Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA SMP YPWKS CILEGON DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN

Anisa Amalia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa sudah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan. Berdasarkan tahapan taksonomi Bloom, keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan data menggunakan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan tingkat tinggi yang terdiri dari analisis tingkat kemampuan analisis siswa rata-rata mencapai 33,33%, tingkat mengevaluasi mencapai 44,44%, dan tingkat mencipta sebesar 0% dari skor maksimal 100. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat rendah karena mereka tidak terbiasa mengerjakan soal tes. Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Jika kemampuan analisis siswa rendah maka akan mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi selanjutnya yaitu kemampuan mengevaluasi dan mencipta

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...