cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
ISSN : 08534470     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2018)" : 8 Documents clear
Strategi Komunikasi untuk Meraih the Best Branch Service Excellent pada Bank Mandiri Jakarta Cikini Nur Kholisoh; Putri Rizky Priamsari
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.16

Abstract

Sebagai perusahaan jasa, Bank Mandiri terus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh nasabahnya. Dalam rangka hal tersebut, manajemen setiap tahun memberikan penghargaan kepada cabangnya yang terbaik. Bank Mandiri Cabang Jakarta Cikini sebelumnya tidak pernah berhasil menjadi cabang dengan pelayanan terbaik, namun pada tahun 2016 Cabang Jakarta Cikini berhasil memperoleh predikat sebagai the Best Branch in Service Excellent. Penelitian ini ingin mengetahui strategi komunikasi apa yang diambil oleh Service Quality Officer (SQO) yaitu orang yang bertanggung jawab pada divisi pelayanan di Bank Mandiri, sampai membawa Cabang Cikini menjadi yang terbaik. Diketahui ada proses knowledge sharing yang dilakukan oleh SQO melalui berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh frontliners untuk menjadi cabang terbaik. Jenis kegiatan yang diangkat pada penelitian ini ada empat jenis, yaitu Esas, Egrade, Cikini Academy, dan Tracking. Pengetahuan yang dibahas terbagi menjadi pengetahuan tasit dan pengetahuan eksplisit dalam model SECI dari Nanako dan Takeuchi. Berbagai kegiatan ini  terbukti mampu memberikan motivasi dan bekal pengetahuan kepada seluruh pegawai frontliners untuk bisa menghadapi prosesn penilaian untuk menjadi cabang terbaik.
Implementasi Personal Selling Pembentukan Citra Produk PT. XYZ Inge Hutagalung; Endriana Yuniartanti
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.18

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui sejauhmana implementasi komunikasi pemasaran melalui personal selling dapat membentuk citra suatu produk. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan teori dan konsep yang berhubungan dengan komunikasi, personal selling, dan citra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa implementasi personal selling dalam pembentukan citra produk mendapat respon yang positif dan dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Lebih lanjut, untuk menunjang kegiatan penjualan disarankan agar personal selling dapat dipadukan dengan bauran komunikasi pemasaran lain seperti membangun hubungan baik dengan pelanggan (public relations), memberikan brosur dan training produk pada pelanggan atau membawa pelanggan untuk melihat sendiri FAT(Factory Acceptance Test) untuk produk yang dijual.
Representasi Perempuan dalam Aplikasi Bigo Live Streaming Rella Swandari Hariwidiaswari; Syafruddin Ritonga
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.13

Abstract

Penelitian ini membahas representasi perempuan dalam mencapai kepuasan material dengan menggunakan aplikasi BIGO Live Streaming untuk mendapatkan gifts yang diberikan oleh sebagian penonton (spender) selama siaran dilakukan. Berbagai upaya dilakukan para penyiar perempuan untuk mendapatkan perhatian dari para spender dan dengan mudahnya memberikan gifts berupa beans yang dapat diuangkan dalam rupiah. Selain gifts yang dapat diuangkan, BIGO Live Streaming juga memberikan bonus-bonus rupiah kepada para penyiar dengan rating penonton dan juga pendapatan yang tertinggi setiap bulannya. Penelitian ini fokus pada pemegang akun, yakni penyiar perempuan berwajah cantik, memiliki tubuh yang seksi dan mengeksploitasinya demi popularitas, mengejar gaya hidup, mendapat keuntungan material, hingga keuntungan mendapatkan jaringan pertemanan yang luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teori representasi pada perempuan dan konsep komoditas perempuan dalam media baru. Aplikasi BIGO Live Streaming saat ini cenderung merepresentasikan perempuan menjadikan tubuhnya sebuah komoditas tontonan yang menghibur demi mendapatkan keuntungan-keuntungan tertentu. Namun, dalam perkembangannya ternyata terjadi praktik bisnis dengan keuntungan material yang besar dalam industri media baru tersebut.
Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor Lidya Wati Evelina
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.19

Abstract

Di era  digital,  masyarakat lebih cenderung mengacu pada apa yang dikatakan oleh komunitas di internet dibanding dengan bertanya langsung dengan orang yang dikenalnya. Rating dan ulasan dipercaya dan menjadi acuan seperti halnya orang akan membaca rating dan ulasan destinasi wisata sebelum mereka melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini pertama menjelaskan netnografi pada komunitas virtual di TripAdvisor; kedua  menggambarkan kesan para traveler terhadap destinasi wisata di Palembang yang dapat  membantu perencanaan perjalanan bagi wisatawan lainnya. Literatur yang digunakan adalah menggabungkan Teori Interaksi sosial dan Teori CMC dan konsep komunitas virtual.  Penelitian ini menggunakan metode netnografi yang membahas teks pada situs TripAdvisor tentang Destinasi di Palembang. Dalam netnografi, pengumpulan data primer  pada observasi dari teks yang berupa rating, ulasan dan percakapan di TripAdvisor. Analisis data dengan melakukan pengelompokan data dan diurutkan dan menjelaskan data tersebut.Hasil yang dicapai adalah bahwa rating, ulasan ditulis berdasarkan pengalaman mereka saat itu yang bersifat sementara. Namun, ulasan dan percakapan di Forum TripAdvisor  akan memberi gambaran dan  keyakinan  pada   para traveler untuk mengambil keputusan dalam merencanakan perjalanan mereka ke destinasi tersebut. Inilah yang disebut dengan istilah Community is the message.
Konvergensi Konten Majalah Popular dalam Industri Digital Media Cetak Citra Eka Putri; Radja Erland Hamzah
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.14

Abstract

Perkembangan tekonologi komunikasi saat ini yang bertumbuh pesat, berpengaruh pada industri media cetak. Sejumlah media cetak di Indonesia mulai tutup karena tidak mampu bersaing dengan media digital lainnya, sehingga pengelola media cetak melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan eksistensi medianya dengan melakukan convergensi, dan menyiapkan media berbasis digital, salah satunya Majalah pria dewasa “Popular”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh majalah Popular dalam mempertahankan hidupnya sebagai jawaban atas perkembangan tekhnologi industri informasi media. Hasil penelitian ini menunjukkan, majalah Popular menempuh model konvergensi Content dan tampil di berbagai platform sosial dengan satu tujuan: mempertahakan eksistensi keberadaan majalah Populer dalam industri Media Massa.
Pola Penyebaran Pesan Melalui Akun Facebook pada Karyawan Generasi Milenial di PT. XXX Indonesia Ulani Yunus; Gustina Gustina
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pola penyebaran pesan yang oleh Generasi Milineal sebagai karyawan melalui Facebook. Penelitian ini dilakukan karena Generasi Milenial menjadi mayoritas di Indonesia, yaitu 1 dari 3 jumlah penduduk Indonesia,  demikian juga jumlah yang ada pada perusahaan; Facebook (FB) adalah media sosial yang menempati posisi pertama di dunia sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terbuka dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pola penyebaran pesan melalui FB oleh generasi milenial melalui berita baik dalam bentuk foto atau tulisan sela-sela jam kerja mereka. FB juga merupakan media yang menjadi sumber berita bohong yang disebarkan oleh akun pribadi. Akun FB perusahaan tidak mendapat perhatian karyawan sehingga tidak cocok untuk menyebarkan informasi untuk kepentingan internal.
Keterbukaan Informasi Publik pada Konsil Kedokteran Indonesia Leila Mona Ganiem
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.15

Abstract

Transparansi terhadap informasi adalah salah satu pelaksanaan demokrasi suatu negara. Melalui keterbukaan informasi, publik memperoleh kesempatan untuk menikmati hasil kemajuan negara dan berpartisipasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengamanahkan agar badan publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara membuka informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik. Salah satunya Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Beberapa tantangan terhadap akses informasi publik yang dihadapi oleh Komisi Informasi sedunia dirasakan oleh sejumlah lembaga di dunia, termasuk masalah keamanan data yang merupakan salah satu kejahatan besar di Indonesia.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana KKI mengelola keterbukaan informasi publik dan upaya apa saja yang dilakukan oleh KKI dalam menjaga keamanan data KKI. Metode penelitian dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data secara primer dengan interview dan sekunder dengan kajian dokumen, teks, hasil presentasi, regulasi terkait. Hasilnya, bentuk keterbukaan informasi publik dari KKI dilakukan secara hati-hati meliputi Informasi Publik Berkala, Informasi Publik Serta Merta, Informasi Publik Setiap Saat, Informasi Publik Kecuali (ketat terbatas dan rahasia). Upaya menjaga keamanan informasi KKI dilakukan dengan cara: mengacu pada pasal 27, Perkonsil No 18 Tahun 2014 Tentang Sistem Informasi Registrasi Dokter dan Dokter Gigi Berbasis Elektronik; penggunaan sistem registrasi internal yang dimiliki dan dioperasikan sendiri; memperoleh ISO 9001:2008 yaitu Sistem Manajemen Mutu dan Budaya Organisasi Pelayanan Publik; Berikutnya, KKI juga menerapkan penomoran yang unik bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara terkait pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di KKI.
Pembelajaran Politik untuk Pemilih Pemula Melalui Media Sosial di Purwokerto – Jawa Tengah Sri Pangestuti; Ch Herutomo; S Bekti Istiyanto
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 1, No 02 (2018)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB) | DOI: 10.25008/wartaiski.v1i02.21

Abstract

Pembelajaran politik untuk pemilih pemula adalah subjek penelitian yang menarik. Pemilih pemula, merupakan segmen yang strategis untuk direkrut dalam kegiatan pemilihan umum baik dalam pemilihan Presiden, legislatif, dan kepala daerah di tahun politik 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana komunikasi melalui media mampu memberikan pengaruh untuk para remaja yang mempunyai rentang usia 17-21 tahun dalam menerima informasi politik sebagai bagian pembelajaran berpolitik. Asumsi dasar dari penelitian ini adalah bagaimana belajar berpolitik melalui media sosial untuk remaja merupakan fenomena yang menarik dan dapat memprediksi keberhasilan kegiatan politik praktis bagi pemilih pemula secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan focus of group discussion (FGD). Informan merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang merupakan pemilih pemula. Karakteristik informan dibatasi dengan kriteria berumur dari 17-21 tahun, tahun 2019 merupakan partisipasi pertama dalam politk praktis seperti kegiatan pemilihan umum dan atau kepala daerah. Hasil dari studi ini:  pembelajaran politk bagi pemilih pemula umumnya dipengaruhi oleh lingkungan terdekat di mana mereka tinggal; Strategi pembelajaran politik yang diperlukan untuk pemilih pemula  dalam kegiatan politik praktis berjalan efektif menggunakan media sosial yang sesuai.

Page 1 of 1 | Total Record : 8