cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
hilda.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
jurnal.deiksis@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Deiksis
Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and literature education focused on Language Learning and Indonesian Literature, Class Action Research (CAR) of the teaching of Language and Indonesian Literature, Indonesian Linguistics and Literature, Linguistic and Literary analysis as well as related topics. All articles are peer-reviewed by at least two peer-reviewers. Deiksis is managed to be issued twice in every volume. The scope of Deiksis is Indonesian Language and Literature Learning Model, Assessment and Evaluation of Teaching Indonesian Language and Literature, discourse analysis, pragmatics, anthropolinguistics, language and culture, dialectology, language documentation, cognitive linguistics, language education, translation, language planning, psycholinguistics, sociolinguistics and other scientific fields related to language studies.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 03 (2017): Deiksis" : 10 Documents clear
Tipe-Tipe Kesalahan Sintaksis pada Karangan Siswa Kelas XI SMA Bina Spora Mandiri Cigombong Bogor Endang Wiyanti; Sulis Setiawati; Bambang Sumadyo
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.7 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.680

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan sintaksis pada karangan eksposisi siswa kelas XI SMA Bina Spora Mandiri Cigombong, Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Karangan eksposisi siswa yang diteliti berjumlah 31 karangan. Pada karangan tersebut ditemukan sebanyak 92 kalimat salah. Jenis kesalahan sintaksis yang ditemukan terdiri atas kesalahan pada pilihan kata/diksi sebanyak 64 kalimat atau 24,33%, kalimat yang berstruktur tidak baku sebanyak 62 kalimat atau 23,57%, kesalahan pada ketidaktepatan bentuk kata sebanyak 53 kalimat atau 20,15%, kalimat mubazir atau pleonasme sebanyak 44 kalimat atau 16,73%, %, kalimat yang tidak memiliki logika atau mengalami kesalahan nalar sebanyak 23 kalimat atau 8,75%, kontaminasi atau kerancuan kalimat sebanyak 16 kalimat atau 6,08%, dan kalimat yang ambigu sebanyak 1 kalimat atau 0,38%. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dipergunakan untuk menentukan langkah-langkah dalam proses pembelajaran, menyusun materi pembelajaran secara bertahap dari yang mudah ke yang sukar, dari yang sederhana ke yang rumit, dan sebagainya.Kata Kunci: tipe-tipe kesalahan sintaksis, karangan eksposisi
Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X, SMA Tugu Ibu, Depok, Jawa Barat Mu'thia Mubasyira; Sigit Widiyarto
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.361 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.961

Abstract

Peneliti ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, peneliti menggunakan media scrabble sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa  anak lebih antusias dan aktif belajar di kelas. Penggunaan media permainan scrabble dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Terdapat perbedaan rata-rata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata kelas kontrol sebesar 29,4, sedangkan kelas eksperimen sebesar 82,4. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh sebesar 17% antara kelas yang menggunakan media permainan scrabble dan kelas yang tidak menggunakan media permainan.  Kata Kunci: permainan, scrabble, menulis, prosedur.
Pengaruh Gaya Belajar terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Natalia Tri Astuti
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.773 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.1095

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas VIII SMP Mardi Yuana Bogor. Hipotesis yang diuji adalah terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik dengan gaya belajar auditori, kinestetik dan visual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik dengan dibantu SPSS 16.0. Sampel pada penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas VIII SMP Mardi Yuana Bogor. Berdasarkan hasil penelitian dengan SPSS 16.0 pada taraf signifikansi ?= 0,05 diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhit > Ftab atau 16,544 > 3,148. Maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik.  Kata Kunci: Gaya Belajar, Auditori, Kinestetik, Visual, Kosakata
Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Hamidah Apriani
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.134 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.1802

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan teknis analisis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas VII SMP. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah statistika deksriptif untuk mencari rata-rata, median, modus, standar deviasi dan histogram, dan teknik statistika inferensial yaitu untuk mengetahui besaran skor hubungan dan sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat kemudian dilanjutkan dengan uji t dan uji F untuk mengetahui signifikansi hubungan antarvariabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi, hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,870, Artinya, minat belajar terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa.Kata Kunci: Minat Belajar, Kemampuan Menulis Karangan Narasi.
Contrasting Multiple Choice and Cloze Task on Student’s Reading Comprehension Elyza Martiarini
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.669 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.704

Abstract

The objective of this research is to obtain an empirical data about contrasting student’s reading comprehension by using two types of tests: Multiple Choice and Cloze Task. The research type was a comparative descriptive method. The subject consisted of 30 students of the fourth semester of English Department at University of Indraprasta PGRI in 2015-2016 academic year. The research data were collected by using pre-test and post-test. The result of data cultivation identified that based on test by using Multiple Choice, the average score (mean) was 69.3, median was 64.49, mode was 62.1, and deviation standard was 13.40. Whereas Cloze Task mean was 55.6, median was 52.86, mode was 50, and deviation standard was 9.97. On the basis of hypothesis test, ttest 15.56 was higher than ttable 1.67. It assumed that the significance result both Multiple Choice and Cloze Task are different (contrastive), in which student’s reading comprehension by Multiple Choice was higher than Cloze Task.Keywords:Multiple Choice, Cloze Task, Student’s Reading Comprehension
Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Fungsional Pendek Bahasa Inngris Nurul Badriyatul Muthoharoh
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.749 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.848

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah dan kesulitan apa saja yang di alami oleh para siswa ketika mereka belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris, mengetahui apakah teknologi pembelajaran Blended Learning mempengaruhi hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa inggris dan mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta Selatan. Penulis mengadakan penelitian ini dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Sampel terdiri dari 70 siswa yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir yang berjumlah 10 butir soal essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah “uji-t” pada taraf signifikan ? = 0.05. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknologi pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar menulis teks fungsional pendek bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMPN 98 Jakarta Selatan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Menulis Bahasa Inggris, Teknologi Pembelajaran Blended Learning, Teks Fungsional Pendek, dan Pengaruh
Using Clustering Technique Towards Students’ Writing Skill in Recount Text Nurmala Hendrawaty; Nurfitria Ambarwati
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.478 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.1843

Abstract

Clustering is a technique to turn a broad subject into a limited and more manageable topic for short essay or text. It is a technique that can be used to generate ideas in writing. It is also known as diagramming, webbing, looping or mapping. Therefore, the research aims at finding out empirical evidence concerning whether clustering technique is effective or not for students to write a recount text. The method used in this research was quantitative, and the research design was a quasi-experiment. The sample of this research was the tenth grade students of SMK Mahadika 1 Ciracas Jakarta. The experimental class is from X AP 1, and the control class is from and X AP 3 with 30 students from each class. Based on data analysis, the range score from experimental class is 57-86, while from control class is 50-84. Furthermore, the research findings shows that tcount = 3.098 and ttable= 2,002 with the significance degree of ? = 0,05 (tcount  > ttable). Sincetcount  is higher than ttable, it means that H1 is accepted. It can be concluded that there is a significant effect of using clustering technique towards students’ writing skill in recount text.Keywords: Clustering Technique, Writing Skill, Recount Text
Analisis Struktur Kalimat Pasif Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia melalui Contrastive Recognition Rifa Suci Wulandari; Siti Zulaihah; Hestri Hurustyanti
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.232 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.1834

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur kalimat pasif dalam Bahasa Inggris, kalimat pasif dalam Bahasa Indonesia dan perbandingan kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil Analisis menunjukkan bahwa padanan dan perbandingan kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dapat dilihat secara struktural maupun secara pragmatis. Secara struktural terdapat persamaan kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yaitu subjeknya yang dikenai tindakan dan objeknya sebagai pelaku yang ditandai dengan kata by atau kata oleh dalam Bahasa Indonesia, sedangkan perbedaannya adalah dalam Bahasa Inggris terdapat perbedaan waktu pengucapan. Dalam Bahasa Indonesia, kalimat pasif diucapkan sama meskipun diucapkan sekarang (present), masa depan (future), ataupun masa lalu (past). Dalam Bahasa Inggris, kata kerja yang digunakan dalam masing-masing tenses berbeda karena perbedaan waktu, sedangkan dalam Bahasa Indonesia tidak ada perbedaan penggunaan kata kerja. Secara pragmatis, makna yang terkandung di dalam kalimat pasif Bahasa Inggris sama dengan makna yang terkandung dalam Bahasa Indonesia, yaitu sama-sama menyatakan objek sebagai pelaku dan subjek sebagai penerima tindakan. Perbedaannya terletak pada makna adversatif dan ketidaksengajaan. Dalam Bahasa Inggris tidak terdapat kalimat pasif yang bermakna ketidaksengajaan.  Kata kunci: analisis kontrastif, struktur, kalimat pasif
The Interpersonal Meaning Realized in The Lyrics of Christina Perri’s Album “Lovestrong” and The Contribution for Teaching a Modern English Grammar Dias Andris Susanto; Setiyo Watik
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.752 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.962

Abstract

This study examines the interpersonal meaning realized in the lyrics of Christina Perri’s Album “Lovestrong” and the contribution for teaching of a modern English grammar. It will be easier and more interesting to analyze the interpersonal meaning through the literary works that we hear everyday such as song lyrics.The objectives of this study are to describe the interpersonal meaning realized in the lyrics of Christina Perri’s Album “Love strong”, to know the most dominant Mood Types and Speech Roles, to describe the Modality realized in those lyrics and to describe the contribution of interpersonal meaning in the lyrics of Christina Perri’s Album “Love strong”. The design of the research was descriptive qualitative. The main sources of data in this research were the lyrics of Christina Perri’s Album “Love strong”. There were five song lyrics that the writers analyzed in this study. The analysis of the data used the following steps: those followings, listened to the songs, found the printed lyrics of the songs, analyzed the clauses based on the Mood-Residue elements and found the Modality through Modal Finite and Mood Adjunct. Next step, the writer classified the clause to get the most dominant of Mood Types and Speech Roles. The last, the writers drew the conclusion of this study.  The results of data analysis shows that the interpersonal meaning in the lyrics of Christina Perri’s Album “Love strong” realized in the wordings of the clause if analyzed based on the elements of interpersonal meaning, the most dominant Mood Types is Declarative, the most dominant Speech Roles is Giving Information, the Modality realized through the use of modal finite and mood adjunct, and the contribution  of interpersonal meaning in the lyrics of Christina Perri’s Album “Love strong” for teaching of a modern English grammar is to help the students easier and more interesting to analyze the interpersonal meaning through the lyrics of their favorite song or favorite singer. The conclusions of this study are; the realization of the interpersonal meaning in the song lyrics, we should read them thoroughly while analyzing based on the interpersonal meaning elements. Based on the Mood Types and Speech Roles analysis, the song writer or singer wants to declare something and give information to the readers or listener through these songs.  Keywords: interpersonal meaning, song lyrics, mood types, modality, modern English grammar
Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor Ryan Hidayat
Deiksis Vol 9, No 03 (2017): Deiksis
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.165 KB) | DOI: 10.30998/deiksis.v9i03.953

Abstract

Tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan mengarang deskripsi siswa kelas VII SMP Nurul Azman.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sample sehingga dapat sampel siswa kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri, Bogor, sebanyak 30 anak sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini yaitu eksperimen kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (3,756 > 2,040) artinya H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII.  Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi

Page 1 of 1 | Total Record : 10