cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
ISSN : 23377895     EISSN : 24610550     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational politics
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023): LIST OF ACCEPTED PAPER" : 1 Documents clear
Membangun Kerangka Konseptual Ergonomi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Cindy Putri Nur Azizah; Rohmatun Lukluk Isnaini
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol 11, No 1 (2023): LIST OF ACCEPTED PAPER
Publisher : Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jamp.v11i1.58162

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang kaidah dan prinsip-prinsip ergonomi dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan akan mengurangi konsentrasi dan kenyamanan peserta didik dalam belajar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman terhadap prinsip-prinsip ergonomi dalam manajemen sarana prasarana sekolah dan kegiatan pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri  literatur-literatur seperti buku, jurnal dan artikel-artikel lainnya yang mendukung proses penulisan. Metode analisis yang dipilih adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara memahami dan menyusun data yang terkumpul dan mengorganisasikannya secara sistematis, sehingga nantinya dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan pengelola manajemen mengenai prinsip-prinsip ergonomi sarana dan prasarana dalam pembelajaran relevan terhadap upaya meningkatkan konsentrasi dan kenyamanan siswa dalam belajar. Dengan dilaksankannya penelitian ini. Disarankan kepada tenaga pendidik supaya memperhatikan kaidah ergonomi dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan sehingga peserta didik bisa konsentrasi dan mendapatkan kenyamanan dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 1