cover
Contact Name
Hidayatus Sibyan
Contact Email
hsibyan@unsiq.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hsibyan@unsiq.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
ISSN : 26228394     EISSN : 26228122     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN (print): 2622-8394 and ISSN (online): 2622-8122.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2023): Agustus" : 15 Documents clear
Faktor yang Paling Mempengaruhi Keputusan dalam Menggunakan TikTok Shop Muhammad Daral Darullah; Rinabi Tanamal
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.2846

Abstract

Perkembangan media sosial telah melewati banyak perubahan. Dulu, fungsi dari teknologi informasi hanya dipakai untuk media berkomunikasi, tetapi sekarang bertumbuh sebagai sarana promosi, periklanan, dan berkembang fungsinya menjadi sarana hiburan. Karena berkembangnya teknologi, media sosial sekarang juga bisa digunakan untuk sarana hiburan. Konsumen web saat ini dapat menggunakan beragam media sosial. Saat ini media informasi yang paling banyak digunakan antara lain Youtube , FaceBook, Instagran, Whatsapp (WA) dan TikTok. Penelitian ini berpusat pada media sosial yaitu aplikasi TikTok yang akhir-akhir ini menjadi viral sebagai media sosial favorit anak remaja. Studi ini menganalisis penggunaan TikTok Shop sebagai alat periklanan. Variabel yang diuji meliputi konten iklan media sosial, citra merek, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan niat perilaku toko TikTok. Dalam survei ini, kami menggunakan survei yang dibuat di Google Formulir untuk mengumpulkan 117 responden. Peneliti akan menggunakan metode regresi linear berganda dan menggunakan bahasa dari Python. Hasilnya adalah konten iklan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan TikTok Shop. Variabel citra merek berpengaruh positif terhadap niat perilaku tetapi tidak signifikan. Untuk variabel persepsi kemudahan berdampak positif pada niat perilaku menggunakan TikTok Shop tetapi tidak signifikan. Terakhir, persepsi kemudahan berdampak negatif terhadap niat perilaku penggunaan TikTok Shop. Dikarenakan variabel social media advertising content memiliki nilai tertinggi, disini bisa disimpulkan bahwa konten video promosi dari TikTok Shop atau TikTok dapat dikatakan baik. TikTok Shop dapat menggambarkan produk aslinya seperti pada video konten promosi, infromasi yang diberikan perihal produk dari video konten dapat dipercaya, iklan video promosi yang ada di TikTok Shop berbeda dari sosial media lainnya, dan iklan promosi yang ditawarkan di TikTok Shop sangat up to date.
Dampak Pemberian Sanksi Perpajakan Serta Kesadaran Wajib Pajak Pada Peluang Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Membayar Pajak Tepat Waktu Hendrik Samosir; Hanna Meilani Damanik; Martin Luter Purba
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.3479

Abstract

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pendapatan pemerintah, pada provinsi Sumatera Utara. Realisasi pendapatan dari pajak kendaraan bermotor cukup baik akan tetapi perlu dilihat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor sebagai akibat dari sanksi yang diberikan atau kesadaran dari wajib pajak itu sendiri. Pada karyawan RS Estomihi menunjukkan sebagian besar karyawan yang membayar pajak untuk menghindari sanksi yang dikenakan jika terlambat membayar pajak kendaraanya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 orang responden dengan kriteria pernah membayar pajak tepat waktu dan tidak tepat waktu. Metode analisis yang digunakan adalah regresi logistik yang bertujuan untuk melihat besaran peluang wajib pajak membayar pajak secara tepat waktu atau tidak tepat waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sanksi perpajakan yang tegas mampu meningkatkan peluang seorang wajib pajak untuk membayar pajak secara tepat waktu akan tetapi kesadaran wajib pajak tidak mampu secara nyata untuk meningkatkan peluang seorang wajib pajak membayar pajak secara tepat waktu.
Penerapan Akad Musyarakah Mutanaqishah Dalam Pembiayaan KPR Syariah di Bank BSI Vika Mitasari; Abid Ramadhan; Rahmawati Rahmawati
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4026

Abstract

Musyarakah Mutanaqishah adalah bentuk kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk kepemilikan suatu barang atau aset. Dimana kerjasama ini akan mengurangi hak kepemilikan salah satu pihak sementara pihak yang lain bertambah hak kepemilikannya, perpindahan kepemilikan ini melalui mekanisme pembayaran atas hak kepemilikan yang lain. Bagi masyarakat dengan kalangan menengah kebawah, membeli suatu rumah secara tunai merupakan salah satu dari banyaknya kendala yang terjadi pada saat ini. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui penerapan akad pembiayaan musyarakah mutanaqishah pada KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Syariah di Bank BSI. Selain itu, penelitian ini juga menganalisa tentang kendala dalam pelakasaan akad pembiayaan musyarakah mutanaqishah pada KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Syariah di Bank BSI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif, yang dimana langkah peneliti harus mendeskripsikan suatu objek, menerapkan, wawancara, yang bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan akad musyarakah mutanaqishah pada pembiayaan KPR Syariah di Bank BSI memiliki beberapa keunggulan sebagai pembiayaan Syariah, yaitu dimana Bank dan nasabah sama-sama memiliki suatu asset yang menjadi objek perjanjian antara bank dan nasabah karena memiliki hak bersama maka antara bank dan nasabah akan saling menjaga atas kerja sama yang sudah disepakati.
External Pressure, Financial Stability dan Financial Target Terhadap Kecurangan Pada Laporan Keuangan (Kecurangan Pada Bank Umum Persero dan Bank Umum Swasta Nasional Pada Periode Tahun 2021) Nurhafifa Nurhafifa; Rahmawati Rahmawati; Abid Ramadhan
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4091

Abstract

Fraud atau penipuan merupakan curang yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan keuntungan pribadi, kelompok atau pihak lain, dan dilakukan dengan sengaja sehingga dapat menimbulkan kerugian tanpa sepengetahuan korban. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah external pressure, financial stability dan financial target berpengaruh terhadap kecurangan pada laporan keuangan. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu bank umum persero dan bank umum swasta nasional pada periode tahun 2021. Untuk sampel menggunakan metode purposive sampling. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini data dianalisis dengan analisis linear berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial stability bersifat positif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan sedangkan external pressure dan financial target bersifat negatif dan tidak signifikan terhadap kecurangan pada laporan keuangan.
Pembiayaan, ROA dan ROE Pada Bank Syariah di Indonesia Yovi Arisanti; Junaidi Junaidi
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh deposito terhadap Pembiayaan, ROA, ROE pada Bank Syariah di indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel Bank Syariah di Indonesia, Pembiayaan, ROA, ROE yang digunakan yaitu dalam waktu 5 tahun (2015-2020) di indonesia, adapun data yang digunakan adalah data sekunder Time Series yang bersumber dari Website Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (DJPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS), diolah dengan menggunakan metode/model Eror Corection Model (ECM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembiayaan tidak berpengaruh positif signifikan pada bank Syariah di Indonesia. Demikian pula variabel ROA dan ROE juga tidak berpengaruh pada bank Syariah di Indonesia. Sehingga dapat dikatakn bahwa bank Syariah di Indonesia di sebabkan oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Fraud Pentagon dan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Dalam Kecurangan Laporan Keuangan Alifkaningrum Almaqvira; Rahmawati Rahmawati; Abid Ramadhan
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4107

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penipuan dan profitabilitas Pentagon kecurangan laporan keuangan (studi kasus perusahaan manufaktur periode 2019-2021). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana lima elemen yang berhubungan dengan kecurangan yaitu arogansi, kompetensi/kapabilitas, tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. Laporan keuangan perusahaan manufaktur dari tahun 2019 hingga 2021 menjadi sampel penelitian ini. Kecurangan laporan keuangan juga dapat berupa salah saji yang disengaja atau penghilangan jumlah atau pengungkapan untuk menipu pengguna laporan keuangan, khususnya investor dan kreditor. yang salah satunya dilakukan dengan menaikkan nilai aset dan mengakui pendapatan, sekaligus menurunkan nilai kewajiban dan membebankan beban usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraud pentagon dalam kecuragan laporan keuangan yaitu pressure menggunakan external pressure berpengaruh negatif signifikan, innefective monitoring (opportunity) positif tidak signifikan, changes in auditor (rationalization) negatif tidak signifikan, change of directors (capability/competence) positif tidak signifikan, frequent number of CEO’s Picture (arrogance) positif tidak signifikan dan menambahkan profitabilitas dengan menggunakan net profit margin menunjukkan hasil negatif tidak signifikan pada kecurangan financial statement.
Peran Manajemen Kredit, Pengendalian Internal, Kinerja Pengelola Kredit Terhadap Resiko Kredit: Kasus Pada Koperasi Syariah di Wonosobo Ahmad Guspul; Kurniawati Mutmainah; Yusqi Machfud; Achmad Affandi; Nurma Khusna
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4311

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh manajemen kredit terhadap risiko kredit: kasus koperasi syariah di Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 orang pengelola kredit pada koperasi syariah di Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pengawas kredit, dengan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh negatif prinsip 5C terhadap besarnya risiko kredit. Hal ini dibuktikan dengan tanda (0,001) < α = 0,05 maka H1 diterima. Terdapat pengaruh negatif pengendalian internal terhadap besarnya Risiko Kredit, hal ini dibuktikan dengan tanda (0,006) < α = 0,05 maka H2 diterima. Terdapat pengaruh negatif kinerja manajer kredit terhadap besarnya Risiko Kredit, hal ini dibuktikan dengan tanda (0,000) < α = 0,05 maka H3 diterima. Serta uji F dengan hasil Fhitung>Ftabel dengan tanda (0,000), maka prinsip 5C, pengendalian internal dan kinerja manajer kredit berpengaruh secara bersama-sama terhadap besarnya Risiko Kredit dan H4 diterima.
Peran Keterlibatan Konsumen Guna Pencapaian Brand Love Dengan Mendorong Consumers Engagement Asyifa Chesa Pratiwi; Yolanda Masnita
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4492

Abstract

Consumers engagement, hubungan antara perusahaan dan konsumen yang memberikan nilai tambah pada setiap interaksi pelanggan. Sayangnya consumers engagement belum digunakan dibanyak peruashaan. Sayangnya, consumers engagement belum di terapkan banyaka perusahan. Karena media sosial hanya digunakan hanya untuk mempromosikan brand. Makalah ini mengusulkan solusi dimana consumer engagement media social dapat dicapai dapat dicapai berdasarkan postingan tentang interaksi media sosial dengan pelanggan di media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik Google form dan online distributed sampling untuk mengetahui peran konsumen di media sosial dalam mencapai brand love konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada brand untuk membantu pencapaian brand love, khususnya menerapkan customers participation untuk membantu mendorong consumers engagement di terima dengan baik.
Employee Service Performance In Improving The Quality Of The Binjai Medan Urban Village Office Lidya Lidya; Yenni Samri Juliati Nasution
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4523

Abstract

The purpose of this study was to describe the work done by employees of the Head of the Office and to determine the level of public opinion on the quality of services provided to the community in Binjai Village, Medan Denai District. The time frame of this research is from January 16 to February 16, 2023. The data analysis technique used is qualitative data analysis which includes identifying problems with research and providing relevant explanations. Primary data is a technique used for data collection and consists of hash from interviews, observations, questionnaires, and second-order data. It is collected through literature review and review of official documents related to the empirical research problem. The results of the study of five indicators related to employment and the quality of public services in Binjai urban village, medan denai sub-district include tangible goods (evidence), reliability, and quality of life.
Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan: Systematic Literature Review Fauzi Fauzi; Yunia Wardi; Ilham Thaib
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 6 No 2 (2023): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v6i2.4632

Abstract

Motivasi kini menjadi faktor yang menggerakkan individu atau kelompok dalam melakukan kegiatan tertentu guna untuk mencapai tujuan. Upaya dalam meningkatkan suatu kinerja pegawai harus selalu mengungkit motivasi bawahan. Ini karena motivasi berkaitan dengan gaya, dan lebih khusus lagi dengan gaya terarah. Motivasi dapat digunakan oleh pemimpin organisasi untuk memotivasi karyawannya. Gaya Kepemimpinan itu tidak langsung dan langsung mempengaruhi motivasi kerja karyawan tersebut. Untuk Penelitian ini digunakan metode literature review secara systematic, pemilihan kriteria artikel yang digunakan ialah gaya kepemimpinan yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan, dan kriteria eksklusi adalah artikel dan jurnal bereputasi internasional dan nasional yang diambil dari 20 artikel yang relevan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan studi literatur dari berbagai penelitian sebelumnya dimana hubungan gaya kepemimpinan terhadap motivasi karyawan dan tingkat dampaknya mungkin relevan, sehingga bisa digunakan dalam referensi untuk penelitian selanjutnya dan yang menentukan sebuah strategi dan kebijakan organisasi ataau perusahaan. Hasil dapat dirumuskan hipotesis untuk penelitian selanjutnya yaitu gaya kepemipinan secara tidak langsung dan langsung mempengaruhi motivasi kerja dari karyawan. bertambah bagus gaya kepemimpinan para pemimpin itu maka tentunya akan semakin meningkat motivasi kerja dari karyawan begitupun dengan sebaliknya, dan mengembangkan gaya kepemimpinan agar bisa meberikan dorongan terhadap motivasi kerja dari karyawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15