Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH HULU AEK KANOPAN

Rahmi Nazliah (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dan tanpa menggunakan Numbered Head Together pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aekkanopan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aek kanopan yang berjumlah 165. Sedangkan yang menjadi sampelnya yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas perlakuan dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,856. Hipotesis penelitian diuji dengan melakukan uji thitung taraf signifikan a = 0,05 derajat kebebasan (dk) = ni + n2

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...