cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
PHENOMENON
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP/MTs Arfinanti, Nurul
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitianini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasisPendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi himpunan untuksiswa SMP/MTs.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembanganprosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedurpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedurpengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan dengan lima langkahyaitu melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkanproduk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil danrevisi produk, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.Hasil penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatanPMR dengan kualitas keseluruhan sangat baik dengan nilai 70 (90, 35%).LKS juga sangat efektif digunakan untuk pembelajaran matematika SMP/MTs. Hal ini berdasarkan ketuntasan siswa secara klasikal dengan persentase82,86%. Selain itu, respon siswa juga positif terhadap pembelajarandengan menggunakan LKS pendekatan PMR.Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Pendidikan MatematikaRealistik, Himpunan
SOSIO EMOSIONAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA MADRASAH ALIYAH Hidayah, Malikhatul
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajarkimia dengan kondisi sosio emosional yang mencipkatan suatu kondisiyang belajar yang baik,efektif serta efisien: (1) antara siswa yang mengikutimodel pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran eksplorasi, elaborasi,konfirmasi (EEK), (2) terhadap pengaruh interaksi model pembelajarandengan gaya kognitif, (3) antara siswa yang mengikuti model pembelajaranberbasis masalah dan pembelajaran EEK pada siswa yang memilikigaya kognitif field independent, dan (4) antara siswa yang mengikuti modelpembelajaran berbasis masalah dan EEK pada siswa yang memiliki gayakognitif field dependent. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen denganrancangan faktorial 2x2 posttest only control group design. Subjek penelitianini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Walisongo Jepara tahun pelajaran2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik intakekelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan Anovadua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) perbedaan signifikan terhadapvariable prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa secarabersama-sama (F=2,944; p<0,05). Artinya, prestasi belajar kimia dankondisi sosio emosional siswa bersama-sama menunjukkan perbedaansignifikan antara model pembelajaran; (2) interaksi antara model pembelajarandan gaya kognitif secara bersama terhadap prestasi belajar kimia dankondisi sosio emosional siswa (F=47,456; p<0,05); (3) perbedaan signifikanvariabel model pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia dan kondisisosio emosional siswa untuk siswa yang bergaya kognitif field independent(F=34,337; p<0,05); (4) perbedaan signifikan variabel model pembelajaranterhadap prestasi belajar kimia dan kondisi sosio emosional siswa untuksiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (F=17,912; p<0,05).
ANALISIS PENGETAHUAN CALON GURU KIMIA TENTANG PERALATAN LABORATORIUM DAN FUNGSINYA Udaibah, Wirda
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPembelajaran IPA berkaitan erat dengan cara mencari tahu (inkuiri)tentang alam semesta secara sistematis, sehingga IPA bukan hanyapenguasaan pengetahuan berupa fakta, konsep atau prinsip saja, tetapimerupakan suatu proses penemuan. Hal tersebut diperoleh melalui kegiatanpraktikum. Namun, pelaksanaannya di lapangan memiliki beberapakelemahan antara lain rendahnya pengetahuan guru tentang peralatankimia dan fungsinya.Hasil penelitian ini menunjukkan calon guru kimia tidak dapat mengidentifikasiperalatan laboratorium dan mengetahui fungsinya secaratepat. Kesalahan mahasiswa dapat diidentifikasi menjadi 5 kategori. Pertama,sebagian mahasiswa mengetahui nama dan fungsinya namun tidakmengetahui gambar alat (tidak mengetahui wujudnya). Kedua, mengetahuinama tetapi tidak mengetahui fungsi dan gambar alat. Ketiga, tidakdapat menyebutkan nama dengan benar tetapi mengetahui fungsi dangambar alat. Keempat, mengetahui nama dan gambar tetapi tidak mengetahuifungsinya. Dan yang kelima, tidak mengetahui nama, fungsi maupungambar alat. Pengetahuan mahasiswa yang kurang dapat dipengaruhioleh jumlah peralatan dan bahan masih belum mancukupi, keterbatasanwaktu praktikum dan perlunya proses pendampingan dari dosen pengampupraktikum.Kata kunci: laboratorium, fungsi dan alat
ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU KIMIA (STUDI PADA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA TADRIS KIMIA) Mulyatun, Mulyatun
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPembekalan praktis kependidikan bagi mahasiswa calon guru diLPTK mutlak diperlukan untuk meningkatkan kompetensi calon guru ketikaterjun di dunia pendidikan. Pembekalan ini dapat dilakukan melaluiberbagai kegiatan, diantaranya melalui praktik pengajaran secara mikro(microteaching) maupun melalui praktik mengajar secara riil di sekolah(Praktik Pengalaman Lapangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar calon guru TadrisKimia Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo pada kegiatan Praktik PengalamanLapangan (PPL).Penelitian dilaksanakan di Program Studi Tadris Kimia Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo Semarang dengan melibatkan mahasiswa TadrisKimia yang mengambil mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan. Datadiperoleh dengan metode observasi pada kegiatan pembelajaran di kelasoleh mahasiswa calon guru Kimia. Delapan keterampilan dasar mengajarmahasiswa diamati dan dianalisis pada pelaksanaan Praktik PengalamanLapangan meliputi (1) Keterampilan bertanya, (2) Keterampilan memberipenguatan, (3) Keterampilan mengadakan variasi, (4) Keterampilanmenjelaskan, (5) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (6) Keterampilanmembimbing diskusi kelompok kecil, (7) Keterampilan mengelolakelas, (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.Delapan keterampilan dasar mengajar Mahasiswa Tadris Kimia padapelaksanaan PPL secara keseluruhan adalah baik dangan persentase penilaianmencapai 69,59%. Keterampilan dasar mengajar mahasiswa TadrisKimia yang paling menonjol adalah ketrampilan memberi penguatan(74,14%), sedangkan ketrampilan yang paling rendah adalah keterampilanmengadakan variasi (64,86%).Kata kunci : Ketrampilan Dasar Mengajar, Calon Guru Kimia.
PENERAPAN CRITICAL REVIEW ARTIKEL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN PROPOSAL SKRIPSI Parmin, Parmin
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThe aims of this research is to improve students’ ability in developinga proposal thesis by applying critical review of scientific articles comefrom journals. The research is designed by class action research. The resultsshowed 63% of students thesis proposals on Research Methodology coursescored above 80. Based on the results obtained it can be concluded that theapplication has been critical review or critical study of scientific articles canenhance students’ ability in preparing research proposals.Keywords: critical review, scientific article, journal and thesisproposal
APLIKASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK METODE INQUIRY BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN HUKUM-HUKUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN FLUIDA STATIS DAN DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK Mahzum, Mahzum
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTahun pelajaran 2013/2014 seluruh SMA dan SMK Negeri di Indonesiamulai mengimplementasi kurikulum 2013. Proses pembelajarankurikulum 2013 pada jenjang tersebut dilaksanakan dengan menerapkanpendekatan saintifik. Cakupan pendekatan saintifik ini meliputi tiga ranahyaitu pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penerapanpendekaan saintifik dirangkai dengan salah satu metode pembelajaranyaitu metode inquiry based learning atau problem based learning atauproject based learning. Penilaian hasil belajar dengan pendekatan saintifiktelah dipatok KKMnya sebesar 75 yang setara dengan 2,66 atau B-.Dari uraian tersebut penulis mencoba melakukan peneletian tindakankelas untuk mengetahui kegiatan aplikasi pendekatan pembelajaransaintifik metode inquiry based learning pada kompetensi dasar menerapkanhukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis,dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi dasar tersebutpada siswa kelas X TKBT2 SMK Negeri 3 Semarang tahun pelajaran2013/2014.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus pada pokokbahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukum Pascal,teganganpermukaan,viskositas dan hukum Stokes. Siklus pertama diberlakukanpada pokok bahasan tekanan hidrostatik,gaya Archimedes,hukumPascal. Siklus kedua diberlakukan pada pokok bahasan teganganpermukaan,viskositas dan hukum Stokes.Data hasil belajar diambil melalui observasi dan tes. Data observasiuntuk memperoleh nilai sikap dan nilai keterampilan, data tes untuk memperolehnilai pemahaman. Data dianalisis dengan menggunakan analisiskuantitaif dibantu program SPSS versi 17.0 dan dibantu dengan grafi.Pada siklus pertama rata-rata nilai ranah sikap 76,57 rata-rata nilai ranahketarmpilan 76,67 dan rata-rata nilai ranah pemahman 75,60. Sedangkanpada siklus kedua rata-rata nilai ranah sikap 80,56 ,rata-rata nilai ranahketerampilan 81,86, dan rata-rata ranah pemahaman 80,54.Kesimpulan bahwa kegiatan yang dirancang dalam aplikasi pembelajarandengan pendekatan saintifik metode inquiry based learning padakompetensi dasar menerapkan hukum-hukum yang berhubungan denganfluida statis dan dinamis sesuai dengan landasan teori, dan dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas X SMK.Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran saintifik metode inquirybased learning, kompetensi dasar menerapkan hukum-hukum yangberhubungan dengan fluida statis dan dinamis, hasil belajar siswa.
MATHEMATICS TOOLS DEVELOPMENT BASED ON WEB WITH MOODLE APPLICATIONS IN BASED STATISTICS SUBJECT Bagus Ardi S, Rina Dwi S Febrian Dewanto
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTThis research is the development of learning tools, which aims to: (1)describe the development of tools and produce mathematics learning applicationbased on WEB with MOODLE Application On valid Based StatisticsSubject. (2) To determine Effectiveley results the tools of learning.Moreover, the learning tools to be developed are the whole Syllabus, lessonplans, and text book learning. Those tools are developed by using the developmentmodel of 4D thiagdarajan Field trials conducted an web learningcourse on Education Statistics experiments Class, in this study were36 students at class 3A, while the control class is 35 students of 3B class.Independent variables are motivation and activity, while the dependentvariable is the learning achievement. Data taken with the deployment ofquestionnaires, observation and tests. Data processed with comparisons ttest and regression.The results the influence of motivation and activity of learningachievement of 89.7% d) and the average of learning achievement experimentalclass achieve exhaustiveness 74.25 e) Average learning achievementof experimental class 74.25, better than average learning achievement forcontrol class 64.57. Based on the research results obtained are valid learningtools and effective learning that show the development of learningtools goals achieved.Keywords: Development Learning Tools, WEB, MOODLE
PENINGKATKAN KETUNTASAN DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XB SEMESTER I SMA NEGERI I GUBUG MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Rachmadi, Denny
PHENOMENON Vol 4, No 1 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDari data hasil belajar Fisika Pokok Bahasan Besaran dan Satuan nilairata-rata siswa kelas XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014masih di bawah 6,0. Ini menunjukkan masih rendahnya ketuntasan belajarsiswa kelas XB SMA Negeri I Gubug tahun pelajaran 2013/2014 KabupatenGrobogan tahun pelajaran 2013/2014 dimana KKM yang ditetapkanoleh Sekolah adalah 75. Proses pembelajaran dalam penelitian ini mengunakanmodul pembelajaran fisika.Obyek penelitian ini adalah siswa kelasXB SMA Negeri I Gubug Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014.Data penelitian dianalisis secara teknik diskriptip. Dari analisis datapenelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatandibanding sebelum menggunakan modul pembelajaran. Begitu juga untukhasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor mengalami peningkatandalam tiap siklusnya.Kata Kunci : Modul Pembelajaran Fisika. Ketuntasan Belajar danMotivasi Belajar
BTL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA Rochim, Abdul
PHENOMENON Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar fisika materi cahaya melalui model pembelajaran Better Teaching andLearning (BTL) bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus Tahun Pelajaran2011/2012Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik kelasVIII G SMP 1 Kudus sejumlah 26 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan12 anak perempuan, dimana peneliti sebagai guru IPA (fisika) pada kelastersebut. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan Maret 2012sampai bulan Juni 2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakankelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4tahapan yaitu perencanan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan(observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus 1 tindakan yang dilakukandengan model pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerjaterbimbing sedangkan pada siklus 2 tindakan yang dilakukan denganmodel pembelajaran BTL dengan menitikberatkan lembar kerja terbukadan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik melaluimodel pembelajaran BTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarfisika materi cahaya bagi peserta didik kelas VIII G SMP 1 Kudus padasemester 2 tahun 2011/2012. Peningkatan aktivitas belajar fisika sebesar49% dari kondisi awal 64 menjadi 94. Sedangkan Peningkatan hasil belajarfisika sebesar 22 % dari kondisi awal 72 menjadi 88.Kata Kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Model PembelajaranBTL
PEMETAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN 2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH DI KOTA SEMARANG Nisa, Lulu Choirun Nisa Choirun
PHENOMENON Vol 4, No 2 (2014): Phenomenon
Publisher : IAIN Walisongo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa ujian akhir lebihdifokuskan pada aspek kelulusan dan pencitraan satuan pendidikan. Padahalsebagaimana tercantum dalam PP no.19 Tahun 2005, fungsi ujiannasional yang pertama adalah untuk pemetaan pendidikan dalam rangkapeningkatan kualitas pendidikan. Sayangnya pemetaan ini dapat dikatakanbelum dilakukan, khususnya untuk madrasah.Oleh karena itu rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian iniadalah bagaimana peta distribusi hasil ujian nasional 2013mata pelajaranmatematika untuk Madrasah Aliyahdi Kota Semarang berdasarkan dayaserap dari materi yang diujikan dengan memperhatikan faktor status dantingkat akreditasi madrasah. Penelitian dilakukan dengan metode survei.Data yang berupa hasil ujian nasional 2013Madrasah Aliyahse-KotaSemarang diambil dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisisdeskriptif kuantitatif, independent sample t test dan ANOVA.Kata Kunci: Pemetaan, Hasil UN Matematika tahun 2013, Madrasah

Page 1 of 2 | Total Record : 19