Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Mutiara Hati terkait dengan perkembangan kreativitas anak yang masih belum berkembang optimal. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Mutiara Hati menunjukkan bahwa 7 dari 10 anak masih belum berkembang kreativitasnya, sedangkan sisanya sebanyak 3 anak menunjukkan kemampuan cukup berkembang, sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 55,83% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 69,58% dan meningkat secara optimal pada siklus III dengan persentase 81,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan eksplorasi menggunakan koran bekas yang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan efektif dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B2 di TK Mutiara Hati Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.
Copyrights © 2017