Jurnal Jeumpa
Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Jeumpa

PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTs NEGERI 1 RANTAUPRAPAT

Maharani Gultom (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Proses pembelajaran saat ini menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir melalui pengalaman kerja. Salah satu keteerampilan tersebut adalah keterampilan metakognitif. Kemampuan metakognitif merupakan tingkatan dalam berpikir yang terdiri dari kelebihan, kelemahan serta strategi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII MTs Negeri Rantauprapat. Variabel yang diukur adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari skor posttest denagn uji-t Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa di MTs Negeri Rantauprapat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...