Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017

PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK IPA SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD PADA MATERI RANGKA MANUSIA

Roy Parsaulian (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2017

Abstract

Komik pembelajaran merupakan media yang baik dalam menyampaikan pesan berupa penyampaian materi pembelajaran IPA sains kepada para siswa. Karena visual mereka, menarik, lucu dan perspektif, serta memiliki daya tarik keseluruhan sehingga komik dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu atau memudahkan para siswa memahami materi pelajaran IPA sains. Dengan pengajaran strategi inovatif ini para siswa akan menjadi lebih fokus dan memahami dari apa yang telah dia baca jika buku pelajaran dapat disajikan dalam bentuk hobi kegemaran mereka yang salah satunya yang diaplikasikan dalam bentuk komik pembelajaran, dengan kata lain para siswa lebih menyukai strategi pengajaran yang lebih kreatif dengan menggunakan sumber belajar berupa media komik. Oleh karena itu perlu adanya penyertaan buku teks IPA sains yang berupa komik pembelajaran IPA sains kepada siswa sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik di sekolah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...