Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2015)

AMPAS KELAPA SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DAN APLIKASINYA SEBAGAI MATERI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Tri Arnesti (Unknown)
Khoiron Nazip (Unknown)
Didi Jaya Santri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian mengenai ampas kelapa sebagai campuran media tanam untuk meningkatkan pertumbuhan jamur tiram telah dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ampas kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap, terdiri dari empat perlakuan dan enam ulangan. Perlakuan berupa takaran  yang terdiri dari 0, 10, 15, dan 20 g. Data dianalisis dengan uji sidik ragam dan BJND. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pertumbuhan panjang stipe, jumlah, dan berat basah basidiokarp paling rendah pada takaran 0 g dan paling tinggi pada takaran 20 g, sedangkan pada parameter diameter pileus basidiokarp didapatkan rata-rata diameter paling rendah pada takaran 20 g dan rata-rata paling tinggi pada takaran 15 g. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian ampas kelapa pada media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan panjang stipe dan berat basah basidiokarp, berpengaruh nyata terhadap jumlah basidiokarp, dan berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan diameter pileus basidiokarp. Pemberian ampas kelapa sebanyak 20 g (P3) memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan panjang stipe, pemberian ampas kelapa sebanyak 15 g (P2) memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan jumlah dan berat basah basidiokarp. Informasi hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif contoh kontekstual pada pembelajaran Biologi Kelas X pada Kompetensi Dasar 4.10 Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.   Kata kunci: ampas kelapa, Pleurotus ostreatus, pertumbuhan jamur

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...