cover
Contact Name
Abdul Aziz
Contact Email
abdulazizrbg@gmail.com
Phone
+6285225053968
Journal Mail Official
jkpm@unimus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Karya Pendidikan Matematika
ISSN : 23392444     EISSN : 25498401     DOI : https://dx.doi.org/10.26714/jkpm
Core Subject : Education,
JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in the learning process. JKPM published twice a year, every April and September.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
KEEFEKTIFAN METODE GUIDEDDISCOVERY LEARNING BERNUANSA MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Fitria, Amilia Candra; Sulistyaningsih, Dwi; Prihaswati, Martyana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode guided discovery learning bernuansa multiple intelligences terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Metode pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematis melalui tes (pre-test dan post-test), angket untuk motivasi, dan observasi untuk keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan 87% siswa yang mendapat perlakuan tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 77. Hasil uji pengaruh menunjukkan adanya pengaruh motivasi dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 72,8%. Hasil uji banding diperoleh lebih besar dari , artinya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery learning bernuansa multiple intelligences efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sedangkan hasil perhitungan indeks gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan sebesar 0,7 dengan kriteria peningkatan tinggi. Kata kunci: guided discovery learning, multiple intelligences,kemampuan pemecahan masalah.
EFEKTIVITAS RESOURCE- BASED LEARNING BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA Rasiman, -
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dominasi guru sebagai satu-satunya sumber belajar matematika bagi siswa sering dilakukan dalam pembelajaran matematika di SMA, sehingga aplikasi matematika pada bidang tertentu masih jarang tersentuh. Kondisi ini merupakan salah satu kesenjangan antara harapan bahwa matematika di SMA sebagai mata pelajaran yang mendukung mata pelajaran lain maupun berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut menuntut pembelajaran matematika di SMA dengan memanfaatkan berbagai berbagai model pembelajaran maupun media berbasis ICT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) adanya pengaruh motivasi, aktivitas dan kreativitas  siswa yang pembelajarannya menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker terhadap hasil belajar siswa SMA, (2) adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker dengan pembelajaran konvensional,  dan (3)  ketuntasan hasil belajar menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) motivasi, aktivitas dan kreativitas  siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan Resource Based Learning berbantuan Flip Book Maker berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, dengan kontribusi mencapai 74,7%, (2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource-Based Learning berbantuan Flip Book Maker lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, dari uji t dengan taraf signifikan 0,05, dan (3) pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Resource- Based Learning berbantuan Flip Book Maker mencapai ketuntasan hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 73,30 sedangkan kelas kontrol sebesar 65,83.  Kata Kunci: Efektivitas, Resource-Based Learning, Flip Book Maker
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS MAPLE MATAKULIAH KALKULUS II Purnomo, Eko Andy; Fathurohman, Akhmad; Budiharto, -
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kalkulus II atau Kalkulus Integral adalah matakuliah wajib yang harus ditempuh di prodi pendidikan matematika dan akan menjadi prasyarat matakuliah kalkulus lanjut dan matakuliah lainnya. Berdasarkan pengamatan dilapangan, pembelajaran matakuliah kalkulus II masih menggunakan metode ekspositori sehingga menyebabkan keterampilan berproses dalam pembelajaran dan motivasi mahasiswa rendah. Akibatnya kemampuan pemecahan masalah mahasiswa juga rendah, sehingga perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran Kalkulus II adalah IDEAL problem solving berbasis maple. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian adalah implementasi model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple efektif yang ditandai (a) kemampuan pemecahan masalah mahasiswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, (b) ada pengaruh keterampilan berproses dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah yang signifikan (c) kemampuan pemecahan masalah mahasiswa setelah penerapan pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple lebih baik dari kelas sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, dosen hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran IDEAL problem solving berbasis maple sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berproses, motivasi dan kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: IDEAL problem solving, Kalkulus II
DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA KEJAR PAKET B Mawarsari, Venissa Dian; Prihaswati, Martyana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi proses pembelajaran matematika yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh, tentunya tidak sekedar dilakukan oleh guru saja. Namun proses evaluasi dilakukan oleh seluruh masyarakat sekolah yang berada pada lingkungan tersebut. Diantaranya oleh : kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, tenaga kependidikan dan lingkungan sekitar sekolah. Untuk menghasilkan proses evaluasi pembelajaran matematika yang maksimal dan sesuai dengan tujuan evauasi maka perlu adanya perencanaan dan desain evaluasi proses pembelajaran matematika secara matang. Proses evaluasi pembelajaran tidak hanya pada sekolah formal namun pada sekolah nonformal dalam hal ini khusus pada kejar paket B, dimana perlu adanya evaluasi pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran matematika pada kejar paket B masih terkesan seadanya. Sehingga perlu adanya perencanaan dan desain evaluasi proses pembelajaran matematika yang menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product), dengan objek evaluasi adalah pengelola, tutor/guru matematika, dan siswa kejar paket B..Kata Kunci: Desain evaluasi pembelajaran matematika, Model CIPP.
STRES MAHASISWA SAINS DAN STRATEGI KOPING: STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA Prihaswati, Martyana; Rahmawati, Siti Hajar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stres banyak dialami oleh mahasiswa dari permasalahan akademik. Stres dapat dilihat dari berubahnya kebiasan tidur, pola makan, terlalu banyak mencari waktu untuk berlibur bahkan membolos, meningkatnya pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Penelitian ini akan mengukur beban akademik yang menyebabkan permasalahan kesehatan, munculnya gejala psikosomatis, ketidakpedulian dengan perkuliahan serta beban akademik yang justru memicu semangat mahasiswa. 90 mahasiswa menjadi responden dengan 40 mahasiswa yang menjadi sampel. Penarikan sampel dilakukan secara acak dari mahasiswa tahun pertama sampai mahasiswa tahun ketiga tahun ajaran 2013/2014. Kuesioner Pscyocomatic Scale (PSS) dan Stres Questionnaire for Student dipilih sebagai alat survei karena dapat mengukur prevalensi, distribusi, dan hubungan antar variabel. Kuesioner terdiri dari tiga bagian, yaitu tingkat stres, konflik diri, dan strategi koping. Data diolah dengan analisis reliabilitas dan validitas, kemudian dicek ulang secara manual. Hasil memperlihatkan bahwa walaupun beban akademis tinggi tetapi mahasiswa tidak mendapatkan IPK rendah, mahasiswa tidak datang terlambat ke kelas, dan mahasiswa tidak bermasalah dengan dosen. Sumber stres mahasiswa pada banyaknya kegiatan yang dilakukan mahasiswa di luar perkuliahan. Sedangkan jenis koping yang terlihat dipilih oleh mahasiswa adalah melakukan kegiatan yang mereka sukai dan liburan. Kata Kunci : Stres, Koping, Mahasiswa 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN Sanusi, Nelli Ma’rifat; Widyaningsih, Fitri
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran TGT serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk uraian, lembar aktivitas siswa dan angket siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII-B SMP Amal Bakti Manislor Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2012–2013 dengan jumlah siswa 25 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) perbedaan antara nilai pretest dan postest cukup signifikan, dengan kata lain bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa (2) aktivitas dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas pada awal pembelajaran, saat pembelajaran, dan akhir pembelajaran yang menunjukan presentase respon positif yang cukup tinggi. Siswa menaruh minat yang sangat besar terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis di dalam kelas. Kata Kunci : kemampuan, komunikasi matematis, Teams Games Tournament (TGT).
MODEL TWO STAY TWO STRAY MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE Karimah, Nurul Ikhsan
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan kelas eksperimen menggunakan pendekatan multiple intelligence dengan model kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas kontrolnya menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligence dengan pembelajaran konvensional pada materi segiempat. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligencelebih baik daripada hasil belajar siswa dalam  pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 75,66 dan rata-rata hasil belajar untuk kelas kontrol adalah 63,95. Kata Kunci : Multiple Intelligence, Model TSTS, hasil belajar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BERAT BENDAPADA SDN 2 TRAYU KECAMATAN SINGOROJO KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014 Suprayitno, Iswahyudi Joko; Suherny, Kasiyati Windiar
Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.455 KB)

Abstract

ABSTRAK                  Mempelajari matematika bagi beberapa siswa masih dianggap sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit. Lebih-lebih kelas rendah, perlu meletakkan dasar yang benar dan jangan sampai salah langkah. Tujuan penelitian dilakukan dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester II pada mata pelajaran matematika,materi tentang berat benda melalui penerapan metode Demostrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada prasiklus yang belum mencapai KKM sebesar 70. Karena pada prasiklus hanya menggunakan metode caramah  dan tidak menggunakan peraga. Pembelajaran siklus I dan siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga timbangan bambu. Dari hasil penelitian diperoleh dari  tes formatif tiap tiap siklus dan dianalisa secara komparatif. Penelitian yang dilakukan menunjukan hasil yang sangat memuaskan terbukti dari hasil belajar prasiklus,siswa yang mencapai nilai KKM  sebanyak 9 anak atau 34,61 % , kemudian pada siklus I naik menjadi 16 anak atau 62 % dan pada siklus II mencapai 24 anak atau 92 %. Dari data tesebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metote demonstrasi dan penggunaan peraga timbangan bambu dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata kunci : Matematika, Metode Demonstrasi, dan Alat Peraga  

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 10 Nomor 2 Tahun 2023 Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023 Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2022 Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 1 Tahun 2022 Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2021 Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1 Tahun 2021 Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2020 Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2020 Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019 Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 1 Tahun 2019 Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018 Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018 Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Volume 5 Nomor 1 Tahun 2018 Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Karya Pendidikan Matematika More Issue