cover
Contact Name
Buyung
Contact Email
21.buyung@gmail.com
Phone
+6285347441263
Journal Mail Official
jerr@journal.stkipsingkawang.ac.id
Editorial Address
STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Journal of Educational Review and Research
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 25979752     EISSN : 25979760     DOI : http://dx.doi.org/10.26737/jerr
Core Subject : Education,
Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018" : 10 Documents clear
Tingkat Efikasi Diri Siswa Ditinjau dari Program Studi Keahlian dan Jenis Kelamin pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta Kamaruddin Kamaruddin
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1523

Abstract

Tingkat Efikasi Diri Siswa Ditinjau Dari Program Studi Keahlian dan Jenis Kelamin Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa secara keseluruhan. Aspek efikasi diri serta ditinjau dari program studi keahlian dan jenis kelamin pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) lebih tinggi dari program studi keahlian Multimedia. Tingkat efikasi diri siswa ditinjau dari jenis kelamin laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan.
Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition (Air) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa PadaMateri Limas Kelas VIII Christi Jayanti D.A.P; Rosmaiyadi Rosmaiyadi; Mariyam Mariyam
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1677

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswapada pembelajaran modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahuibesar pengaruh model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3)Untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas; (4) Untuk mengidentifikasi motivasi siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.Jenis penelitian ini adalah  Quasi Eksperimentdengan bentuk Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan  adalah tes kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa,lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar angket motivasi siswa.Hasilpenelitian: (1) Terdapat perbedaankemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional;  (2) model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3) keterlaksanaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetitionberbantuan alat peraga pada materi limas dapat tercapai dengan baik; (4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi ketika diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele di kelas VIII Mts Al-Fatah Singkawang Nurul Hayati; Rika Wahyuni; Nurhayati Nurhayati
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1668

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan koneksi  matematis siswa pada materi kubus dan balok. (2) Mengetahui kesalahan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi kubus dan balok. (3) Mengetahui faktor penyebab kesalahan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitan ini adalah penelitian deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Al-Fatah Singkawang, dan objeknya adalah kemampuan koneksi matematis siswa pada kubus dan balok. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: untuk indikator 1  yaitu mengenali dan memanfaatkan hubungan-hubungan antar gagasan matematika rata-ratanya adalah 66,67% dengan kategori sedang; untuk indikator 2 yaitu memahami bagaimana gagasan-gagasan dalam matematika saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren rata-ratanya adalah 26,11% dengan kategori rendah; untuk indikator 3 yaitu mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks-konteks diluar matematika atau masalah kehidupan sehari-hari rata-ratanya adalah 0,36,% dengan kategori rendah. Bentuk kesalahan-kesalahan koneksi matematis siswa antara lain; (1) tidak mampu memahami masalah. (2) salah memaknai soal. (3) kesalahan konsep dan salah menentukan rumus. (4) kesalahan prosedur, (5) kesalahan dalam mengubah bahasa sehari-hari ke dalam bentuk matematika. (6) kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita kubus dan balok. Factor-faktor yang mempengaruhi siswa antara lain; (1) kurangnya dalam memahami masalah dan kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan proses pengukuran dan penentuan suatu konsep, (2) kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide yang ia miliki untuk menyelesaikan soal yang diberikan dan  siswa kurang teliti melihat hubungan-hubungan apa dari data yang ada, (3) kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah soal dalam bahasa sehari-hari kedalam bentuk matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele masih berada pada kategori rendah. Jadi dari hasil penelitian didapat bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi berdasarkan tingkat berpikir level 2 berada di kategori sedang sedangkan kemampuan koneksi dengan tingkat berpikir level 1 dan level 0 berada pada kategori rendah
MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA Muhammad Agus Aprianto; Rosmaiyadi Rosmaiyadi; Nindy Citroresmi Prihatiningtyas
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, dan motivasi belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil pengaruh model PBL dengan pendekatan Saintifik  menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik; dengan rata-rata hasil posttest kelas ekperimen yaitu 81,34 2) Model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan; dengan hasil uji effect size sebesar 3,5  3) Motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan diterapkannya model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dengan rata-rata keseluruhan siswa adalah 4,16.
ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR Tandri Aisah; Emi Sulistri
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1674

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru SD dalam menanamkan kemampuan litasi sains siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survey. Teknik analisis yang digunakan adalah studi literatur. Hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru  dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sangat berkaitan. Namun kebanyakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih terfokus menggunakan buku. Sehingga membuat kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar guru perlu memperhatikan strategi yang akan digunakan dalam menanamkan kemampuan literasi sains.
Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan Alex Tomas; Andika Kusuma Wijaya; mariyam mariyam
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1680

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Reciprocal Teaching yang mencakup tiga rumusan masalah yaitu tentang peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Torsina Singkawang, dengan bentuk penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) rata-rata posttest sebesar 78,65 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest yaitu 53,39 dan terjadi peningkatan dengan N-gain sebesar 0,54 dengan kriteria sedang; 2) Berdasarkan hitungan persentase pada lembar pengamatan aktivitas selama proses pembelajaran diperoleh rata-rata sikap aktif sebesar 90,05%, sedangkan rata-rata sikap pasif sebesar 9,95%. Hal ini menunjukan bahwa nilai rata-rata rata-rata sikap aktif lebih besar dibanding dengan nilai rata-rata sifat pasif. Nilai rata-rata persentase sikap aktif berada pada kriteria Sangat Baik yang berarti aktivitas siswa tergolong aktif; 3) Hasil analisis terhadap respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 80,38%, berada pada kriteria Baik. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching pada materi Kesebangunan kelas IX SMP Torsina Singkawang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, kemudian siswa tergolong aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching dan respon siswa terhadap penerapan model Reciprocal Teaching Positif.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self Confidence Santi Purnama; Mertika Mertika
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1619

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan agar siswa lebih mengembangkan kemempuan pemecahan masalah. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari Self Confidence. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa kepercayaan diri seseorang sangat berpengaruh dalam kemampuan pemecahan masalah, ditarik kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi sangat membantu dalam penyelesaian tugas pemecahan masalah.
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR Yummi Ariston; Frahasini Frahasini
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1675

Abstract

Penggunaan gadget dapat berdampak bagi perkembangan sosial anak. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, menunjukan bahwa sebagian besar anak menggunakan gadget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk media pembelajaran bagi anak. Dalam hal ini sangat diperlukan pengawasan oleh orang tua untuk memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif dari dampak penggunaan gadget pada anak serta guru sebagai dan sudah seharusnya anak lebih baik diarahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas dilingkungan agar mudah untuk bersosialisasi. 
Studi Pustaka: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Safitri Safitri; Nurhayati Nurhayati
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1624

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya faktor keluarga khususnya perhatian orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah studi pustaka. Studi pustaka yang dilakukan adalah studi pustaka terhadap jurnal, artikel, skripsi ataupun tesis hasil penelitian. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh sangat kuat terhadap prestasi belajar siswa dari sisi psikologis anak
Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang Niko Niko; Rika Wahyuni; Nurhayati Nurhayati
Journal of Educational Review and Research Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Number 2 December 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1676

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan multi representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi teorema Phytagoras di kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan multi representasi matematis dan motivasi belajar siswa pada materi teorema Phytagoras. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk uraian sesuai dengan indikator kemampuan multi representasi matematis, angket motivasi belajar dan wawancara yang telah diujikan dengan validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa tergolong sedang sehingga kemampuan multi representasi matematis mereka juga sedang. Sedangkan secara khusus menunjukkan bahwa: 1) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar tinggi berada pada kategori tinggi dengan indikator multi representasi dominan adalah visual; 2) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar sedang berada pada kategori rendah dengan indikator multi representasi dominan adalah visual; 3) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar rendah berada pada kategori rendah dengan indikator multi representasi dominan adalah visual.

Page 1 of 1 | Total Record : 10