cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Paedagogie
ISSN : 19078978     EISSN : 26217171     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal PAEDAGOGIE merupakan jurnal yang khusus mempublikasikan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text melalui Genre Based Approach Berbantuan Media Instagram Khasanah, Marisatul
Paedagogie Vol 13 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.594 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i1.2060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text melalui Genre Based Approach berbantuan media Instagram. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjarnegara pada semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas 7H yang berjumlah 30 siswa. Data diperoleh selama perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi melalui test, observasi kelas, serta dokumentasi. Test dilakukan sebanyak tiga kali (tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II). Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes keterampilan menulis descriptive text, lembar observasi, serta panduan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan kelas, siswa terlihat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil dokumentasi dari teks yang dihasilkan oleh siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kualitas tulisan. Begitu pula dengan Tes Awal, Siklus I dan Siklus II. Nilai tes mengalami peningkatan dari 62, 68, dan 71. Dengan demikian, hipotesis tindakan diterima atau dapat disimpulkan bahwa penerapan Genre Based Approach berbantuan media Instagram mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis descriptive text.
Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Media LCD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Purwosari Sricahyanti, Nurini
Paedagogie Vol 13 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.753 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i1.2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meningkatkan keaktifan  dan hasil belajar PKn  dengan menggunakan model  Mind Mapping Berbantuan Media LCD. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan subjek sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari 10 siswa (28,57%) pada kondisi awal, menjadi 11 siswa (31,43%) pada Siklus I pertemuan 1 dan 15 siswa (42,85%) pada pertemuan 2, serta 27 siswa (77,15%) pada Siklus 2 pertemuan 1 dan 30 siswa (85,70%) pada pertemuan 2. Rata – rata  nilai kelas adalah 59,43 pada kondisi awal, 60,57 pada Siklus I Pertemuan 1,  64,80 pada Siklus 1 Pertemuan 2 , Siklus 2  Pertemuan 1 mencapai 67,57, serta 75,86 pada Siklus  2 Pertemuan 2. Sedangkan prosentase keaktifan siswa antara siklus1 sampai dengan siklus 2 mengalami peningkatan dari 37,14% menjadi 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar PKn.
Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwriting Budiani, Sri Avrianita
Paedagogie Vol 13 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.985 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i1.2086

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan siswa kelas X.IIK MAN Salatiga dalam menulis teks eksposisi menggunakan metode brainwriting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.IIK MAN Salatiga sebanyak 40 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan menulis teks eksposisi siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkan metode brainwriting dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,80 dengan kategori ‘tidak tuntas’ dan meningkat menjadi 83,08 pada siklus II dengan kategori ‘tuntas’.
Pemanfaatan Simulator EMS untuk Meningkatkan Minat dan Kompetensi Memperbaiki Sistem Injeksi Elektronik Nurdiyanto, Nanang
Paedagogie Vol 13 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.286 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i1.2029

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik melalui pemanfaatan simulator engine management system (EMS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2017, di kelas XII Otomotif D (OD) SMK Negeri 1 Magelang semester gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kelas untuk mendapatkan data tentang minat siswa. Sedangkan untuk mendapatkan data kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik, penelitian ini menggunakan tes teori dan praktik. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berisi tindakan yang berupa penggunaan media simulator EMS pada saat pembelajaran. Pada siklus II, pembelajaran disempurnakan dengan adanya bimbingan secara intensif pada kelompok siswa oleh guru. Skor rata-rata minat siswa meningkat dari kondisi awal sebesar 63% menjadi 71% pada siklus I dan menjadi 84% pada siklus II. Sementara itu, nilai kompetensi rara-rata kelas meningkat dari 78,26 pada kondisi awal menjadi 84,09 pada kondisi akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulator EMS mampu meningkatkan minat belajar dan kompetensi memperbaiki sistem injeksi elektronik.
Peningkatan Minat dan Prestasi Bahasa Inggris Siswa melalui Project Based Learning dengan Media Komik Karmila, Karmila
Paedagogie Vol 13 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.68 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i1.2056

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi Bahasa Inggris siswa melalui penggunaan model pembelajaran PBL. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X MC Teknik Pemesinan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Nopember 2017. Data diperoleh dari kegiatan pembelajaran siswa serta hasil tes dan ulangan harian melalui teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kesesuaian antara model PBL dengan karakteristik pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas X MC Teknik Pemesinan SMKN 1 Magelang; (2) siswa memperlihatkan peningkatan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris; dan (3) prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata Ulangan Harian Siklus I = 56,57 menjadi 82,26 pada Siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat dan prestasi Bahasa Inggris siswa.
Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini Prasiwi, Agni Ayu
Paedagogie Vol 13 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.762 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i2.2363

Abstract

The study aims to improve the listening ability through the method of telling the story of the children of group A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Magelang City. Research is a classroom action research consisting of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The research was conducted in TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang. The subjects of this study are students of Group A of TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Kota Magelang, amounting to 12 children. Variables used in the study include input variables (listening ability before action), process variables (storytelling method) and output variables (listening ability after action). Methods of data collection using observation method. Methods of data analysis using descriptive statistical analysis percentage, with success indicator> 75%. The conclusion of the research result proves that storytelling is effective to improve the listening ability in group A TK Pertiwi Rejowinangun Selatan Magelang City. The result of preliminary observation is known that average listening ability only reach 60,9%. After the learning activities using the storytelling method, the average achievement of listening ability of subjects increased to 86.1%, has exceeded the target set that is> 75%.
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Metode Role Playing Wahyuningtyas, Handayani
Paedagogie Vol 13 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.892 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i2.2365

Abstract

This study aims to foster learning motivation so that it will improve student learning outcomes in the subject of social science through the Role Playing method for Grade V Students Primary School Jenar Kidul, Purwodadi, Purworejo. This research is a calssroom action research with a cycle model that is carried out repeatedly and continuously. The subject of this study was the grade V students totaling 14 students and the object was social studies learning. Data collection methods are carried out through observation and test. Data analysis techniques used quantitative descriptive analysis. The result of the study indicate an increase in the result of learning social science. An increase in learning outcomes can be seen from the increase in student motivation which affects student learning completeness from the average score in the students initial data which is 59.64 and has a learning completeness of 57.14% and at the end of the first cycle the average score of students becomes 68.21 with the completeness of learning being 74.00% and at the end of the second cycle the average value of the students rose to 80 with 95% of students learning completeness. Aside from increasing learning outcomes, the activeness of students in the learning process in the classroom also experienced an increase.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Khalimah, Siti Nur
Paedagogie Vol 13 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.235 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i2.2367

Abstract

This study aims to improve students mathematics learning outcomes in the material wake up flat through the learning model Team Games Tournament in grade 2 students SDN Majaksingi Borobudur. The study design uses Class Action Research with II cycle where each cycle consists of 2 meetings. The subjects of the study were class II of 26 students. The population of this research is 26 students. The sampling technique used is total sampling. research variables using 2 variables that are learning outcomes Mathematics and learning model Team Games Tournament. Methods of data collection using tests and observations. Data analysis used is descriptive percentage. The results showed, TGT learning model can improve learning Mathematics about wake flat. This is evidenced by data from the initial condition until cycle II. In the initial condition the percentage of students completeness reached 61.53% and in cycle II, the percentage of students mastery reach 88.46%.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Ekaningtyas, Dita Puspita
Paedagogie Vol 13 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.99 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v13i2.2368

Abstract

This study aimed at improving speaking skill of 5th grade students of Kramat 4 elementary school using sociodrama method. This type of research is a collaborative classroom action research. This research was conducted in Kramat 4 elementary school with the subjects of the research were all students of grade V of Kramat 4 elementary school, amounting 34 students, consist of 14 male students and 20 female students. In this study, researchers used an action research design developed by Kemmis and Taggart with a spiral model. The data collection methods used were tests, observations, and documentation. The data analysis technique in this research was quantitative descriptive statistic by finding mean. The result of the research showed that learning of speaking skill by using sociodrama method can improve the speaking skill of 5th grade students of Kramat 4 elementary school. The speaking skill increased in cycle I was 7.38, from initial condition 60,35 increased to 67,73. In the second cycle increased by 16.17, from the initial condition 60.35 increased to 76.52.
Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar IPA melalui Problem Based Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa Hartini, Hartini
Paedagogie Vol 14 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.001 KB) | DOI: 10.31603/paedagogie.v14i1.2678

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangkobar kelas VIID semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus (13,02), siklus I (17,09), dan siklus II (20,02). Sedangkan hasil rata-rata prestasi belajar pada prasiklus meningkat dari pra siklus (62,90), siklus I (77,47), dan siklus II (80,06).  Dengan demikian, pembelajaran sudah mencapai batas tuntas mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Base Learning (PBL) berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA siswa.