Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019

APLIKASI ANDROID ‘SMART TECHNICAL ENGLISH’ UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA VOKASI

Dian Asa Utari (Design and Manufacture Engineering, Shipbuilding Institute of Polytechnic Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Miftachudin Miftachudin (Marine Engineering, Shipbuilding Institute of Polytechnic Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Muhammad Khoirul Hasin (Automation Engineering Study Program, Shipbuilding Institute of Polytechnic Surabaya, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2019

Abstract

Di era global saat ini lulusan politeknik harus bersaing semakin ketat dengan semakin banyak pekerja asing yang memiliki kemampuan komunikasi yang unggul. Agar lebih unggul, lulusan politeknik wajib menguasai bahasa asing internasional yaitu Bahasa Inggris sebagai persiapan mereka memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya, skill Bahasa Inggris yang dimiliki oleh mahasiswa politeknik masih kurang, terutama dalam keterampilan berbicara (speaking) dan menulis (writing). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris di pendidikan vokasi adalah metode pembelajaran yang interaktif dan penggunaan teknologi yang tepat untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android yang telah ada dengan menambahkan fitur listening, writing dan toeic-based quiz untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris Teknik di politeknik. Aplikasi ini diharapkan akan menjadi media pembelajaran yang dapat meningkatkan speaking, writing, dan listening skill mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan istilah-istilah di bidang Teknik. Materi Bahasa Inggris Teknik dalam aplikasi ini juga didukung oleh visual gambar yang menarik dan menunya disesuaikan dengan setiap Program Studi. Sehingga, dengan aplikasi ini mahasiswa diarahkan agar lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris diluar kelas seperti halnya ketertarikan mereka terhadap permainan atau games online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris Teknik. Software yang digunakan penelitian ini adalah React Native dan metode pengembangannya menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and ...