Edutech
Vol 16, No 1 (2017): JEJARING PENDIDIKAN

INOVASI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI AJAR MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAHAN ANGKA

Surur, Miftahus (Unknown)
Supraptono, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Abstract. this research was conducted to address the lack of students’ active participation in ICT subject, which affected their learning outcome. This research aims to find out the effect of the use of Numbered Head Together method with Aurora 3D Presentation on students’ ability in creating spread-sheet document with graphic variations. The sample for this experimental study was taken using simple random sampling and the data was gathered using test, observation, documentation. The process of data analysis includes normality test, homogeneity test, difference test, and hypothesis test using gain calculation and correlation test. The normalized gain calculation showed that there was an increase on students’ learning achievement at 0,475 and for correlation test it was found that r count was 0,401 and r table was 0,374. Based on the results, it can be concluded that the implementation of Numbered Heads Together method with Aurora 3D Presentation increased students’ learning outcome in th competency of creating spreadsheet document with graphic variations.Abstrak. latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran TIK yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta mengetahui hubungan antara mod-el pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan Aurora 3D Presentation dengan hasil belajar siswa pada materi membuat dokumen pengolahan angka dengan variasi grafik. Penelitian ini menggunakan quasi experiment design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sam-pling. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji beda, dan uji hipotesis yang meliputi uji gain dan uji korelasi. Hasil penelitian dengan uji Normalized Gain menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,475, uji korelasi diperoleh harga rhitung sebesar 0,401 dan rtabel sebesar 0,374. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan Aurora 3D Presentation dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi grafik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...