Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 1, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA

Widiatmoko, Dian Anggoro (Unknown)
Arwansyah, Yanuar Bagas (Unknown)
Widyaningsih, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; 2) mengetahui kualitas media pembeajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; dan 4) mengetahui efektifitas kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menuulis teks berita. Hasil penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimennsi untuk pembelajaran menulis teks berita. Kualitas kartu bergambar tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 71 dengan rata-rata 3,73  pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 68 dengan rata-rata 4 pada kualifikasi sangat baik. Daya tarik respon siswa mendapatkan nilai 53,7 dengan nilai presentase  94 % pada kualifikasi sangat baik. Hasil tes siswa menggunakan media kartu bergambar tiga dimensi efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tabasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya memfasilitasi dan mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademikus, pengajar, dan pemerhati bahasa dan sastra Indonesia yang mencakup fokus dan bidang sebagai berikut : 1. Kebahasaan Indonesia dan pengembangannya 2. Kesastraan Indonesia ...