Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 68, No 1 (2019): MARET

PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei pada Pengunjung Kampung Tridi (Tiga Dimensi) Malang)

Athika Sri Ayuningtyas (Unknown)
Achmad Fauzi Dh (Unknown)
Inggang Perwangsa Nuralam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2019

Abstract

The purpose of this study was to knowing and explaining the influence of Instagram Exposure on Decision to Visit Process with Destination Image as Intervening Variable. The type of research used in this research was explanatory with quantitative approach. The research variables were Instagram Exposure, Destination Image, and Decision to Visit Process. The population in this research were domestic visitors with minimun age of 18 years, have an Instagram account and use it also ever saw posting of Kampung Tridi photo in Instagram. The sample used in this research was 116 respondents take by using purposive sampling and data collection method using a survey method with questionnaire. Data analysis used was descriptive statistical analysis and path analysis. The data in this study was processed using IBM SPSS Statistics 21. The result of path analysis showed that Instagram Exposure had a significant effect on Destination Image, Destination Image had significant effect on Decision to Visit Process, Instagram Exposure had significant effect on Decision to Visit Process, and Instagram Exposure had significant effect on Decision to Visit Process with Destination Image as Intervening Variable. Keyword : Instagram Exposure, Destination Image, Decision to Visit Process ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Proses Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung domestik Kampung Tridi Malang dengan usia minimal 18 tahun, memiliki akun Instagram dan menggunakannya, serta pernah melihat unggahan foto Kampung Tridi di Instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode survei menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 21. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Terpaan Media Sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Citra Destinasi, Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung, Terpaan Media Sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung, dan Terpaan Media Sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi. Kata Kunci : Terpaan Media Sosial Instagram, Citra Destinasi, Proses Keputusan Berkunjung

Copyrights © 2019