Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK HUBUNGAN KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Halimah Sakdiah Boru Gultom (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1. (2) Pengaruh media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan pada Mei di semester genap kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol X-2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada materi pokok hubungan komponen ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terhadap hasil belajar yang dilakukan di kelas eksperimen, maka didapatkan hasil rata-rata perhitungan pretes kelas nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40, untuk postes nilai tertinggi 90 dan terendah 55. Peningkatan rata-rata pretes dan postes adalh 11,33, itu membuktikan bahwa kelas eksperimen yang dikenai penggunaan media gambar, hasil belajar yang diperoleh lebih baik dibanding dengan yang tidak dikenai penggunaan media gambar. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Pired sampel T-Test) diketahui bahwa nilai t adalah -8,973 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran dengan media gambar dari pada pembelajaran dengan konvensional. Berdasarkan selisih hasil rata-rata nilai postest (sesudah perlakuan) dan pretest (sebelum perlakuan), serta hasil analisis dengan teknik uji hipotesis dua sampel berpasangan (Paired sampel T-Test) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Kampung Rakyat semester genap.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...