cover
Contact Name
Julaili Irni
Contact Email
agriprimatech@gmail.com
Phone
+6282276709657
Journal Mail Official
agriprimatech@gmail.com
Editorial Address
Kampus III, Fakultas Agro Teknologi Prodi Agribisnis Universitas Prima Indonesia Jl. Danau Singkarak Gg. Madrasah, Kel. Sei Agul Medan Barat
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Agriprimatech
ISSN : -     EISSN : 26216566     DOI : 10.34012
Agriprimatech merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan publikasi pada bidang pertanian dan manajemen penjualan pasca panen yang dapat menjadi sumber bacaan berstandar nasional. Jurnal ini berupa hasil penilitian secara kualitatif maupun kuantitatif yang terfokus pada bidang sosial dan budaya masyarakat pertanian, manajemen pemasaran, manajemen hasil pertanian, evaluasi pertanian secara berkelanjutan. Agriprimatech terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL TAMBAK UDANG VANNAMEI (STUDI KASUS : TAMBAK UDANG VANNAMEI DI BLANG LANCANG DESA BATUPHAT TIMUR KEC. MUARA SATU, LHOKSEUMAWE) riza auliya
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.036 KB)

Abstract

Udang vannamei merupakan komoditas perikanan yang saat ini sedang digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan udang vannamei resisten terhadap penyakit serta lebih tinggi produktifitasnya. Oleh karena itu usaha budidaya udang vannamei masih merupakan jenis usaha yang menguntungkan, jika dikelola dengan benar. Usaha budidaya udang pada tambak di Blang Lancang Desa Batuphat Timur Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe adalah usaha pembesaran dengan komoditas udang vannamei. Usaha tambak udang vannamei di Blang Lancang Desa Batuphat Timur menggunakan teknologi intensif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan finansial dan sensitivitas. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga petambak udang vannamei secara intensif. Hasil penelitian usaha budidaya udang vannamei dinyatakan layak secara finansial dengan kriteria Nilai Net Present Value (NPV) yang diperoleh bernilai positif, Net B/C > 1 maka layak untuk dikembangkan dan Internal Rate of Return (IRR) > tingkat suku bunga yang berlaku (12%), BEP dicapai dalam umur ekonomis. Setelah dilakukan analisis sensitivitas maka usaha tersebut masih layak untuk dilanjutkan.
PENGARUH FAKTOR INTERNAL WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR INDIVIDU (Studi Pada Distributor Multi Level Marketing PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) Dengan Produk Ginseng Coffe Di Siborongborong Tapanuli Utara) Roy Sahputra Saragih
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.039 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor Internal Wirausaha Terhadap Pengembangan Karir Individu (Studi Pada Distributor Multi Level Marketing (MLM) PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) Dengan Produk Ginseng Coffe Di Siborongborong Tapanuli Utara. Dengan sampel 112 responden. Alat yang digunakan adalah kuessioner. Penelitian ini bersifat deskriptif explanatory yaitu penelitian yang bertujuan unutk menjelaskan kedudukan variable-variabel yang diteliti serta hubungan antara variable-variabel. Koefisien faktor internal wirausaha “kreatif” (X1) memberikan nilai sebesar 0,316 yang berarti bahwa jika faktor internal wirausaha “kreatif” (X1) semakin baik dengan asumsi variabel lain tetap maka pengembangan karir individu (Y) akan mengalami peningkatan. Koefisien faktor internal wirausaha “inovatif” (X2) memberikan nilai sebesar 0,343 yang berarti bahwa jika jika faktor internal wirausaha “inovatif” (X2) semakin tinggi dengan asumsi variabel lain tetap maka pengembangan karir individu akan mengalami peningkatan. Koefisien faktor internal wirausaha “berani” memberikan nilai sebesar 0,222 yang berarti bahwa jika faktor internal wirausaha “berani” semakin kuat dengan asumsi variabel lain tetap maka pengembangan karir individu akan mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas (Faktor Internal Wirausaha: kreatif, inovatif dan berani) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel terikat (pengembangan karir individu), Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh secara parsial variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan estimasi regresi berganda dengan program SPSS diperoleh hasil Y = 0,316 X1 + 0,343 X2 + 0,222 X3. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,57 atau 57%.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN KOTA PINANG, KAB. LABUHANBATU SELATAN Laura Juwita Pinem
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.283 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng dalam kemasan merek Bimoli serta proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif Kualitatif. Alat yang digunakan adalah kuisioner yang dianalisis menggunakan Analisis Faktor. Data diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS VERSI 22. Rata-rata usia responden didominasi oleh usia 31-40 tahun sebesar 47 persen , dengan klasifikasi pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sebesar 37 persen. Tingkat pendidikan responden didominasi oleh latar pendidkan SMU/Sederajat sebesar 34 persen. Pendapatan dan pengeluaran responden rata-rata adalah sebesar Rp. 3.000.000- Rp 5.000.000. Pada tahap pengambilan keputusan, Sebanyak 47% responden membeli minyak goreng Bimoli adalah karena mutu produk, dengan manfaat yang dicari adalah sebagai gaya hidup sehat sebanyak 66%. Sebanyak 63% responden responden melakukan pembelian dengan direncanakan. Seluruh responden merasa puas dan ingin membeli Bimoli kembali. Jika minyak goreng Bimoli yang akan dibeli tidak tersedia maka 88 % responden akan membeli minyak goreng merek lain dan jika terjadi kenaikan harga 62 % responden akan tetap mencari merek lain yang lebih murah. Hasil dari analisis faktor membentuk 6 faktor yang mempengaruhi, yaitu Psycho Sosiologis, Psycho Demografis, Sosial, Gaya Hidup, Pengaruh Lingkungan, dan Kepercayaan Pribadi.
ANALISA PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN MUTU GULA MERAH DARI NIRA KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis, Jacq) Suratni afrianti
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.845 KB)

Abstract

Analisa Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Mutu Gula Merah Dari Nira Kelapa Sawit (Elaeis guinensis, Jacq). Studi Kasus : Unit Usaha Pak Man di Desa Pulau Gambar, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan gula merah dari nira sawit, untuk mengetahui apakah gula merah dari kelapa sawit sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI-01-3743-1995), untuk menjelaskan perhitungan biaya produksi pengolahan gula merah dari nira kelapa sawit, dan untuk mengetahui harga pokok produksi serta harga jual gula merah dari kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumbernya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pengujian mutu di laboratorium dan menghitung harga pokok produksi dengan metode pencatatan dan penilaian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa gula merah yang dihasilkan sudah memenuhi SNI-01-3743-1995, harga pokok produksi gula merah dengan metode pencatatan dan penilaiansebesar Rp 6.708 dan harga jual untuk per kilogram gula merah dari nira kelapa sawit adalah sebesar Rp 7.714.
ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN PADANG TUALANG, LANGKAT Abednego karosekali
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.192 KB)

Abstract

Penelitian “ Analisis Saluran Pemasaran Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat “ bertujuan untuk menganalisa saluran pemasaran dan efisiensi sistem pemasaran untuk mengetahui penerapan fungsi – fungsi pemasaran kelapa sawit Di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif untuk menganalis lembaga, saluran dan fungsi pemasaran serta metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis mar jin pemasaran dan farmer’s share. Berdasarkan analisis sistem pemasaran disimpulkan bahwa saluran pemasaran I yaitu petani ke pabrik lebih efisien, sehingga farmer’s share yang tinggi dan marjin pemasaran rendah. Saluran ini sebaiknya digunakan oleh petani di Desa Tanjung Selamat.
ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN KELAPA SAWIT DI DESA TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG Laura Juwita Pinem
Agriprimatech Vol. 1 No. 2 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.917 KB)

Abstract

Penelitian “Analisa Tataniaga Kelapa Sawit Di Desa Tenggulun Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang” Bertujuan untuk menganalisa saluran tataniaga dan efesiensi system tataniaga serta untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi tataniaga kelapa sawit di desa tenggulun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis lembaga, saluran dan fungsi pemasaran serta metode analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran dan Farmer’s share. Berdasarkan analisis sistem pemasaran disimpulkan bahwa saluran I pemasaran yaitu petani ke pabrik lebih efisien, sehingga Farmer’share yang tinggi dan marjin pemasaran rendah. Saluran pemasaran ini sebaiknya digunakan oleh petani di Desa Tenggulun.
KAJIAN SIKAP PETANI TERHADAP BUDIDAYA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KECAMATAN PEMATANG SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA Tonny Hendra hendra Nadeak
Agriprimatech Vol. 2 No. 1 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.702 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap petani terhadap teknik budidaya ubi kayu dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan teknik budidaya ubi kayu di Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun dengan mengambil sampel pada setiap petani yang melakukan penanaman ubi kayu. Populasi dalam pengkajian ini adalah seluruh petani ubi kayu yang mengikuti penerapan teknik budidaya ubi kayu di Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun. Penentuan sampel dalam pengkajian ini menggunakan metode proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dengan menetapkan jumlah tergantung besar kecilnya sub populasi atau kelompok yang akan diwakilinya. Jumlah sampel dalam pengkajian ini adalah 50 petani. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa sikap petani terhadap penerapan teknik budidaya ubi kayu adalah sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 61,54 %. Penerapan teknik budidaya ubi kayu di daerah pengkajian termasuk tinggi dengan tingkat penerapan 76,67 %. Pengalaman pribadi berkorelasi signifikan dengan sikap petani sebesar 0,573; pengaruh orang lain yang dianggap penting berkorelasi signifikan dengan penerapan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,591; pendidikan formal berkorelasi signifikan dengan penerpaan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,539; pendidikan non formal berkorelasi signifikan dengan penerapan teknik budidaya ubi kayu sebesar 0,534.
MOTIVASI PETANI TERHADAP ALIH FUNGSI KOMODITI PADI GOGO MENJADI TANAMAN JAGUNG DI KECAMATAN PURBA, KABUPATEN SIMALUNGUN Tonny Hendra hendra Nadeak
Agriprimatech Vol. 2 No. 1 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.836 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor faktor internal (umur, pendidikan, jumlah tanggungan, tingkat pendapatan dan luas lahan) dan eksternal (lingkungan sosial, lingkungan ekonomi dan kebijakan pemerintah) terhadap motivasi petani melakukan alih fungsi lahan padi gogo menjadi tanaman jagung di Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2017 di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah petani padi gogo yang lahannya beralih fungsi menjadi lahan jagung di Kecamatan Purba sebanyak 3 desa dengan jumlah 50 petani padi gogo yang telah melakukan alih fungsi lahan menjadi tanaman jagung. Karena jumlah populasi lebih kecil dari 100 maka semua populasi dijadikan sebagai sampel (sensus). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat motivasi petani dalam melakukan alih fungsi lahan padi gogo menjadi tanaman jagung berada pada kategori sedang sampai dengan tinggi, sehingga hipotesis yang menyatakan motivasi petani dalam alih fungsi lahan padi gogo menjadi tanaman jagung di Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun tinggi. Secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa umur (X1), tingkat pendidikan (X2), jumlah tanggungan (X3), tingkat pendapatan (X4), luas lahan (X5), lingkungan sosial (X6), lingkungan ekonomi (X7) dan kebijakan pemerintah (X8). Secara simultan (parsial) variabel umur (X1), tingkat pendapatan (X4), lingkungan sosial (X6) dan kebijakan pemerintah (X8) berpengaruh signifikan terhadap motivasi petani melakukan alih fungsi lahan.
ANALISIS FAKTOR - FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINYAK GORENG PADA MEREK FILMA STUDI KASUS : BRASTAGI SUPERMARKET CABANG GATOT SUBROTO MEDAN Abednego karosekali
Agriprimatech Vol. 2 No. 1 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.91 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk minyak goreng kemasan Filma, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk minyak goreng kemasan Filma. Penelitian ini berlokasi di Brastagi Supermarket Medan cabang jalan Gatot Subroto, dan dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Maret tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan hasil sampel sebanyak 91 responden. Metode pengumpulan data konsumen dilakukan dengan teknik angket (kuesioner) dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa terbentuk 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minyak goreng Filma. Ketiga faktor tersebut adalah Faktor Lingkungan Sosial, Faktor Ruang Lingkup Keluarga, Faktor Keyakinan Pribadi. Faktor yang paling utama dalam mempengaruhi pembelian Filma adalah Faktor Lingkungan Sosial dengan nilai eigenvalue yang terbesar dari semua faktor yang ada.
PENGARUH PENDAPATAN, HARGA DAN MEREK (BIMOLI DAN FILMA ) TERHADAP JUMLAH MINYAK GORENG YANG DIBELI (Studi Kasus : Ibu- ibu Rumah Tangga Kecamatan Kuala Simpang ) myrna pratiwi nasution
Agriprimatech Vol. 2 No. 1 (2018): Agriprimatech
Publisher : Prodi Agribisnis Fakultas Agro Teknologi Universitas Prima Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.071 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian minyak goreng bermerek, Penggunaan variable-variabel tersebut berdasarkan hasil penelitian terdahulu, yaitu Farah Zakia, Safrida (2017), Lailatun Najmi Dalimunthe (2012), dan Faoeza (2009). Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kota Kuala Simpang, responden yang digunakan sebanyak 100 ibu- ibu rumah tangga. Adapun alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan pendapatan per bulan, harga, merk (bimoli), dan merk (filma) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, dan secara parsial pendapatan per bulan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, merk (bimoli) memiliki pengaruh positif signifikan dan merk (filma) memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.