Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik X IPA 5 SMA N 5 Semarang terhadap penggunaan video sebagai media pembelajaran teks hikayat. Penelitian dilakukan menggunakan metodologi kualitatif, dengan data primer hasil observasi dari penyebaran angket. Angket dibagikan melalui Google Form, berisi 11 butir pertanyaan yang terbagi dalam tiga komponen, yaitu materi teks hikayat, media video, dan penggunaan video sebagai media ajar teks hikayat. Data diolah melalui empat tahapan, yaitu reduksi, data reduction, data display, dan verification. Reduksi data dilakukan dengan cara memilih hal-hal yang berkaitan dengan pokok penelitian. Display atau penyajian data ditulis dalam bentuk uraian singkat, sedangkan verifikasi dilakukan dengan cara pengambilan simpulan. Selain data primer peneliti juga menggunakan data sekunder, berupa kumpulan jurnal. Hasilnya, lebih dari 50% peserta didik kelas X IPA 5 SMA N Semarang merespon bahwa pembelajaran teks hikayat lebih mudah melalui penggunaaan media video, sebab mampu meningkatkan kemampuan memeroleh informasi penting dalam teks hikayat.Kata Kunci: teks, hikayat, media, video.
Copyrights © 2023