Implikatur percakapan merupakan maksud tersembunyi yang hendak disampaikan oleh penutur kepada mitra tutur. Implikatur percakapan dapat ditemui di berbagai kegiatan pertuturan, salah satunya ialah kegiatan pemasaran suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan wujud implikatur percakapan dalam kegiatan pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah segmen tutur berupa kata-kata yang diindikasikan mengandung implikatur percakapan di dalamnya Sumber data dalam penelitian ini yaitu kegiatan pemasaran produk Dempo Cosmetic di Roxy Square Jember. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan sosiopragmatis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tujuh implikatur percakapan yang muncul dalam kegiatan pemasaran produk Dempo Cosmetic. Ketujuh implikatur tersebut ialah implikatur meminta, menyarankan, menawarkan, meyakinkan, membandingkan, menyuruh, dan melarang. Implikatur tersebut diwujudkan dengan berbagai tindak ilokusi dengan fungsi pragmatis yang berbeda. Implikatur ini muncul dengan di dukung berbagai konteks tuturan yang melingkupinya.
Copyrights © 2022