Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 1, No 2 (2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Novaria Roy (Unknown)
Djunaidah Zen (Unknown)
Khoiron Nazip (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 11 Palembang  pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar  rata - rata  sebesar 31,92 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai  90,83%. Berdasarkan hasil uji –t menunjukkan  bahwa nilai pretest dan posttest berbeda nyata, dimana nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kelas  X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan.   Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...