cover
Contact Name
Edy Suryawardana, SE., MM.
Contact Email
solusi@usm.ac.id
Phone
+6285101187614
Journal Mail Official
solusi@usm.ac.id
Editorial Address
Soekarno Hatta street Tlogosari Semarang Central Java
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
SOLUSI
Published by Universitas Semarang
ISSN : 27162532     EISSN : 14125331     DOI : 10.26623
SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and experience. The published journals are the results of studies and deep thoughts from competent and talented writers in their fields. The peer reviews as the directors are partners who always provide instructions and direction so that the scientific magazine SOLUSI is getting better and developing.
Articles 379 Documents
PENERAPAN KONSEP PERBAIKAN TERUS-MENERUS ( CONTINUOUS IMPROVEMENT) UNTUK MEMINIMALKAN KERUSAKAN PRODUK Aflikh Aflikh
Solusi Vol 6, No 1 (2007)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.017 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v6i1.1907

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat didukung dengan adanya kemajuan teknologi menyebabkan persaingan bisnis semakin ketat dalam upayanya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervasriasi, juga didukung dengan banyaknya bermunculan perusahaan baru yang bergerak dalam industry yang sejenis. Persaingan dapat berupa persaingan kualitas produk, pelayanan maupun harga produk. Untuk menghadapi persaingan ini perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat dalam menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen sebab kepuasan konsumen atas suatu produk yang menghasilkan perusahaan yang dapat memuaskan kebutuhan konsumenlah yang dapat bertahan hidpu dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan ini dapat memacu perusahaan untuk terus berkreasi dalam menghasilkan dan meningkatkan produk unggulan
ANALISIS KEBIJAKAN PENDANAAN CAPITAL EXPENDITURE, PENDEKATAN : PECKING ORDER, FINANCIAL LEVERAGE DAN MANAJERIAL HIPOTESIS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC NON KEUANGAN DI BEJ) Rasyid Mei Mustafa; Sujono Sujono
Solusi Vol 8, No 3 (2009)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1296.799 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v8i3.1950

Abstract

Informasi asimetri dan konflik keagenan ekuitas merupakan dua masalah utama yang harus diperhatikan oleh investor dan investor harus meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh masalah tersebut. Riset ini menganalisis kebijakan pengeluaran pendanaan modal dengan pendekatan pecking order.financial leverage dan hipotesis manajerial. Dengan sampel sebanyak 235 yang diperoleh dari perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia dan 81 perusahaan non-keuangan menjadi subjek riset ini. Analisis regresi digunakan untuk menganalisis model-model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajer dalam memutuskan kebijakan pengeluaran tidak mempertimbangkan kebijakan pecking order dan manajer yang memiliki saham memiliki korelasi yang positif dengan kebijakan pengeluaran modal yang berasal dari dana ekstemal.
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN PENERAPAN SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI DANA DESA Eko Sumarsono; Muh Effendi Purnomo
Solusi Vol 17, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.515 KB) | DOI: 10.26623/.v17i2.1452

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah yang dialami oleh desa terkait dengan pengelolaan dana desa dan juga untuk menganalisis Penerapan Sistem Akuntansi untuk Pengelolaan Dana Desa yang meliputi Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas, Aktiva Tetap, dan Pajak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sesuai dengan Permendagri No.113 tahun 2014 dan prioritas penggunaan Desa juga sesuai berdasarkan Permen Desa PDTT No. 22 tahun 2016, Penerapan sistem akuntansi sesuai dengan undang-undang, tetapi jika dilihat dari sisi pengawasan administrasi masih belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan, terutama dalam proses pengeluaran uang tunai yang belum akuntabel dan seringkali prosedur yang tidak tepat. Oleh karena itu penulis menyarankan bahwa perlu adanya sistem akuntansi terkomputerisasi sehingga nantinya setiap proses akuntansi dapat dilakukan dengan cepat dan output dari laporan keuangan juga akan lebih dapat diandalkan daripada pelaporan secara manual, juga di masa depan diharapkan manajemen terkait dengan desa dana dapat dilakukan lebih akuntabel dan transparan.Kata kunci: Pengelolaan keuangan desa, sistem informasi akuntansi, dana desa
PENGARUH PELATIHAN, PENGALAMAN KERJA DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. COCA-COLA BOTTLING INDONESIA TBK (Studi Kasus Karyawan Bagian Penjualan) Via Anggraini; Susanto Susanto
Solusi Vol 16, No 4 (2018): SOLUSI
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.909 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v16i4.1671

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia, yaitu penurunan tingkat kinerja, dimanasebagian besar responden yang merupakan karyawan bagian penjualan PT. Coca-Cola BottlingIndonesia tidak pernah mencapai target kinerjanya. Berdasarkan penelitian terdahulu, kinerjakaryawan tersebut diduga dipengaruhi oleh pelatihan, pengalaman kerja, dan kompetensi sosial.Sehingga dapat ditarik perumusan masalah yaitu bagaimana meningkatkan kinerja karyawan agartarget penjualan dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan pelatihan, pengalamn kerja, dankompetensi sosial sebagai variabel independen dan kinerja karyawan sebagai variabel dependen.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan, pengalamn kerja, dankompetensi sosial terhadap kinerja karyawan bagian penjualan PT. Coca-Cola Bottling Indonesia.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian penjualan PT. Coca-Cola Bottling Indonesiayang berjumlah 432 orang karyawan dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidentalsampling yang menghasilkan sampel berjumlah 81 orang karyawan. Teknik analisis data yangdigunakan untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknikanalisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan darivariabel pelatihan (X1), pengalaman kerja (X2), dan kompetensi sosial (X3) terhadap kinerjakaryawan (Y). Kata Kunci : Pelatihan, Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial, dan Kinerja Karyawan.
PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KEGUNAAN LAPORAN NILAI TAMBAH, NERACA NILAI SEKARANG DAN LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL PADA BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG) Wahyu Widayat; Anita Damajanti
Solusi Vol 8, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1492.131 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v8i2.1936

Abstract

Perkembangan institusi keuangan Islam seperti bank syariah, Asuransi syariah dan pasar modal syariah cukup pesat. Fenomena tersebut membawa konsekuensi kebutuhan akan konsep dan praktek Akuntansi Syariah yang sesuai dengan nilai-nilai islam. Ketiadaan standar yang benar-benar memenuhi prinsip-prinsip syariah dalam hal pelaporan keuangan organisasi Islam menjadi sesuatu hal yang harus diselesaikan. Keberadaan Laporan Nilai Tambah, Neraca Nilai Sekarang dan Laporan Pertanggung jawaban Sosial secara teori  menjadi penting mengingat keberadaanya oleh pakar Akuntansi syariah dianggap lebih mewakili wajah Akuntansi syariah.Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Indah Puspitasari (2006) dan Qomar (2005) dengan responden mahasiswa akuntansi di kota Semarang. Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris persepsi mahsiswa akuntansi terhadap kegunaan Laporan Nilai Tambah, Neraca Nilai Sekarang dan  Laporan  Pertanggung jawaban  Sosial  pada  Laporan  keuangan  Bank  Syariah. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dengan metode purposive sampling diperoleh 65 responden yang telah mengikuti mata kuliah akuntansi syariah dan teori akuntansi. Alat analisis untuk menguji hipotesis dengan one sample t-test.Adapun setelah dilakuakan pengujian terhadap hipotesis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa akuntansi mempersepsikan bahwa Laporan Nilai Tambah, Neraca Nilai Sekarang dan Laporan Pertanggung jawaban Sosial Berguna untuk dilampirkan dalam laporan keuangan Bank Syariah. Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Qomar (2005) pada akuntan publik dan akuntan pendidik, dan penelitian lndah Puspitasari yang dilakukan pada akuntan di Bank Syariah dan akuntan IAI.
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SEMARANG Tommy Akmal Syah
Solusi Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.557 KB) | DOI: 10.26623/.v17i1.1347

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Semarang. Dikarenakan dalam beberapa bulan terakhir masyarakat Kota Semarang Khususnya pelanggan PDAM mengeluhkan tentang krisis air bersih dari PDAM yang diantara nya debit air yang sedikit, air yang terkadang kotor dan berbau serta air yang sering bahkan berhari-hari tidak mengalir.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan wawancara langsung terhadap 6 Informan yaitu 4 pelanggan PDAM dan 2 karyawan PDAM Kota Semarang. Dengan bertujuan agar mendapatkan informasi yang valid dan berimbang antara pelanggan langsung dengan karyawan PDAM utuk mendapatkan hasil penelitian / solusi yang terbaik.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggan PDAM mengeluhkan tentang sering nya air PDAM yang tidak mengalir. Dan dari pihak karyawan PDAM pun mengakui bahwa debit air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kudu dan di Kaligarang mengalami krisis air dikarenakan musim panas yang panjang. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yang baik diantaranya adalah Kualitas, Jasa, Pelayanan, Perusahaan Daerah, Faktor Pendukung Pelayanan, Faktor penghambat pelayanan, Beban Kerja, Hasil Kerja dan Sistem Kerja. Oleh karena itu PDAM memberikan solusi dengan membuat 3 Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang diharapkan dapat menambah pasokan air bersih ke pelanggan PDAM.Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, PDAM
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ELSA HIJAB SEMARANG Mitha Alifia Roselina; Asih Niati
Solusi Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.694 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v17i3.1636

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Elsa HijabSemarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalampenelitian ini berjumlah 96 responden yang merupakan konsumen Elsa HijabSemarang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknikPurporsive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dananalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanandan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasanpelanggan.Kata kunci: Kualitas produk, kualitas layanan, promosi dan kepuasan konsumen.
BANK KELILING PEMBURU RENTE DAN INVOLUSI USAHA PEDAGANG PASAR Rahoyo Rahoyo; Rr. Lulus Prapti NSS
Solusi Vol 17, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1284.315 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v17i4.1778

Abstract

AbstrakBank keliling pemburu rente (jamak dikenal sebagai bank plecit, bank thithil, mbatak, bank emok) dikenal masyarakat sebagai lembaga permodalan dan atau pembiayaan dengan mengenakan bunga amat tinggi. Faktanya memang demikian. Tak berlebihan bila bank ini kemudian dipersepsikan oleh masyarakat sebagai bank yang bukan membantu para pedagang pasar atau nasabah yang menggunakan jasa bank keliling pemburu rente, tetapi justru menggerogoti usaha para pedagang. Masyarakat pada umumnya menjulukinya dengan istilah rentenir.Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa dalam konteks pedagang pasar, dalam situasi dan kondisi tertentu, pilihan alternatif permodalan atau pembiayaan bank keliling pemburu rente adalah pilihan yang rasional. Tidak ada alasan tunggal para pedagang pasar menggunakan jasa bank keliling pemburu rente. Terpepet, misalnya, adalah salah satu alasan; tetapi bukan satu-satunya alasan.Hal menarik lain dari penelitian ini adalah tidak ditemukan informasi dan fakta empiris dan teoretis bahwa bunga bank keliling pemburu rente yang sangat tinggi tersebut mengakibatkan involusi atau pemerosotan usaha. Kata kunci: bank plecit, bank keliling pemburu rente, involusi usaha, pedagang pasar, alternatif permodalan dan pembiayaan, lembaga keuangan informal, laba, tindakan ekonomis.
ORIENTASI ETIKA DAN FAKTOR EKSTERNAL : KAITANNYA DENGAN INDEPENDENSI DAN KUALITAS AUDIT SEORANG AUDITOR Germana Causin EDW; Riski Aditya; Ardiani lka S
Solusi Vol 8, No 1 (2009)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.133 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v8i1.1924

Abstract

Kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan publik berhubugan langsung dengan mutu pemeriksaan dan salah satu elemen penting kendali mutunya adalah independensi, maka seorang auditor pada suatu audit yang dilakukan harus berkualitas. Sehingga dapat memberikan keyakinan dan jaminan akan kewajaran dan reliabilitas informasi yang disajikan. Karena independensi adalah suatu ciri dari seorang auditor, maka auditor dituntut adanya kejujuran di dalam diri akuntan pada saat mempertimbangkan fakta-fakta dan adanya pertimbangan obyektif, tidak memihak di dalam merumuskan dan menyatakan pendapatnya. Kualitas merupakan hal yang sulit untuk diukur sehingga membuatnya menjadi suatu hal yang sensitif bagi perilaku individual yang melakukan audit. Masalah sikap auditor dipengaruhi oleh orientasi etika dari dalam diri auditor (idealisme dan relativisme) dan faktor eksternal di luar diri auditor yaitu persaingan antar kantor akuntan publik dan audit fee. Karena tiap kantor akuntan publik dihadapkan pada dua pilihan yakni kehilangan kliennya karena klien mencari kantor akuntan lain atau mengeluarkan opininya sesuai dengan keinginan klien.Key words :  independensi, kualitas audit, orientasi etika, persaingan antar Kantor Akuntan Publik, audit fee
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Bank XYZ (Persero) Tbk. Area Tegal) Budi Widadi; Fania Mutiara Savitri
Solusi Vol 17, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.481 KB) | DOI: 10.26623/slsi.v17i3.1626

Abstract

ABSTRAK Pascasarjana Magister Manajemen STIE Indonesia Banjarmasin, PengaruhKepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT BankXYZ (Persero) Tbk di Area Tegal, Ketua: Dwi Wahyu Artiningsih, Anggota :Saifhul Anuar Syahdan. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menganalisis pengaruh kepemimpinanterhadap kepuasan kerja karyawan PT Bank XYZ (Persero) Tbk di Area Tegal, (2)untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan PTBank XYZ (Persero) Tbk di Area Tegal, (3) untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bank XYZ(Persero) Tbk di Area Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanpendekatan survei analitik. Sampel penelitian berjumlah 66 dengan metodepengambilan sampel teknik jenuh/sensus. Pengumpulan data denganmenggunakan kuesioner tertutup berskala likert. Analisa data menggunakanRegresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kepemimpinan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, (2) motivasi kerjaberpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, (3)kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadapkepuasan kerja karyawan dan kepemimpinan merupakan prediktor dominan dalammeningkatkan kepuasan kerja karyawan.Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi, dan Kepuasan Kerja

Page 1 of 38 | Total Record : 379