cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Aerospace Engineering
ISSN : -     EISSN : 30472342     DOI : https://doi.org/10.47134/aero
Aerospace Engineering encompasses a broad range of aspects related to aerospace engineering, including but not limited to aircraft design and construction, space technology, aircraft dynamics and control, propulsion technology, avionics systems, remote sensing technology, and space robotics development. The journal welcomes contributions based on experimental research, numerical simulations, case studies, and technical articles that delve into the practical applications and implementations of the latest aerospace technology.
Articles 6 Documents
Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Identifikasi Morfometri di DAS Ciliwung Alvian Aji Purboyo; Alvien Hanif Ramadan; Efri Triana Arifin; Iqbal Eko Noviandi; Muhammad Arizqi
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2322

Abstract

Pengembangan teknologi penginderaan jauh telah menjadi bagian integral dalam pemetaan dan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS). Salah satu aplikasi pemanfaatan penginderaan jauh adalah dalam analisis morfometri DAS, yang menyediakan informasi kuantitatif tentang karakteristik geomorfologi. Tujuan penelitian ini 1) Mengidentifikasi karakteristik morfometri DAS Ciliwung menggunakan data penginderaan jauh dan SIG, dan 2) Membuat peta DAS Ciliwung. Metode yang digunakan berupa teknik penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Adapun data yang digunakan berupa digital elevation model indonesia (DEMNAS) yang diperoleh dari situs Badan Informasi Geospasial (BIG). Kemudian peran dari SIG berupa pengolahan data, penyajian data berupa peta dan visualisasi 3 dimensi dari DAS Ciliwung. Aplikasi SIG yang digunakan berupa Arcmap 10.4.Hasil dari penelitian ini didapatkan luas DAS Ciliwung 387.827 km2, panjang sungai induk 141.256 km2. gradien 0.03%, tingkat kerapatan sungai 0.26, tingkat percabangan sungai 4.2 dan memiliki bentuk DAS memanjang. Penyajian data spasial dilakukan dengan membuat peta dan 3D modelling DAS Ciliwung. Oleh karena itu, dengan teridentifikasinya morfometri DAS Ciliwung diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi fisik untuk melakukan perencanaan pengelolaan DAS terpadu.    
Analisis Persepsi dan Pemahaman Penggunaan Check-in Online pada Penumpang Maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2328

Abstract

Bandar Udara Tjilik Riwut ialah satu–satunya Bandar Udara yang terletak di Kota Palangka Raya. Saat ini, beberapa maskapai penerbangan telah memperkenalkan Check-in online, seperti pada maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Dengan adanya sistem Check-in online ini, diharapkan dapat mempermudah calon penumpang untuk melakukan Check-in online di mana saja dan kapan saja melalui ponsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman penumpang terhadap Check-in online pada website maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan dengan uji reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Agar hasil penelitian ini dapat dipercaya diperlukan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa persepsi tiap penumpang terhadap layanan Check-in online ini sangat bervariasi, tergantung dari pengalaman pribadi tiap penumpang. Kebanyakan penumpang sudah merasa puas dengan pengalaman nya menggunakan layanan Check-in Online, karena bagi penumpang adanya layanan check-in online ini sangat membantu, menghemat waktu, dan juga mempermudah dari sisi penumpang. Penggunaan website pada check-in online juga praktis, tidak ribet, dan fitur di dalam pun sudah lengkap. Untuk pemahaman seorang penumpang yang menggunakan layanan check-in online ini belum bisa dikatakan paham, karena masih banyak penumpang yang hanya tahu menggunakan layanan ini saja.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Dina Ayu Lestari; You She Melly Anne Dharasta
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2331

Abstract

Transportasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern karena membantu orang menghubungkan satu tempat ke tempat lain dan memainkan peran penting dalam kemajuan sebuah negara. Kemajuan dalam transportasi berkorelasi langsung dengan kemajuan sebuah negara, karena bertambah canggihnya transportasi sebuah negara, bertambah maju negara tersebut. Penelitian bertujuan guna mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi pada kepuasan pengguna jasa transportasi dalam studi kasus yang melibatkan pengguna Jasa Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, dan sumber data penelitian yakni sampel pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta berjumlah 99,99 yang ditetapkan menjadi 100 sampel. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner pada seratus responden dan data penelitian mempergunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan Lokasi tidak mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta.
Analisis Penggunaan Common Use Check-In System (CUCS) pada Check-In Counter di Jam Sibuk Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Aprilia Sintya Dewi; Septiyani Putri Astutik
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2335

Abstract

Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon merupakan salah satu bandar udara Angkasa Pura I yang telah menerapkan Common Use Check-in System pada Check-in Counter-nya sejak Tahun 2016. Dengan menerapkan Common Use Check-in System, Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik, sehingga memberikan kesan baik terhadap pengalaman penerbangan penumpang. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan Common Use Check-in System pada Check-in Counter pada jam sibuk Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, sehingga dapat meminimalisir antrean penumpang yang melakukan check-in. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta memanfaatkan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa penggunaan Common Use Check-In System dapat mencegah terjadinya penumpukan penumpang pada check-in counter. Dengan digunakannya Common Use Check-In System dapat mempermudah dan mempersingkat proses check-in penumpang. Hanya dengan mengaplikasikan Common Use Check-In System pada check-in counter, seluruh maskapai yang telah didukung dengan penggunaan sistem ini dapat membuka meja check-in kapanpun dibutuhkan dan dapat dibuka di meja counter manapun yang tersedia. Selain Common Use Check-In System menjadi sistem yang fleksibel, sistem ini juga dapat membantu petugas dalam memberikan pelayanan maksimal, sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai service quality yang baik.
Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer (TSO) dalam melakukan Pengawasan Fasilitas di Area Ruang Tunggu Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Mochamad Nizar Shulthoni; Fauzia Fahmi Yuniarti Nasution
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i1.2336

Abstract

Demi menunjang kelancaran serta pengawasan fasilitas penunjang operasional di terminal penumpang, maka Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya memiliki unit Terminal Service Officer (TSO) yang bertugas sebagai pengawas pergerakan di area terminal dan bertugas untuk selalu memonitor fasilitas penunjang operasional di area terminal landside. Terutama fasilitas yang berada di area ruang tunggu, karena di dalam area ruang tunggu inilah penumpang paling banyak melakukan pergerakan dan paling banyak biasanya terjadi permasalahan-permasalahan terkait fasilitas yang disediakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan yang baik agar fasilitas yang disediakan bisa berfungsi dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan kendala yang dialami petugas Terminal Service Officer (TSO) dalam melakukan pengawasan terhadap fasilitas di area ruang tunggu Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kinerja yang dilakukan oleh petugas Terminal Service Officer cukup baik dalam melakukan pengawasan fasilitas area ruang tunggu yaitu memastikan fasilitas penunjang operasional yang tersedia dapat berfungsi dengan baik dan lancar. Adapun kendala yang ditemui petugas Terminal Service Officer adalah masih sering terjadinya penumpukan penumpang di area ruang tunggu yang diakibatkan adanya delay. Petugas harus segera melakukan koordinasi dengan pihak airline agar dilakukan pemindahan penumpang ke gate kosong yang tersedia. Selain itu masih sering ditemukannya fasilitas penunjang operasional yang tidak berfungsi dengan baik.
Pemodelan Spasial Genangan Banjir Akibat Kenaikan Genangan Air Laut (Rob) di Kota Padang Arjun Suanda; Dwi Marsiska Driptufany; Defwaldi Defwaldi; Fajrin Fajrin; Ilham Armi
Aerospace Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/aero.v1i2.2356

Abstract

Beberapa daerah di Indonesia saat sekarang ini banyak yang berpotensi mengalami genangan akibat kenaikan muka air laut, salah satunya adalah Kota Padang. Kota Padang merupakan pusat administrasi dan kawasan utama penggerak ekonomi di Sumatera Barat. Secara topografi Kota Padang terdiri atas daerah pantai dan dataran rendah, sehingga naiknya permukaan air laut akan mengakibatkan sebagian daerah di pesisir Kota Padang yang tingginya hampir sama dengan permukaan laut diprediksikan akan tergenang. Untuk mengetahui serta melihat dampak kenaikan muka laut yang akan terjadi dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara spasial. Penelitian ini menggunakan pendekatan spasial melalui pengolahan titik tinggi di lokasi pengamatan dan pengolahan data kedalaman laut untuk mendapatkan nilai harmonik pasang surut dari tahun 2021 sampai 2023, yang diolah menggunakan aplikasi MIKE21. Kemudian diolah untuk mendapatkan nilai rata-rata MSL (Mean Sea Level) serta nilai maksimum bulanan dan tahunan. Dalam pembuatan model genangan dilakukan perhitungan dengan menggunakan persamaan WD = Con (Con ("DEM" <= “tinggi genangan”1, 0). Hasil yang didapat pada penelitian ini luas genangan eksisting akibat dari air pasang Kecamatan padang Barat sebesar 12,229 hektar dengan tinggi genangan 0,749 meter, Kecamatan Padang Utara 831,1893 hektar dengan tinggi genangan 0,675 meter, dan Padang Selatan 831,1893 hektar dengan tinggi genangan 0,654 meter. Luas prediksi genangan pada tahun 2030 di Kecamatan Padang Barat mencapai 17,812 Ha, Kecamatan Padang Selatan 0,744 Ha, Padang Utara 18,877 Ha dan mengalami peningkatan pada tahun 2070 untuk kecamatan Padang Barat 27,515 Ha, Padang Selatan 1,368 Ha, dan Padang Utara 26,650 Ha.

Page 1 of 1 | Total Record : 6