Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil tahap Define dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model four D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Langkah-langkah yang telah dilakukan pada tahap Define adalah analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian untuk analisis kebutuhan yaitu deskripsi tentang kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan fisika, pendekatan pembelajaran yang digunakan berbasis STEM, profil lulusan untuk menjawab tantangan dan tuntutan masa depan. Hasil penelitian untuk analisis mahasiswa yaitu deskripsi tentang karakteristik mahasiswa yang meliputi kemampuan bernalar, latar belakang pengetahuan, dan tingkat perkembangan kognitif mahasiswa. Hasil penelitian untuk analisis tugas yaitu dalam bentuk peta kedudukan modul. Hasil penelitian untuk analisis konsep yaitu dalam bentuk peta konsep tentang Osilasi. Hasil penelitian untuk perumusan tujuan pembelajaran yaitu deskripsi kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Simpulan dari penelitian ini adalah Tahap Define telah selesai dilakukan sehingga tahap pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilakukan ke tahap selanjutnya yaitu tahap Design.
Copyrights © 2020