cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 01 (2018): Oktober" : 5 Documents clear
LAGU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB (NAHWU) Nanang Joko Purwanto
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 01 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.111

Abstract

Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional sangat penting untuk dipelajari. Dalam proses mempelajarinya, sebagian orang mengalami berbagai kendala, di antaranya adalah kesulitan dalam mempelajari tata bahasa Arab (nahwu). Dalam menghadapi kendala itu, sebagian orang dapat mengatasinya dan sebagian lainnya tidak. Untuk itu, perlu adanya terobosan guru dalam memilih media pembelajaran agar pembelajaran terasa mudah dan menyenangkan. Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran. Materi yang sulit dan perlu waktu yang lama untuk mempelajarinya bisa menjadi terasa mudah dan tidak membosankan jika proses pembelajaran menggunakan media yang tepat. Di antara media yang bisa digunakan adalah lagu. Dengan lagu, siswa menjadi mudah menghapalkan teks atau liriknya, meskipun lagu itu berbahasa asing. Selanjutnya, katakata dan kalimat yang ada dalam lagu tersebut dijelaskan mengenai makna dan susunannya dalam kaidah kalimat bahasa Arab. Dengan demikian, lagu bisa menjadi media pembelajaran bahasa Arab, yaitu dalam pembelajaran nahwu. Di antara lagu-lagu yang bisa digunakan adalah “Kasih Ibu” dan “Dua Mata Saya” dalam bahasa Arab.   
TEORI PEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA UNTUK JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB Yayat Hidayat
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 01 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.113

Abstract

Kecerdasan dan perkembangan bahasa peserta didik tidak bisa terlepas dari peran pendidikan bahasa, baik pada tingkat dasar hingga tingkat lanjut dan pada level pendidikan formal maupun nonformal. Desain pembelajaran erat kaitannya dengan aktivitas keseharian peserta didik dalam mendengarkan, berkomunikasi, menulis dan juga membaca. Hal terpenting dalam konsep pembelajaran bahasa adalah bagaimana membelajarkan bahasa melalui pengalaman secara langsung yang menekankan pada proses pembiasaan dan proses pembelajaran yang berlangsung
تحليل الأخطاء النحوية اللغوية في الخطابة المنبرية (دراسة حالية) Roojil Fadillah
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 01 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.115

Abstract

Penelitian ini adalah lanjutan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, hanya saja tema yang diusung dalam penelitian ini berbeda. Tujuannya adalah semakin banyak referensi penelitian dalam tema ini maka semakin rendah tingkat kesukaran penutur Non-Arab dalam berbicara bahasa Arab, terutama kesalahan Nahwu (Syntacs). Penentuan tempat menjadi penting dalam penelitian ini, peneliti mengambil latar pondok pesantren di Jawa Tengah yang unggul dalam hal bahasa Arab, yaitu Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad terletak di Kabupaten Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan data-data berupa angka sebagai penguat terhadap kesimpulan. Metodenya deskriptif analisis, dengan menjabarkan seluruh data dengan penjelasan berupa kata-kata. Metode pengumpulan data ialah dengan wawancara, dialog tidak terstruktur, dan rekaman menggunakan media audio. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat 56 kesalahan percakapan dalam kegiatan Khutbah Ilmiah, terdapat 38 kesalahan Sintaksis, artinya sekitar 68% kesalahan berbahasa khusus terjadi pada sintaksis, adapun sebab terjadinya kesalahan terfokus pada 3 poin besar, yaitu pertama: Penutur menyepelekan kaidah, tingkat terjadinya kesalahan adalah 18%, kedua: Penutur tidak mengetahui kaidah, tingkat terjadinya kesalahan adalah 34%, ketiga: Interverensi tingkat terjadinya kesalahannya adalah 18%.  
تطبيق منهج اللغة العربية في محلية جبل أولياء بولاية الخرطوم Erma Febriani
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 01 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.116

Abstract

Kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan yang setiap tahunnya selalu berkembang, khususnya pada kurikulum bahasa Arab, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang implementasi kurikulum bahasa Arab di Jabal Auliya', Khartoum, Sudan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum bahasa Arab di Jabal Auliya', Khartoum, Sudan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis, dengan populasi 23 guru bahasa Arab sekolah dasar di Jabal Auliya'. Instrumen yang digunakan yaitu angket, peneliti mengumpulkan data menggunakan angket kemudian mengklasifikasi dan menganalisis data dengan menggunakan pengolahan statistic. Peneliti menyimpulkan bahwa implementasi kurikulum bahasa Arab di Jabal Auliya' sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. Tujuan yang terdapat dalam buku bahasa Arab sudah jelas, konten dan soal evaluasi yang ada di buku sudah sesuai kemampuan siswa, guru menggunakan metode yang variatif dalam pengajaran bahasa Arab, namun tidak menggunakan media pembelajaran yang variatif, yang menyebabkan pembelajaran belum berjalan maksimal, karena kelancaran aplikasi model pembelajaran tidak hanya bergantung pada metode yang digunakan, namun ditentukan juga oleh media pembelajaran yang digunakan.
Dirâsah At-Tafkîr Al-Lughawi, At-Tarkîbi Lin-Nuchât Al-‘Arab Ahmad Helwani Syafi’i
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 01 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.114

Abstract

Tulisan ini membahas masalah kalâm, kalimah, tarkîb, dan jumlah menurut tata bahasa Arab, diawali dengan pengertian jumlah, perbedaan pendapat para ulama dan ahli tata bahasa Arab, dan bagaimana korelasi antara kalâm dan jumlah. Tulisan ini juga memuat bagian-bagian jumlah dalam bahasa Arab dan menggambarkan tentang bagaimana pandangan ulama terdahulu mengenai susunan dalam kaidah tata bahasa Arab disertai dengan syâhid berupa ayat-ayat Al-Quran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5