Edutech
Vol 22, No 3 (2023)

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Konsentrasi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Garut)

Tiara Oktaviani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2023

Abstract

Implementasi pembelajaran pada elemen pembelajaran Gambar Teknik di konsentrasi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Garut oleh pendidik cenderung menggunakan metode ceramah. Metode tersebut membuat peserta didik berkurang antusiasnya serta mengakibatkan kurangnya fokus dan tidak aktif dalam pembelajaran. Selain itu, interaksi antara peserta didik dengan guru juga kurang baik karena peserta didik merasa sungkan dan malu untuk bertanya kepada guru. Sehingga terdapat beberapa peserta didik yang nilainya tidak memenuhi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dalam tugasnya. Sedangkan elemen pembelajaran Gambar Teknik sendiri merupakan elemen pembelajaran yang memerlukan pendalaman pemahaman untuk praktik sehingga metode tersebut kurang cocok untuk diaplikasikan. Maka dari itu, dilakukan penelitian menggunakan metode pemberian tugas berbantuan tutor sebaya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil belajar peserta didik berupa gambar manual denah rumah tinggal sederhana 1 lantai dan observasi kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik pada tugas gambar manual sebesar 21.4% dengan perhitungan peningkatan n-gain score sebesar 0.5 dengan kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berbantuan tutor sebaya dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik siswa kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 2 Garut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...