cover
Contact Name
Andhy Surya Hapsara
Contact Email
jurnalideguru@gmail.com
Phone
+628984400401
Journal Mail Official
jurnalideguru@gmail.com
Editorial Address
SMA Negeri 7 Yogyakarta, Jl. M.T. Haryono 47 Yogyakarta 55141
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
ISSN : 25275712     EISSN : 27222195     DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru
Core Subject : Education,
"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), Indonesia. The mission of Ideguru is becoming a media for actualization and dissemination of scientific works for teachers in the region of DIY in particular and Indonesia in general.
Articles 340 Documents
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 1 DLINGO Sumiyono Sumiyono
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.328 KB)

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan prestasi belajar Ekonomi SMA Negeri 1 Dlingo. Tindakan dilakukan dengan pembelajaran melalui pendekatan kognitif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS sebanyak 31 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil pengamatan sebelum dilakukan tindakan menunjukkan: Rerata capaian nilai 31 siswa ada : 77, 87 masih di bawah ketentuan KKM sebesar 78. Ketuntasan klasikal sebesar 80,65 % atau sebanyak 25 siswa dari 31 siswa. Dilihat secara individual masih terdapat sebanyak 19,35 % atau 6 siswa yang belum mencapai KKM. Sehingga harus mengikuti remedial. Penelitian dimulai dari penyusunan perencanaan, sosialisasi dan implementasi dalam bentuk tindakan kegiatan belajar mengajar melalui pendekatan kognitif. Hasil tindakan direfleksikan antara peneliti dan kolaborator untuk dilakukan evaluasi dan menyusun perencanaan tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sampai hasil refleksi dan evaluasi mencapai hipotesis penelitian kelas terpenuhi. Hipotesis tindakan penelitian : “Perstasi belajar ekonomi akuntansi siswa dapat ditingkatkan melalui proses belajar mengajar dengan pendekatan kognitif“ Secara kuantitatif peneliti mengajukan hipotesis tindakan : Rerata prestasi belajar siswa : 83,00, Ketuntasan klasikal : 96,77, Siswa belum mencapai KKM turun menjadi 1 orang. Setelah dilakukan tindakan siklus II diperoleh rerata nilai seluruh siswa : 85,32. Ketuntasan klasikal : 96,77 dan siswa belum mencapai KKM ada 1 orang. Maka hipotesis tindakan kedua dan hipotesis penelitian telah dapat dicapai.
MEMBANGUN KARAKTER BANGSA INDONESIA BERDASARKAN NILAI-NILAI PANCASILA DAN KEARIFAN LOKAL Muhammad Zainudin
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.754 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan karakter bangsa Indonesia baik yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai kearifan lokal. Tulisan ini merupakan diskripsi tentang karakter yang seharusnya dimiliki oleh bangsa Indonesia yang perlu ditanamankan dalam dunia pendidikan bagi generasi penerus agar tidak melupakan sejarah yang berkaitan dengan “Nation and Character Building”. Penulisan ini menggunakan teknik dengan tealaah pustaka dari berbagai macam sumber. Hasil tulisan ini menyimpulkan bahwa karakter dimiliki dan dilaksanakan oleh warga Negara Indonesia yang diinginkan meliputi : : (1) Religius, (2) Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja keras, (6) Kreatif, (7) Mandiri, (8) Demokratis, (9) Rasa Ingin Tahu, (10) Semangat Kebangsaan, (11) Cinta Tanah Air, (12) Menghargai Prestasi, (13) Bersahabat/Komunikatif, (14) Cinta Damai, (15) Gemar Membaca, (16) Peduli Lingkungan, (17) Peduli Sosial, & (18) Tanggung Jawab. Selain itu karakter yang berkaitan dengan kearifan lokal meliputi : Budaya Jawa yang selalu menghormati tata karma, menghormati orang tua dan mencintai sesama serta menyayangi kepada yang lebih muda. Ada falsafah budaya yang luhur antara lain : sopo gawe nganggo, gemi setiti, ngati-ngati, “Ajining Dhiri Gumantung Ana Ing Lathi”, artinya harga dari diri kita tergantung dari ucapan kita, selalu menghormati orang lain, yakni sesuai dengan sesanti “Ngluruk tanpa bala menang tanpa ngasorake”, artinya berhasil tanpa harus membuat orang lain menderita, Nilai aja dumeh, artinya jangan sampai sombong, dan perlu bersikap rendah hati. Penanaman karakter dapat dilakukan dengan cara : 1) pembiasaan; 2) keteladanan; 3) membuat slogan atau yel-yel tentang hal-hal yang baik; 4) Jangan mendidik karakter hanya dengan kata-kata saja; dan 5) Jadilah telinga dan mata untuk apa yang sedang mereka serap.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SD JETIS Surtiyani Surtiyani
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.873 KB)

Abstract

Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini dilaksanakan pada bulan September 2013 di SD Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dengan judul Implementasu Pembelajaran Tematik Tema Kegemaranku Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SD Jetis. Obyek penelitian adalah kegiatan pembelajaran siswa kelas I SD Jetis, pada semester gasal tahun pelajaran : 2013-2014. Hasil pengamatan keadaan sebelum dilakukan penelitian perbaikan pembelajaran, menunjukkan bahwa proses pembelajaran menunjukkan motivasi dan prestasi belajar siswa masih rendah. Berdasar keadaan di atas diperlukan upaya peningkatan motivasi siswa agar prestasi belajarnya menjadi lebih baik. Penelitian dimulai dari penyusunan perencanaan, sosialisasi, dan implementasi dalam pembelajaran. Hasil tindakan perbaikan direfleksikan bersama kolaborator untuk dilakukan evaluasi dan menyusun perencanaan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Kegiatan ini dilakukan sampai dua siklus dimana hasil refleksi dan evaluasi telah mencapai hipotesis terpenuhi. Hipotesis tindakan penelitian perbaikan pembelajaran ditetapkan : Implementasi pembelajaran tematik dengan tema kegemaranku sebagai upaya peningkatan motivasi dan prestasi belar siswa dapat menjadi baik. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada siklus II ternyata telah terbukti tindakan perbaikan yang diupayakan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas I SD Jetis.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION SMP 3 IMOGIRI Alfi Syukriyati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.698 KB)

Abstract

Some existing problems in social studies are students' lack of interest, overloaded learning materials, and low student learning outcomes. The most urgent problem to be solved in social studies learning is the low student learning outcomes. This study aims to improve the learning outcomes in social studies, through Group Investigation method. It was conducted in class IX A Junior High School 3 Imogiri totaling 23 students. This study is a Class Action Research conducted in three cycles. It focuses on the improvement of the student learning outcomes in every cycle. The Step in this research include planning, action, reflection / evaluation and follow up. The data where gathered from competency fest result compared to the set minimum standard or the mimimum mastery criterion, and the scores of students work. The results of this study was an increase in student learning outcomes. It achieved the minimum mastery criterion, of the competency test, amounting to 34.78% in cycle 1, 63.64% in cycle 2, and 78.26% in cycle 3. The level of students activity reached 52.17% in cycle 1, 86.36% in cycle 2, and 91.30% in cycle 3. The average score of the results of the student worksheets were 76.66 in cycle 1, 86.36 in cycle 2 and cycle 3 91.66.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI TUGAS MENONTON TAYANGAN “ETHNIC RUNAWAY” SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL Andhy Surya Hapsara
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 1 (2016): Edisi Mei 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.44 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat kelas X IPS Semester I SMA Negeri 1 Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan metode tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dapat diterapkan pada pembelajaran sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat. Metode ini akan menuntut pemahaman siswa untuk menganalisa suku-suku di Indonesia yang ditayangkan oleh “Ethnic Runaway”. Suku-suku yang ditayangkan tersebut memberikan gambaran pada siswa bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat multidimensi identitas dan heterogenitas sosial, sehingga sangat menarik untuk dikaji. Proses pembelajaran dengan metode tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan tingkah laku dalam belajar sosiologi, dengan menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pada siklus I = 77,30 menjadi 81,09 pada siklus kedua. Dengan demikian metode tugas menonton tayangan “Ethnic Runaway” dapat meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kompetensi Ragam gejala sosial dalam masyarakat.
PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SMA NEGERI 1 SEWON Marharjono Marharjono
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 2 (2016): Edisi November 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.715 KB)

Abstract

This research is intended to improve 1) the students’ learning discipline through a Type of Cooperative Teaching and Learning Method Namely Teams Games Tournament (TGT) 2) the students’ learning achievement through a Type of Cooperative Teaching and Learning Method Namely Teams Games Tournament (TGT). This study is an action research which used two cycles. The subject or the study was XI IPS 2 Student of SMA Negeri 1 Sewon on the academic years of 2015/2016. The data were collected by usingthe techniques of observation, questionnaire, and test of history lesson. The data analyzing technique used in this research was descriptive comparative technique. The result of the study shows that the application of Teams Games Tournament method is able to increase: 1) the students’ learning discipline, categorized good and very good, at the pre-cycle there were 14 students (53.8%), at the cycle 1 increasing from 15 students (57.7%) to be 20 students (76.9%) at the first and second meetings, and at the cycle 2 increasing from 23 students (88.5%) to be 25 students (96.2%) at first and second meetings, 2) the achievement in learning history, increasing from the means 74.38 and passing index 65.38% at the pre-cycle to be the means 76.46 and the passing index 73.08% at the cycle 1, and at the cycle 2 the means increased to be 84.35 and the passing index increased to be 88.46%. Therefore, the application of cooperative learning method Teams Games Tournament (TGT) is able to improve the learning discipline and history learningachievement of XI IPS 2 Student of SMA Negeri 1 Sewon on the academic years of 2015/2016.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MUATAN IPS MELALUI DOLANAN ANAK CUBLAK-CUBLAK SUWENG SISWA KELAS VI SD JETIS Sri Wiji Lestari
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 2 (2016): Edisi November 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.992 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada muatan IPS dengan materi Masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai awal reformasi Kelas VIA SD Jetis tahun pelajaran 2016/2017 melalui Dolanan Anak “Cublak-cublak Suweng”. ”Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, dan menganalisis dan melaksanakan refleksi. Hasil dari setiap siklus setelah direfleksikan bersama kolaborator digunakan untuk perencanaan disiklus berikutnya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar paling baik terjadi pada siklus III dengan ditandai prestasi siswa pada siklus I nilai rata-rata 55,47 dengan tingkat ketuntasan sebesar 26%, selanjutnya pada siklus II dengan berdasarkan hasil refleksi dan melaksanakan tindakan nilai rata-rata 69,70 dengan tingkat ketuntasan 51%, dan pada siklus III dengan berdasarkan hasil refleksi pada siklus II mencapai nilai rata-rata 79,61 dengan tingkat ketuntasan sebesar 79% . Berdasarkan data tersebut berarti harapan peneliti tercapai dengan melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan Dolanan Anak “Cublak-cublak Suweng” dapat meningkatkan prestasi belajar untuk muatan IPS siswa kelas VIA SD Jetis tahun pelajaran 2016/2017.
PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MENGGUNAKAN TEKNIK PENCATATAN MIND MAP BAGI SISWA KELAS VI B SD 1 BANTUL Umi Fatonah
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 2 (2016): Edisi November 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.825 KB)

Abstract

The purpose of the research was to practice the mind map writing technique in order to improve the students’ score of the six grade students of Bantul 1 Elementary School. The research involved 23 students of VB class of Bantul 1 Elementary School at the second semester in the academic year of 2014/2015. The actions of the research were done in two cycles, and each cycle consists of three stages, these were planning, implementation, observation, and reflection. The result of the research showed that the implementation of mind map writing effective and efficient to improve the score of VI class students of Bantul 1 Elementary School. The implementation of mind map writing showed; (1) students were interested to write based on their creativity in letter or picture, (2) students were able to communicate well the result of teaching and learning process, (3) students could memorize what they had learned easily.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI Surtiyani Surtiyani
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 2 (2016): Edisi November 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.012 KB)

Abstract

Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini bertujuaan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media tiga dimensi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas V B SD Jetis. Penelitian Perbaikan Pembelajaran ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Jetis, Sumberagung, Jetis, Bantul, yang berjumlah 32 siswa. Tehnik pengumpulan data keaktifan belajar dilakukan dengan metode observasi, dengan menggunakan perbandingan artinya peristiwa yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase itu akan dideskripsikan ke arah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar siswa. Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut adalah sebelum siklus dan sesudah siklus. Ternyata nilai yang diperoleh siswa sebelum siklus mencapai mencapai 62, dan silkus I mencapai 74, serta siklus II mencapai 89. Dengan begitu maka pembelajaran IPA yang disampaikan dengan menggunakan media tiga dimensi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V B SD Jetis.
PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED LEARNING (TAL) DI SMAN 1 PLERET BANTUL Retnani Sulistyowati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 1 No 2 (2016): Edisi November 2016
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1745.315 KB)

Abstract

The objectives of this study to improve partisipation and learning results of sociology throught applying cooperative learning type Team Accelerated Learning (TAL) at Senior High School 1, Pleret, Bantul, Yogyakarta. This Classroom Action Research has carried out on odd semester 2016/2017, on August until Septembre 2016, at SHS state 1 Pleret, Bantul. Data collection using observation instrument, student respond has measured by a questionnaire survey and interview, to measure learning result using pretest and posttest examination. Data analyzed using descriptive qualitatif to description the teaching learning of sociology using strategy cooperative type Team Accelerated Learning (TAL). The data show that: (1) TAL has effect to better teaching-learning process; (2) students’ learning in the classroom are assured and how they are cared by cooperative learning; (3) improved participation; (4) a dramatic change in student perception and eventually in attitude and perform. In conclusion: The strategy cooperative learning type Team Accelerated Learning (TAL), proved that TAL improving sociological science student’s competencies of Senior High School state 1 Pleret, Bantul, Yogyakarta, and also an effective to improve learning result of sociology.

Page 1 of 34 | Total Record : 340