cover
Contact Name
Hidayatus Sibyan
Contact Email
hsibyan@unsiq.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hsibyan@unsiq.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
ISSN : 26228394     EISSN : 26228122     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN (print): 2622-8394 and ISSN (online): 2622-8122.
Arjuna Subject : -
Articles 114 Documents
Membangun Strategi Bersaing Melalui Sumber Daya Strategis dan Dinamika Lingkungan Guna Meningkatkan Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Wonosobo) Yusqi Mahfud
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh sumber daya strategis dan dinamika lingkungan terhadap kinerja usaha melalui strategi bersaing. Sampel dalam penelitin ini adalah pelaku Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Wonosobo. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan analisis data menggunakan model partial least square multivariate statistic analysis. Peneliti akan mengurus ijin penelitian di pihak-pihak yang berwenang. Setelah semua administrasi beres, peneliti akan mengadakan perjanjian dengan subjek penelitian untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengisi kuesioner. Setelah ada kesepakatan waktu, peneliti membagikan kuesioner yang terkait dengan tujuan penelitian. Data mentah yang didapat kemudian disaring untuk mendapatkan data yang layak untuk dianaisis. Langkah berikutnya adalah melakukan analisis data. Dalam tahap ini metode yang dipakai adalah Path Analysis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan analisis data menggunakan model partial least square multivariate statistic analysis. Setelah semua data dianalisis, maka langkah terahir adalah membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sumber daya strategis berpengaruh positif terhadap kinerja usaha (H1 diterima). Dinamika lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha (H2 diterima). Sumber daya strategis (SS) berpengaruh positif terhadap Strategi bersaing (SB) diterima (H3 diterima). Sumber daya strategis berpengaruh positif terhadap kinerja usaha yang dimediasi oleh Strategi bersaing (H4 diterima). Dinamika lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha yang dimediasi oleh Strategi bersaing (H5 diterima). Kata Kunci : sumber daya strategis, dinamika lingkungan, kinerja usaha, strategi bersaing
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Agus Putranto; Ratna Wijayanti
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.208

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas adalah sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dan ketrampilan yang dapat memajukan perusahaan. Untuk mencapai hasil kerja yang optimal maka gaya kepemimpinan transformasional, kompensasi dan komunikasi haruslah dilaksanakan dengan optimal. Kepemimpinan terutama kepemimpinan yang Transformasional, kompensasi dan komunikasi sangat berkaitan langsung dengan kinerja karyawan yang dapat menurunkan ataupun meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada kantor PDAM Titra Aji di kabupaten Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportional random sampling sebanyak 80 karyawan. Metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan uji ketepatan model. Hasil dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan pada PDAM Tirta Aji Wonosobo. Secara parsial Kompensasi memiliki pengarauh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Aji Wonosobo. Secara parsial Komunikasi organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tirta Aji Wonosobo. Gaya Kepemimpinan Transformatif , Kompensasi, dan Komumikasi Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan PDAM Tirta Aji Wonosobo. Peningkatan kualitas/mutu pekerjaan karyawan PDAM Tirta Aji Wonosobo, perlu diadakan pelatihan dan pengembangan serta pemberian penghargaan bagi karyawan yang berprestasi. Sedangkan untuk frekuensi tingkat kesalahan yang pernah dibuat oleh karyawan sabaiknya dilakukan tindakan koreksi dan perbaikan agar tidak terjadi kesalahan dimasa mendatang. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, komunikasi dan Kinerja
Penerapan Analisis SWOT dan Five Forces Porter Sebagai Landasan untuk Merumuskan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Pada Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang) Meftahudin Meftahudin; Agus Putranto; Ratna Wijayanti
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis SWOT dan Porter’s Five Forces Model sebagai landasan untuk merumuskan strategi pemasaran dalam meningkatkan laba perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada CV Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis data kuantitatif dan studi kasus. Penelitian ini menghasilkan bahwa di dalam lingkungan Tin Panda Collection terdapat kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatan dari perusahaan antara lain adalah; produk berkualitas tinggi, perusahaan yang memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi. Terdapat pula kelemahan dari perusahaan yaitu Tin Panda Collection belum memiliki ijin usaha. Lingkungan eksternal dari Tin Panda Collection yaitu lingkungan industri dan lingkungan jauh. Lingkungan industri meliputi; ancaman pendatang baru, daya tawar pemasok, daya tawar konsumen. Selain itu lingkungan luar perusahaan meliputi; politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Faktor yang paling berdampak terhadap Tin Panda Collection adalah faktor persaingan dengan perusahaan sejenis. Strategi yang digunakan perusahaan saat ini merupakan strategi intensif dengan strategi pengembangan pasar (market development). Strategi ini dilakukan dengan memperkenalkan produk yang sudah ada ke wilayah geografis baru. Sedangkan hasil penelitian lima kekuatan Porter pada Tin Panda Collection bahwa faktor persaingan di dalam industri tinggi, kekuatan tawar-menawar pemasok tinggi, kekuatan tawarmenawar pembeli tinggi. Faktor persaingan di dalam industri tinggi karena pertumbuhan industri yang meningkat, jumlah pesaing yang ada semakin banyak, perusahaan memiliki biaya yang berbeda, dan hambatan keluar tinggi yang menyebabkan kondisi persiangan yang terjadi. Faktor kekuatan tawar-menawar pemasok tinggi karena konsentrasi pemasok tinggi, kemampuan pemasok melakukan integrasi ke arah depan tinggi, dan ketergantungan pemasok dengan industri tinggi. Faktor kekuatan tawar menawar pembeli tinggi karena pembeli memiliki switching cost tinggi terhadap Tin Panda Collection yang mengutamakan kualitas dan informasi yang didapat pembeli tidak dapat membuat pembeli dapat mengontrol harga yang ditawarkan Tin Panda Collection. Faktor ancaman pendatang baru tinggi karena modal yang dibutuhkan tidak besar dan menguntungkan. Hasil evaluasi peluang dan ancaman menggunakan matriks, Tin Panda Collection menunjukkan bahwa respon perusahaan terhadap lingkungan industri berada di atas rata-rata. Artinya Tin Panda Collection bisa memaksimalkan peluang dan mengatasi ancaman dari faktor eksternal. Kata Kunci: Analisis SWOT, Porter’s Five Forces Model, Strategi pemasaran
Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Orientasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha pada Sentra UMKM Pande Besi di Wonosobo M. Trihudiyatmanto; Heri Purwanto
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.210

Abstract

Kewirausahaan sangat relevan dengan kondisi Indonesia karena pada dasarnya pencapaian puncak pencapaian interpreneurship ini adalah mampu mengelola sumber daya alam Indonesia sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang mampu menyerap tenaga kerja dan membantu memajukan perekonomian bangsa. Mengembangkan UMKM berarti sedikit banyak mengembangkan pula perekonomian negara kearah yang lebih baik, karena tonggak perekonomian negara salah satunya adalah didukung dengan berkembangnya sektor UMKM yang menjadi soko guru perekonomian negara Indonesia. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh motivasi, kompetensi dan orientasi berwirausaha terhadap kinerja usaha. Variabel yang diteliti yaitu Variabel Independen terdiri dari Variabel motivasi, kompetensi dan orientasi berwirausaha, dan Variabel dependen adalah kinerja usaha. Dilihat dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena (Sekaran 1992), melalui pengujian hipotesis. Cooper dan Schindler (2011) mengungkapkan bahwa penelitian yang mendasarkan pada teori atau hipotesis yang akan dipergunakan untuk menguji suatu fenomena yang terjadi digolongkan pada jenis penelitian eksplanatori (penjelasan). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling dari 88 responden yang diambil seluruhnya pada populasi. Adapun metode pengumpulan data digunakan dengan menggunakan kuesioner, kemudian jawaban dari responden di skor dengan menggunakan skala linkert. Setelah dilakukan uji dengan statistik menggunakan analisis regresi linier berganda ( multiple linier regression ) diperoleh hasil persamaan Y = 26,338 - 0,290 X1 - 0,344 X2 + 0,329X3+ 0,1380X4+ 0,352X5 + e dan nilai t hitung untuk uji parsial sebesar 26,338 nilai konstanta, -0,290 (X1) motivasi, -0,344 (X2) pengetahuan, 0,329 (X3) ketrampilan, 0,1380 (X4) kemampuan dan 0,352 (X5) orientasi kewirausahaan. Dan dengan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan ( Adjusted R2) sebesar 0,215. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dan positif antara motivasi dengan kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dan positif antara pengetahuan dengan kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Keterampilan dengan kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kemampuan dengan kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Kata Kunci : Kinerja usaha, motivasi, kompetensi dan orientasi berwirausaha
Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo Heri Purwanto; M. Trihudiyatmanto
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.211

Abstract

Lima tahun belakangan, bisnis carica Dieng semakin menjamur sehingga semakin banyak para pengusaha membuat dan memproduksi carica Dieng. Sebagian besar para pengusaha carica Dieng dibuat dalam lingkup usaha rumahan (home industry) yang tergolong dalam usaha mikro, kecil dan menengah. Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian negara. Kewirausahaan sangat relevan dengan kondisi Indonesia karena pada dasarnya pencapaian puncak pencapaian interpreneurship ini adalah mampu mengelola sumber daya alam Indonesia sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang mampu menyerap tenaga kerja dan membantu memajukan perekonomian bangsa. Sehingga mengetahui seberapa besar intensi berwirausaha yang tumbuh disetiap para wirausahawan, pentingnya mempunyai orientasi kewirausahaan dalam berwirausaha akan meningkatkan kinerja usaha dengan motivasi sebagai variabel intervening. Penelitian asosiatif (hubungan) merupakan penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh sebab akibat dari variabel-variabel yang diteliti (Astina, ING, et al. 2016). Penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh yang menjadi antar hubungan bebas (independent variable) yaitu intensi kewirausahaan dan orientasi berwirausaha dengan variabel terikat (dependent variable) yaitu kinerja usaha melalui variabel intervening yaitu motivasi pengusaha claster carica di Wonosobo .Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling dari 90 responden yang diambil seluruhnya pada populasi. Adapun metode pengumpulan data digunakan dengan menggunakan kuesioner, kemudian jawaban dari responden di skor dengan menggunakan skala linkert. Setelah dilakukan uji dengan statistik menggunakan analisis regresi linier berganda ( multiple linier regression ) diperoleh hasil persamaan Y = 28,478 - 0,1206 X1 + 0,170 X2 + e dan nilai t hitung untuk uji parsial sebesar 28,478 nilai konstanta , 1,206 (X1) intensi kewirausahaan dan 1,700 (X2) orientasi berwirausaha. Dan dengan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan ( Adjusted R2 ) sebesar 0,12. Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung digunakan softwere SmartPLS 3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dan positif antara intensi berwirausaha dengan kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dan positif antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa ada pengaruh Intensi berwirausaha yang signifikan dan positif terhadap variabel kinerja usaha dengan motivasi sebagai variabel intervening. Pengujian hipotesis yang dilakukan membuktikan bahwa ada pengaruh orientasi kewirausahaan yang signifikan dan positif terhadap variabel kinerja usaha dengan motivasi sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Kinerja usaha, intensi kewirausahaan, orientasi berwirausaha, motivasi, variabel intervening.
Pengaruh Islamic Governance Score, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Kesehatan Finansial Bank Umum Syariah (Studi Empiris di BEI Periode 2013 Sampai 2016) Yuniar Laeli Nur Faizah; Sri Hartiyah
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.212

Abstract

This study aims to analyze the effect of capital adequacy ratio, return on assets, non performing financing, operating expenses to operating revenues, financing to deposit ratio, third party fund, nisbah, and number of office to the market share of Islamic banking in Indonesia. Population in this study are quarterly financial statements of Sharia Commercial Banks and Sharia Business Units in Indonesia registered in BEI for the period December 2013 to 2016. The sampling technique in this study was conducted by purposive sampling method, so that 12 banks were obtained as research samples. The analytical method used in this study is multiple linear regression with the help of SPSS statistics. The influence of BUS does not affect the financial health of BUS, leverage does not negatively affect the financial health of BUS, the size of the company does not have a positive effect on the financial health of BUS, the size of the board of directors has no effect on the financial health of BUS. Keywords : Financial health of Islamic commercial banks, Islamic governance score, leverage, company size, and the size of the board of commissioners
Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreatifitas dan Daya Saing Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus pada Bengkel Las di Kabupaten Wonosobo) Muhamad Takhim; Meftahudin Meftahudin
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal usaha, kterativitas dan daya saing terhadap pengembangan UMKM Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik bengkel las di Kabupaten Wonosobo. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden dan teknik yang digunakan adalah total sampling. Data – data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut Y = 2,415 X1 + 0,376 X2 + 0,250 X3. Y adalah variabel pengembangan UMKM, X1 adalah variabel modal usaha, X2 adalah variabel kreativitas dan X3 adalah variabel daya saing. Pengujian hipootesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen modal usaha, krativitas dan daya saing berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen pengembangan umkm, Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen layak untuk menguji variabel dependen pengembangan umkm. Angka R Square sebesar 0,773 menunjukkan bahwa 73,3% variabel pengembangan UMKM dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 22,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : pengembangan umkm, modal usaha, kreativitas dan daya saing
Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Purworejo Puput Solekhah; Supriono Supriono
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.214

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaaan terbesar dalam APBN, pajak sendiri digunakan oleh pemerintah untuk pembiayaan pembangunan nasional. Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun, bertambahnya jumlah tersebut tidak diimbangi dengan kepatuhan wajib pajak dalam setiap tahunnya. Masalah kepatuhan tersebut menjadi kendala dalam memaksimalkan penerimaan pajak. Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo dan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan yaitu 100 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo. Metode pengumpulan data primer adalah menggunakan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dinyatakan dengan F hitung 59,622, dengan nilai signifikan 0,000, penerapan sistem e-fiiling tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, pemahaman perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak berpengaruh sebesar 0,339 terhadap kepatuhan wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh sebesar 0,265 terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: kepatuhan, sistem e-filing, pemahaman, kesadaran dan sanksi perpajakan
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Atas Informasi Akuntansi Keuangan Serta Keberhasilan dalam Mengelola Perusahan Kecil dan Menengah (Studi Empiris Pada UMKM Industri Makanan di Wonosobo) Imam Ariono; Bambang Sugiyanto
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.215

Abstract

In order to overcome the problem of economic inequality and social inequality, a strategic step is grow and develop small businesses that have the characteristics of, among others, technology is simple, and is able to absorb the labor force so as to realize equal opportunity to strive and income distribution. In addition, small businesses are sub sectors of economic activity plays an important role in strengthening macroeconomic structure. In the Indonesian economy, the role and contribution of entrepreneurs on the scale of small and medium enterprises is very large, not only in terms of employment which exceeds 90%, but its contribution to GDP Indonesia more than 50%, (Ministry of Cooperatives and SMEs 2014). This study aims to prove the influence of attitude, personality, motivation, experience the perception of entrepreneurs on financial and accounting information to prove the influence of employers' perception on the use of financial accounting information to business success. Research was conducted on SME food industry in Wonosobo regency. Sampling of the population using purposive sampling method The samples in this study using purposive sampling technique is a technique take samples with specific criteria. The number of samples in this study were 45 SME food. The analysis tool used is multiple linear regression. The results of this study indicate that the attitude positive effect on the perception of entrepreneurs on the use of financial accounting information. Personality positive effect on the perception of entrepreneurs on the use of financial accounting information. Motivation positive effect on the perception of entrepreneurs on the use of financial accounting information. Experience positively affects the perception of entrepreneurs on the use of financial accounting information. Perception of entrepreneurs on the use of financial accounting information positive effect on business success. Keywords : Attitude, personality, motivation, experience, education, perception of financial accounting information, business success
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Nanang Agus Suyono
Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) Vol 1 No 1 (2018): Agustus
Publisher : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32500/jematech.v1i1.216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh profitabilitas terhadap Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio.(2) Pengaruh free cash flow terhadap dividend payout ratio. (3) Pengaruh investment opportunity set terhadap dividend payout ratio.(4) Pengaruh kepemilikan manajerial terhadap dividend payout ratio.(5) Pengaruh likuiditas terhadap dividend payout ratio. (6) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap dividend payout ratio. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012 sampai 2017. Berdasarkan Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2017, terdapat 43 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menganalisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio. (2) Free cash flow tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio.(3) Investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. (4) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio (5) Likuiditas berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. (6) Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. Kata Kunci : Dividend Payout Ratio, Profitabilitas, Free Cash Flow, Kepemilikan Manajerial, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan.

Page 1 of 12 | Total Record : 114