Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 4 No 2 (2016): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (RISK PROFILE, GCG, EARNING, DAN CAPITAL) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2014)

Harry P Panjaitan (STIE Pelita Indonesia)
Dian Putri Kusuma Wardani (STIE Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

The Influence of Health Banking by using RGEC methods (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning and Capital) to stock prices company (empirical studies in commercial banks were listed on the Indonesian stock exchange. The purpose of this research is to analyze the variabels NPL, GCG, ROA and CAR to stock prices company of commercial banks were listed on the Indonesian stock exchange.The population in this research is the entire commercial banks were listed on the Indonesian stock exchange. While the sampels taken in this study is a total of 30 companies. The sampling technique employed was purposive sampling method. The secondary data were obtained from the BEI and finance.yahoo.com. The independent variabels used are NPL, GCG, ROA and CAR. Data analysis techniques used multiple linear regression analysis using t-test and F-test for testing the hypothesis.The results of this research show that simultaneously variabel NPL, GCG, ROA and CAR, a significant effect with respect to the share price visibel from the Fvalue (17.523) > Ftable (2.45057). while partially variabel NPL, GCG and ROA significantly to stock price while CAR do not effect significantly to stock price. Capability predictions of the independent variable price of the stock 35.5% as indicated by its magnitude Adjusted R Square 35.3% of the remaining 64.7% influenced by other variabel not included in this research. Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning dan Capital) terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel NPL, GCG, ROA dan CAR terhadap harga saham perbankan umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data sekunder yang diperoleh di BEI dan Finance.yahoo.com. Variabel independen yang digunakan adalah NPL, GCG, ROA dan CAR. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel NPL, GCG, ROA dan CAR berpengaruh signifikan terhadap harga saham terlihat dari F hitung (17.253) > F tabel (2.45057). Sementara secara parsial variabel NPL, GCG, ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham sedangakan variabel CAR tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kemampuan prediksi dari variabel independen tersebut terhadap harga saham sebesar 35.3% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R Square sebesar 35.3% sedangkan sisanya 64.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...