedua hasil uji efektifitas media pembelajaran yaitu 3.67 kriterianya sangat efektif, dengan demikian penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah teknik pemrograman komputer pada Program Studi Pendidikan teknik Otomotif.
PENGEMBANGAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH ALAT DAN PENGUKURAN TEKNIK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF Yulanto, Dwiki Muda; Iskandar, Henry; Purnomo, Bayu Gilang; Setiyawan, Andri
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jobsheet adalah suatu prosedur kerja praktek yang berbentuk lembaran-lembaran. Jobsheet merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam pembelajaran praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan jobsheet Alat dan Pengukuran Teknik dan mengetahui kelayakan jobsheet yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif yang mengikuti perkuliahan Alat dan Pengukuran Teknik sebanyak 20 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kelayakan aspek penyajian materi pada jobsheet sebesar 83,75%. Persentase kelayakan aspek kebahasaan pada jobsheet sebesar 81,87%. Persentase kelayakan aspek kegrafikan pada jobsheet sebesar 82, 91%. Persentase kelayakan aspek manfaat pada jobsheet sebesar 88,75%. Persentase kelayakan keseluruhan jobsheet sebesar 84,47%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah jobsheet yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran praktik mata kuliah Alat dan Pengukuran Teknik.
Pengaruh Problem Based-Learning dalam Pembelajaran Kejuruan: Sebuah Meta Analisis Januariyansah, Sapitri; Gunawan, Safri; Rohmantoro, Didik; Atika, Liana
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil pembelajaran kejuruan merupakan indikator utama dari efektivitas pembelajaran kejuruan. Hasil belajar yang baik merupakan target capaian utama dalam pembelajaran. Namun, pembelajaran kejuruan tidak selalu berjalan secara efektif. Disisi lain, lulusan kejuruan memiliki kendala dalam pengembangan karir setelah berkerja dimana banyak lulusan kejuruan yang tidak memiliki keterampilan tambahan yang baik yaitu soft skills. Penyebab utamanya diduga adalah karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Problem Based-Learning (PBL) terhadap pembelajaran kejuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 14 buah artikel dari jurnal nasional ber-ISSN dijadikan sebagai sampel penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model PBL memiliki pengaruh yang besar terhadap pembelajaran kejuruan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata effect size sebesar 0,372 lebih besar dari 0.25. Model PBL memberikan pengaruh yang besar pada setiap jenis pembelajaran teori atau pembelajaran praktik. Model PBL juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengembangkan soft skills siswa. Namun demikian, penelitian ini hanya mencakup pada pendidikan kejuruan di Indonesia saja. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah pengembangan panduan pembelajaran model PBL di semua jenis pembelajaran teori atau praktik.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK Atika, Liana; Januariyansah, Sapitri
Journal of Mechanical Engineering Learning Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning
Publisher : Journal of Mechanical Engineering Learning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi terhadap hasil belajar Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi eksperimental. Penggunaan metode ini karena untuk mengukur antara variabel sebelum dan sesudah untuk melihat hubungan sebab akibat dari fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Mekanika Teknik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi sebesar 20,09 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional sebesar 18,353. Selain itu, pengaruh lebih baik model pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi juga dibuktikan dengan analisis statistik dengan uji t satu pihak yang menunjukkan nilai 2,433 > ttabel 1,671.Oleh sebab itu metode belajar dengan menggunakan model pembelajaran Grup Investigasi lebih meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode belajar konvensional .

Page 1 of 2 | Total Record : 20