Kappa Journal
Vol 4, No 2 (2020): Desember

Tahap Define dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa

Hikmawati Hikmawati (Universitas Mataram)
Haerunisyah Sahidu (Universitas Mataram)
Kosim Kosim (Universitas Mataram)
sutrio sutrio (Universitas Mataram)
Gunawan Gunawan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil tahap Define dalam pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model four D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Langkah-langkah yang telah dilakukan pada tahap Define adalah analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian untuk analisis kebutuhan yaitu deskripsi tentang kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan fisika, pendekatan pembelajaran yang digunakan berbasis STEM, profil lulusan untuk menjawab tantangan dan tuntutan masa depan. Hasil penelitian untuk analisis mahasiswa yaitu deskripsi tentang karakteristik mahasiswa yang meliputi kemampuan bernalar, latar belakang pengetahuan, dan tingkat perkembangan kognitif mahasiswa. Hasil penelitian untuk analisis tugas yaitu dalam bentuk peta kedudukan modul. Hasil penelitian untuk analisis konsep yaitu dalam bentuk peta konsep tentang Osilasi. Hasil penelitian untuk perumusan tujuan pembelajaran yaitu deskripsi kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Simpulan dari penelitian ini adalah Tahap Define telah selesai dilakukan sehingga tahap pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilakukan ke tahap selanjutnya yaitu tahap Design.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...