Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama serta kurang kreatifnya pemilih bahan ajar, penggunaan metode, dan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif dalam pembelajaran menulis naskah pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Pembelajaran Latihan Terbimbing menggunakan Media Berita dalam pembelajaran menulis naskah drama pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Eksperimen dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan Metode Latihan Terbimbing menggunakan media berita dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kedua kelompok tersebut diberi pengajaran yang sesuai dengan penelitian tersebut dan dalam waktu-waktu tertentu diberikan tes, baik yang berupa tes awal (pre-test) maupun teRakhir (post-test). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti membandingkan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Uji Mann-Whitney digunakan penulis untuk menghiung rata-rata nilai pratest dan rata-rata nilai pascates. Temuan penelitian adalah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, yakni nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,15 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,83. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa nilai z hitung > z table, yakni 6,10015 > 1,96. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode latihan terbimbing menggunakan media berita lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2018