Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 1, No 2 (2014)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE DISKUSI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT

Sugio Sugio (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2014

Abstract

Abstrak: Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi, perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode diskusi dengan media pembelajaran power point pada KD. 3.1, 3.2, dan 3.3. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang yang terdiri atas 34 orang. Prosedur yang ditempuh terdiri atas 3 siklus, yang terdiri dari siklus I sebanyak 2 kali pertemuan, siklus II sebanyak 2 kali pertemuan, dan siklus III sebanyak 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan tingkat keaktifan siswa, siklus I sampai dengan III telah mencapai kategori cukup aktif dan sangat aktif. Nilai post tes yang dicapai oleh siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklus baik. Sebelum tindakan, nilai ulangan harian 1,2, dan 3 hanya mencapai ketuntasan klasikal 54,8. Setelah tindakan menunjukkan peningkatan berturut-turut dari siklus I: 79,38 siklus II: 74,38, dan siklus III: 95,41. Sebelum tindakan persentase KKM ulangan harian adalah: 49,33%. Setelah tindakan persentase siswa yang mencapai KKM (mendapatkan nilai ≥75) meningkat,  siklus I: 100%, siklus II: 64,70 %, dan siklus III juga 100%. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kelompok, mengerjakan tugas-tugas, berpikir bersama, dan menjawab soal post tes. Hasil belajar siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 20 Palembang meningkat dan  respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan baik atau positif. Kata-kata kunci:  power point, aktivitas, dan hasil belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...