Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
Vol 7, No 1 (2019): April

Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru

Erfy Melany Lalupanda (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu  guru melalui implementasi supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terjadi peningkatan skor pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Meskipun masih berada pada kategori cukup, namun dari pra siklus sampai dengan siklus 2 terus mengalami peningkatan.  Hasil ini dapat dicapai karena adanya kerjasama yang baik antar Kepala Sekolah dan Guru yang disupervisi.  Kepala Sekolah berdiskusi dengan guru mengenai masalah yang dihadapi guru pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik yang dilakukan Kepala Sekolah merupakan usaha untuk memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru- guru serta merevisi tujuan-tujuan pembelajaran, bahan pengajaran, metode, evaluasi atau penilaian pengajaran. Supervisi akademik dapat membantu guru untuk mempelajari dan memahami tugas dan perannya sebagai seorang pendidik. Implementation of academic supervision for increasing the quality of teachers AbstractThe aim of this study is to improve the quality learning of teachers through the implementation of academic supervision. The research method used is School Action Research (PTS) with a quantitative descriptive approach. Data collection techniques with interviews, document studies, and observations. The results showed that academic supervision in cycle 1 and cycle 2 showed an increase in scores on aspects of planning and implementing learning. Although it is still in a sufficient category, from pre-cycle to cycle 2 it continues to increase. This result can be achieved because of the good cooperation between the Principal and the supervised Teacher. Principals discuss with teachers about the problems faced by teachers in the planning and implementation of learning processes. Academic supervision by the Principal is an effort to improve teaching, including stimulating, selecting the growth of positions and the development of teachers and revising learning objectives, teaching materials, methods, evaluation and evaluation of teaching. Academic supervision can help teachers to learn and understand the task and its role as an educator.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational ...