cover
Contact Name
Asnawi
Contact Email
awie07adan@gmail.com
Phone
+6285277555130
Journal Mail Official
ijlis.editor@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Fakultas Adab dan Humaniora, Prodi Ilmu Perpustakaan, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS)
ISSN : 27472132     EISSN : 27472140     DOI : https://doi.org/10.22373
Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS) contains articles written from research and study reports on Information and Library Science. Indonesian Journal of Library and Information Science is published twice annually (June and December) by the journal editors from the Library Science Study Program Faculty of etiquette and humanities, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. This journal is focused on the study of library and information sciences. The coverage include both review articles as well as research articles in those fields. Subjects coverd in this journal include: Library management, Information Services, Media and Information literacy, Knowledge Management, Digital Library and Repositories, archives and documentation, Information Literacy, Digital Archiving, Marketing and Repackaging of Information, Preservation and Conservation, Information Security Law and Documentation and Publication.
Articles 38 Documents
Penerapan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terhadap Publikasi Skripsi pada UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Fera Maulida; Taufik Abdul Gani; Saifuddin A. Rasyid
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i1.523

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Terhadap Publikasi Skripsi di UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kebijakan dan prosedur operasional ETD di UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Untuk mengetahui tingkat keamanan publikasi skripsi di UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Untuk mengetahui penerapan Undang-undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terhadap publikasi penelitian ini untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap publikasi skripsi di ETD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket, dengan 40 orang mahasiswa yang menjadi responden, responden yang diambil yaitu mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang sudah melakukan upload file karya ilmiah di ETD dan meminta pengesahan pada surat bebas perpustakaan. Publikasi Skripsi yang dilakukan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala sudah mampu menjaga karya ilmiah mahasiswa dari tindakan plagiat dengan menerapkan sistem pengamanan berdasarkan hukum Hak Cipta, hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian yaitu UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala dalam mempublikasikan skripsi secara open access atau terbuka untuk publik memberikan batasan-batasan terhadap hak akses seperti teks hanya dapat dibaca saja, tidak dapat di copy-paste, didownload dan di print. Sebelum melakukan publikasi UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala menyediakan surat persetujuan publikasi dan embargo yang ditanda tangan oleh mahasiswa yang bersangkutan, dosen pembimbing dan ketua prodi, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gugatan dari penulis karya ilmiah. UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala tetap mencantumkan identitas penulis skripsi dalam mempublikasikan skripsi mereka, karena identitas penulis adalah hal yang sangat penting.
Islam dan Pendokumentasian Digital: Pengalaman dari ATMA UKM Kuala Lumpur Supyan Hussin
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i1.524

Abstract

Islam adalah ad-din yang menjadi pelengkap kepada agama samawi dan Nabi Muhammad s.a.w. adalah Nabi penutup akhir zaman. Allah Yang Maha Mengetahui mengizinkan penciptaan teknologi dari yang paling dhaif kepada paling canggih bagi menyebarkan risalah Islam kepada seluruh manusia selepas kewafatan Nabi Muhammad s.aw. Maklumat dan ilmu adalah dua perkara terus menular secara global melalui teknologi cetak, elektronik, analog dan kini digital. ATMA UKM tidak ketinggalan dalam memanfaatkan semua teknologi ini di Alam Melayu, yang terletak dalam kawasan maritim Asia Tenggara, kaya dengan maklumat dan ilmu kearifan tempatan, tetapi masih belum didokumentasikan seluasnya. Dalam era Revolusi Industri Keempat (4iR), data raya (big data) dan internet of things (IOT) adalah dua daripada sembilan komponen utama yang perlu ada dalam mana-mana masyarakat maju. ATMA UKM telah membina dan mengemaskini data raya warisan Alam Melayu di portal malaycivilization.com.my. Data raya ini mempunyai himpunan data yang memenuhi 4 Vs: Volume (jumlah kepadatan dan skala data), velocity (akses dan kelajuan), variety (kepelbagaian format data dan struktur), veracity (kesahihah data), dan 4Vs ini menjadi teras kepada pembangunan data raya. Portal ini menawarkan 13 pangkalan data khusus mengenai beberapa aspek utama di Alam Melayu yang dapat diakses oleh para penyelidik, sarjana, dan orang awam sebagai pengguna. Bersifat sebagai perpustakaan digital yang menyediakan bahan dalam bentuk teks, video, dan audio, data raya warisan ini semakin mendapat perhatian dari pelbagai pihak untuk tujuan ilmiah dan bukan ilmiah. Kertas ini membicarakan pengalaman ATMA UKM dalam projek pendokumentasian digital sebagai satu tuntutan fardhu kifayah.
Modernisasi Pendidikan Pintar dalam Islam Bagi Generasi Z Memacu ke Arah Revolusi Industri 4.0 Roslinda Murad; Rizal Yusof; Supyan Hussin
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i1.525

Abstract

Pendidikan menurut Islam mempunyai kedudukan yang tinggi. Terse-barnya wahyu Ilahi yang dibawa oleh Rasullullah s.a.w. secara langsung Islam membawa satu kuasa besar terhadap ketamadunan manusia sejagat, meliputi seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi membolehkan perkembangan pembelajaran lebih efisien, efektif, fleksibel dan selesa. Modernisasi pendidikan pintar adalah pembelajaran berasaskan konteks boleh berlaku di mana-mana sahaja, yang merangkumi interaksi antara pelajar dan persekitaran. Salah satu masalah adalah teknik atau pendekatan yang diamalkan dalam persekitaran bilik kuliah umumnya telah membuatkan pelajar Gen Z berasa bosan semasa belajar. Oleh itu, adalah penting untuk memulakan kajian dengan lebih mendalam mengenai pendidikan pintar untuk menampung dan memenuhi keperluan komuniti digital. Makalah ini bertujuan membincangkan rangka kerja konseptual pendidikan pintar yang didorong oleh pelajar Gen Z yang melibatkan gaya pembelajaran yang dicadangkan dan aplikasi mudah alih sebagai projek inovasi dalam mempromosikan mengenai pengalaman pendidikan mereka. Dalam kajian ini, metodologi kuantitatif dan kualitatif akan digunakan untuk menilai balas dapatan melalui data sekunder, temubual dan soal selidik dengan pihak yang berkaitan. Tinjauan awal ini akan menjadi titik permulaan untuk institusi pengajian tinggi mula memahami idea Gen Z sambil bersiap sedia untuk perjalanan akademik mereka.
Strategi One Person Librarian (OPL) dalam Mewujudkan Perpustakaan Sebagai Mitra Riset (Study Kasus pada Perpustakaan IAIN Bengkulu) Sutriono Sutriono
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i1.527

Abstract

Penelitian ini akan mencoba untuk mendiskripsikan pentingnya mewujudkan perpustakaan perguruan tinggi sebagai mitra riset yang dilakukan oleh one person librarian. Riset adalah proses investigasi sistematis untuk produksi pengetahuan dan atau inovasi. One Person Librarian (OPL) adalah pustakawan yang melakukan tugas pengelolaan dan pelayanan perpustakaan hanya seorang diri. Dalam satu dasawarsa ini, topik universitas riset (research university) dan universitas berkelas dunia (world class university) telah menjadi isu strategis nasional, dan bahkan global. Perkembangan yang terjadi saat ini banyak institusi induk menuntut perubahan peran perpustakaan akademik menjadi perpustakaan riset. Beberapa Perpustakaan perguruan Tinggi di Indonesia upaya menjadikan perpustakaan perguruan tinggi untuk menjadi mitra riset diantaranya ada yang menfasilitasi berbagai kegiatan pembelajaran & riset di perguruan tinggi dan ada juga yang melakukan kerjasama dengan dosen melakukan riset
Lightening The Learning Climate Sebagai Upaya Mewujudkan Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Zoom Zubaidah Zubaidah; Rahmad Syah Putra; Fithriani Gade
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i1.528

Abstract

ARTIKEL ARAH DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENGEMBANGAN LITERASI MASYARAKAT KOTA: KEBIJAKAN PEMERINTAH aminullah usman
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v2i1.1186

Abstract

Gerakan Literasi Masyarakat merupakan suatu program gerakan membangun pengetahuan yang dilakukan oleh pemerintah untuk masyarakat tanpa memandang usia, dengan harapan dapat melahirkan dan menumbuhkan simpul-simpul masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi tingkat tinggi. Artikel ini tujuan untuk mengetahui arah dan kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam Pengembangan Literasi Masyarakat Kota, dengan harapan dapat menjadi rujukan dalam pembangunan gerakan literasi daerah oleh Pemerintah lain di Indonesia. Artikel ini merupakan deskriptif kualitatif, sumber data dalam penulisan artikel diperoleh berdasarkan studi kepustakaan (library risearch) yang dikumpulkan menggunakan dengan melakukan penelusuran beberapa referensi terkait menyangkut tentang Gerakan Literasi. Adapun teknik analisis data digunakan menggunakan dalam 4 (empat) tahapan, yaitu: 1) reduksi data, pengorganisasian, penginterpretasian data dan verifikasi untuk memeriksa apakah kesimpulan yang ditarik adalah benar atau tidak dan apakah mereka telah mencapai tujuan dan target penelitian yang dilakukan, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil hasil analisis data menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh memberikan perhatian besar dalam upaya menumbuhkan semangat literasi masyarakat kota Banda Aceh, hal ini untuk mewujudkan Visi Kota Banda Aceh sebagai Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah. Pemerintah Kota Banda Aceh telah menetapkan pula Program Prioritas Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam Qanun Nomor 1 Tahun 2018 tentang Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banda Aceh Tahun 2017 s.d 2022 dengan fokus pada peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan, dengan implementasi berbagai program. Sehingga, daya saing masyarakat kota Banda Aceh dapat meningkat.
DRAF ARTIKEL HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA GURU PUSTAKAWAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI WILAYAH BARAT SELATAN ACEH, INDONESIA: LINGKUNGAN KERJA DENGAN KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA saifan irwan
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v2i1.1187

Abstract

Lingkungan kerja, kompensasi, dan kepuasan kerja memiliki kaitan erat yang tidak bisa dipisahkan dalam suatu organisasi. Ketiga poin tersebut merupakan indikator penting yang harus diperhatikan oleh seorang manajer untuk tercapainya tujuan organisasi. Penelitian ini untuk mengetahui tentang : (1) hubungan lingkungan kerja dengan kepuasan kerja; (2) hubungan kompensasi dengan kepuasan kerja; (3) hubungan lingkungan kerja dan kompensasi dengan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di seluruh Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah di lingkungan Kementerian Agama dalam wilayah Pantai Barat Selatan Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih melalui uji hipotesis dan juga untuk mengidentifikasi fenomena sosial dalam situasi nyata. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis: terdapat hubungan positif lingkungan kerja, kompensasi dengan kepuasan kerja; Dari hasil penelitian diperoleh hasil pula bahwa jika lingkungan kerja di madrasah meningkat, maka kepuasan kerja guru pustakawan juga akan meningkat. Hal yang sama juga terjadi pada kompensasi. Oleh karena itu, lingkungan kerja dan kompensasi harus ditingkatkan untuk mencapai kepuasan kerja guru pustakawan. Akhirnya, lingkungan kerja dan kompensasi secara bersamaan dapat meningkatkan kepuasan kerja. Jika mereka diterapkan, para guru pustakawan dapat mencapai kepuasan kerja yang lebih baik.
ARTIKEL PENINGKATAN LITERASI SISWA MADRASAH SECARA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) MELALUI PEMANFATAAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN: LITERASI MADRASAH SDGs, suharman suharman
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v2i1.1188

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian terpenting dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pendidikan di madrasah, terutama dalam meningkatkan literasi siswa. Peningkatan literasi siswa madrasah secara Sustainable Development Goals (SDGs) sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan daya saing siswa dengan penguasaan literasi yang kuat melalui konsep utama menjadikan perpustakaan madrasah sebagai sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini akan mengkaji tentang peningkatan literasi siswa madrasah secara Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pemanfataan sistem otomasi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapat gambaran tentang konsep dan langkah kongrit madrasah menyangkut pemanfataan perpustakaan dengan sistem otomasi dalam meningkatkan daya saing siswa. Adapun metode dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka. Kemudian, data diperoleh dan dianalisis dengan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) dalam bidang perpustakaan menjadi salah satu kewajiban pokok madrasah yang harus dipenuhi untuk penunjang utama dalam rangka untuk mencapai fokus tujuan pembangunan yang disepakati bidang pendidikan yaitu penguasaan literasi dasar untuk meningkatkan daya saing siswa. Peningkatan literasi siswa madrasah akan tercapai dengan baik melalui peningkatkan fasilitas pendidikan di madrasah, salah satunya dalam bidang perpustakaan dengan terintegrasi sistem otomasi.
ARTIKEL EFEKTIFITAS APLIKASI PRIMADOC SEBAGAI SISTEM MANAJEMEN ARSIP DIGITAL PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI: PRIMADOC tade vidyan
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v1i2.1189

Abstract

Keberhasilan pengelolaan arsip yang baik di era revolusi industri adalah hadirnya aplikasi pengelolaan manajemen arsiparis dengan sistem arsip digital. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir sebagai bentuk dari pengembangan ilmu pengetahuan baru dalam konteks kemajuan Teknologi dan Informasi (TI). Penelitian ini akan mengkaji tentang efektifitas penggunaan aplikasi primadoc sebagai salah satu aplikali dalam sistem manajemen arsip digital, dan implementasinya pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam menghadapi revolusi industri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan objek penelitian pada salah satu PTKIN di Wilayah Pantai Barat Selatan Aceh yaitu STAIN Teungku Dirundeng. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang uji coba efektifitas penggunaan aplikasi primadoc sebagai sistem manajemen arsip digital menunjukkan bahwa aplikasi PrimaDoc merupakan aplikasi manajemen arsip (Document Management System) yang sangat membantu institusi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri untuk mengelola arsip fisik dan digital, baik arsip aktif maupun inaktif. Aplikasi PrimaDoc menjadi suatu sistem yang secara menyeluruh dan terpusat dapat mengelola arsip melalui manajemen aktif, penyimpanan arsip, hingga retensi arsip. Sehingga Arsip pada perguruan tinggi benar-benar terpusat dalam suatu sistem manajemen digital, efektif dan efisien.
ARTIKEL URGENSI RELEVANSI ANTARA HASIL SELEKSI DENGAN AKUISISI KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI: SELEKSI & AKUISISI KOLEKSI PERPUSTAKAAN yusrawati yusrawati
Indonesian Journal of Library and Information Science Vol. 2 No. 1 (2021): Indonesian Journal of Library and Information Science
Publisher : Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/ijlis.v2i1.1190

Abstract

Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sarana pendukung pelaksanaan program Tri Darma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, perlu memperhatikan relevansi antara hasil seleksi dengan akuisisi koleksi. Kenyataannya, dalam proses akuisisi koleksi sering terjadi fenomena ketidakrelevansi antara hasil seleksi dengan akuisisi koleksi. Artikel ini membahasa tentang urgensi relevansi antara hasil seleksi dengan akuisisi koleksi di perpustakaan Perguruan Tinggi, dengan tujuan untuk mengetahui urgensi relevansi antara hasil seleksi dengan akuisisi koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Metode dalam akuisisi koleksi perpustakaan perguruan tinggi melakukan peninjauan seleksi kebutuhan pemustaka sesuai kriteria dengan mempertimbangkan (1) Judul disesuaikan dengan program lembaga yang ada; (2) Judul disesuaikan dengan tingkatan pemustaka; (3) Pengarang sudah sangat terkenal di bidangnya (ahli/pakar); (4) Isi buku tahan lama, berbobot dan tidak cepat berubah; (5) Penerbit cukup terkenal pada bidangnya; (6) Tahun edisi terbaru; (7) Harga buku cukup pantas. Temuannya, tidak semua hasil seleksi tersedia di pasaran dan tidak semua perpustakaan diberikan wewenang untuk melalukan akuisisi sendiri. Kondisi ini membuat ketidakrelevansian antara hasil seleksi dengan akuisisi. Kesimpulannya, jika hasil seleksi tidak relevan dengan akuisisi maka pustakawan akuisisi mengambil inisiatif untuk menggantikan judul-judul dari hasil seleksi dengan judul koleksi lain yang isinya hampir sama dengan judul koleksi yang ada di daftar hasil seleksi dan perpustakaan bernegosiasi dengan pimpinan, agar diberikan wewenang untuk melakukan akuisisi koleksi sendiri. Hal ini penting untuk mewujudkan peran perpustakaan perguruan tinggi guna memenuhi kebutuhan pemustaka, sehingga koleksi harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan pemustakanya.

Page 1 of 4 | Total Record : 38