cover
Contact Name
Ria Inriyana
Contact Email
binasehatmasyarakat@gmail.com
Phone
+6285722061261
Journal Mail Official
binasehatmasyarakat@gmail.com
Editorial Address
Jalan Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bina Sehat Masyarakat
ISSN : 27765776     EISSN : 27765768     DOI : https://doi.org/10.17509/bsn.v1i1.33740
Core Subject : Health, Science,
Jurnal Pengabdian Masyarakat “Bina Sehat Masyarakat” adalah jurnal yang berisi hasil pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang keperawatan. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dipublikasikan berupa implementasi hasil penelitian, penerapan teknologi tepat guna, pelatihan, penyuluhan, dan pengembangan.
Articles 5 Documents
Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Reumatik di Salah Satu Desa di Kecamatan Ujung Jaya Diding Kelana Setiadi; Iis Aisyah
Bina Sehat Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Bina Sehat Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/bsn.v1i1.33740

Abstract

Reumatik adalah penyakit yang menyerang sendi dan struktur atau jaringan penunjang sekitar sendi. Penyakit rematik yang sering ditemukan adalah osteoarthritis akibat degenerasi atau proses penuaan, artritis rematoid penyakit autoimun dan gout karena asam urat tinggi (Junaidi, 2010). Pada lansia penyakit ini sering terjadi sehingga terkadang menyebabkan gangguan kualitas hidup pada lansi. Penyakit Reumatik dapat dicegah dan juga diberikan penanganan kesehatan. Dengan penyuluhan ini diharapkan pengetahuan lansia dan keluarganya dapat meningkat mengenai reumatik ini.metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah kaji tindak (action Research). Hasil dari penyuluhan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan lansia mengenai ap aitu reumatik, pencegahannya dan penanganannya.
Pendidikan Kesehatan pada Guru Tentang Pertolongan Pertama dalam Penanganan Cedera pada Anak Usia Pra-Sekolah Depi Lukita; Putri Puspitasari; Wahyuni Puspa Asrie
Bina Sehat Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Bina Sehat Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/bsn.v1i1.33741

Abstract

Pertolongan pertama pada cedera yang dialami oleh anak usia sekolah penting dilakukan untuk mencegah resiko bahaya akibat cedera.Pemberian pengetahuan pada guru Taman Kanak-kanak bertujuan untuk membantu dalam pencegahan dari resiko bahaya cedera. Metode yang digunakan dalan pengabdian pada masyarakat ini adalah penyuluhan langsung secara tatap muka dengan menerapkan protocol kesehatan dan penyuluhan tidak langsung menggunakan leaflet yang dibagikan kepada guru. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat menujukan setelah diberikan penyuluhan mengenai pertolongan pertama pada cedera yang mungkin di alami oleh siswa pengetahuan guru mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan ketika diberikan kasus, guru mampu menjelaskan Tindakan apa yang akan dilakukan.
Pembinaan Kader dalam Upaya Peningkatan Kesiapan Kader Menghadapi Bencana Banjir pada Salah Satu Kelurahan di Kecamatan Baleendah. Putri Puspitasari; Depi Lukita; Rismayanti Rismayanti
Bina Sehat Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Bina Sehat Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/bsn.v1i1.33742

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana yang paling signifikan di dunia. Dampak banjir terasa saat banjir dan juga setelah banjir terjadi. Dibidang kesehatan dampak setelah banjir adalah timbunya penyakit seperti muntaber, kolera, demam berdarah dan disentri.Pengetahuan akan kesiapsiagaan diberikan untuk membantu masyarakat agar lebih siap dalam menghadapi banjir dan dampak setelah banjir. Metode yang digunakan dalan pengabdian pada masyarakat ini adalah penyuluhan secara tatap maya atau online dan juga menggunakan group whatsapp. Leaflet dibagikan sebagai informasi tambahan yang dapat dibaca oleh peserta. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat menujukan setelah diberikan penyuluhan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir pengetahuan 30 peserta yang mengikuti pelatihan mengalami peninkatan dengan rata-rata nilai 81,6. Hal ini menujukan bahwa penyuluhan kesiapsiagaan bencana banjir berhasil.
Pembinaan Kader Kesehatan dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Lansia di Era Pandemi Covid Oktarian Pratama
Bina Sehat Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Bina Sehat Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/bsn.v1i1.33743

Abstract

Covid-19 akan mengalami demam tinggi, batuk, flu, sesak nafas serta nyeri tenggorokan hingga kematian. Lansia merupakan populasi yang rentan mengalami infeksi Covid-19. Hal ini dikarenakan lansia mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh akibat penuaan, oleh karena itu lansia dan keluarga harus melakukan pencegahan agar tidak tertular Covid-19. Metode yang dilaksanakan adalah ceramahumum dan diskusi antara pemberi materi dengan pasien dan keluarganya. Media yang digunakan berupa media elektronik yaitu slide, film strip dan juga menggunakan group whatsapp. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat bertujuan agar lansia dan keluarga lebih siap dalam menghadapi Covid-19 dan dapat menerapkan protocol kesehatan. Peningkatan pengetahuan lansia dan keluarga pada penyuluhan ini mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata setelah penyuluhan 81. Nilai rata-rata ini menujukan bahwa penyuluhan berhasil.
Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Thalasemia Iis Aisyah; Diding Kelana Setiadi
Bina Sehat Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Bina Sehat Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/bsn.v1i1.33744

Abstract

Thalasemia adalah suatu gangguan darah yang diturunkan ditandai oleh defisiensi produk rantai globin pada haemoglobin (Suriadi, 2012). Jawa Barat memiliki jumlah penderita thalassemia terbanyak di Indonesia dengan jumlah 1.751 orang atau 35% dari jumlah penderita thalassemia di Indonesia. Keberhasilan penanganan thalasemia terletak pada keberhasilan mengatasi dampak anemia. Dengan melakukan tranfusi darah secara rutin maka dampak dari thalassemia dapat diperlambat. Penyuluhan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai thalassemia dan juga meningkatkan ketersediaan darah di PMI Kabupaten Sumedang dengan melakukan donor darah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021