Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan
Vol 4 No. 1 Tahun 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN CASH HOLDING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2015)

Anugerah Humendru (Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas)
Jonner Pangaribuan (Fak Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Growth Opportunity, Cash Conversion Cycle dan Net Profit/Loss terhadap Cash Holding pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah Growth Opportunity, Cash Conversion Cycle dan Net Profit/Loss berpengaruh terhadap Cash Holding?”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa Growth Opportunity tidak berpengaruh terhadap Cash Holding, sedangkan Cash Conversion Cycle dan Net Profit/Loss berpengaruh positif signifikan terhadap Cash Holding. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa Growth Opportunity, Cash Conversion Cycle dan Net Profit/Loss berpengaruh terhadap Cash Holding. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 22,6% sedangkan sisanya sebesar 77,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, terbit sejak 2015, merupakan Media Riset Akuntansi dan Keuangan yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu akuntansi dan keuangan terkini yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi ...