Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 4 No 3 (2016): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. TRIBUANA PEKANBARU

Arfianti Novita Anwar (STIE Pelita Indonesia)
Andi Andi (STIE Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

The importance of determining the company factors - key success factors of external and internal corporate environment is a better value for the competitiveness of enterprises. The external environment will be known what the threats (threats ) and what the opportunities ( opportunities) for the company. After knowing the external environment facing the internal environment analysis needs to be conducted to determine what the strengths ( strengths ) and what are the weaknesses ( weaknesses ) of the company. Tools that can be used by the company to determine environmental factors is the SWOT analysis. This research used descriptive qualitative. In this case the actual data collected, compiled, classified and then interpreted that enables problem solving investigated so as to provide an overview and information on the issue. This study aims to find strategies that can be used by companies to promote better company and how the appropriate steps that can be taken the company in the face of market competition. The results of this study indicate that the company is a market leader. In this case the company has competitors who are also strong enough to shift the position of the company. So company needs proper marketing strategies to maintain market position. Pentingnya perusahaan mengetahui faktor – faktor kunci sukses eksternal dan internal lingkungan perusahaan merupakan nilai lebih untuk daya saing perusahaan. Terhadap lingkungan eksternal akan dapat diketahui apa yang menjadi ancaman (threats) dan apa yang menjadi peluang (opportunities) bagi perusahaan. Setelah mengetahui lingkungan eksternal yang dihadapi maka analisis lingkungan internal perlu dilakukan guna mengetahui apa yang menjadi kekuatan (strengths) dan apa yang menjadi kelemahan (weaknesses) dari perusahaan. Alat yang dapat digunakan perusahaan dalam menghadapai faktor lingkungannya adalah Analisis SWOT. Pengujian penelitian ini menggunakan desktiptif kualitatif. Dalam hal ini data aktual dikumpulkan,disusun,diklasifikasikan untuk kemudian di interprestasikan yang memungkinkan dilakukan pemecahan masalah yang diselidiki sehingga memberikan gambaran dan informasi mengenai masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk memajukan perusahaan menjadi lebih baik dan bagaimana langkah yang tepat yang dapat diambil perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan merupakan market leader. Dalam hal ini perusahaan mempunyai pesaing yang juga cukup kuat untuk menggeser posisi perusahaan. Sehingga perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan posis pasar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...