Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan
Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

KINERJA PERAWAT PELAKSANA BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERTAMINA JAYA JAKARTA PUSAT TAHUN 2018

Agung Tri Nugraha (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

iv + 33 Halaman + 5 Tabel + 5 Lampiran Penilaian kepuasaan dilihat dari mutu pelayanan yang merupakan upaya untuk meningkatkan suatu kepuasan kepada pasien, pelayanan bukan hanya untuk proses kesembuhan pasien dari penyakit. Dengan mengetahuinya kinerja perawat pelaksana dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit. Kinerja  perawat pelaksana  dengan kepuasan pasien  yang di lakukan penelitian di Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta Pusat tahun 2018. Desain  yang digunakan pada penelitian ini adalah  cross sectional pada 67 sampel. tehnik yang di gunakan purposive sampling dengan melihat  kriteria inklusi dan eksklusi, yang dilaksanakan pada  26 Juli sampai dengan 26 Agustus 2018. Analisis univariat dan bivariate dengan Chi-Square. Hasil penelitian dari kinerja perawat pelaksana yang baik ada 39 (58,2%) dan pasien yang puas ada 39 (58,2%) dan  bahwa ada hubungan signifikan kinerja perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,001. Meningkatkan  kinerja perawat di rumah sakit dengan cara pelatihan untuk meningkatkan keramahan, senyum ,berpenampilan/kerapian. Terciptanya perawat yang handal dan professional dalam memberikan asuhan keperawatan di ruangan rawat inap. Kata Kunci           : Kinerja Perawat Pelaksana, Kepuasan PasienDaftar Pustaka  34 (2003-2016)iv + 33 Halaman + 5 Tabel + 5 Lampiran Penilaian kepuasaan dilihat dari mutu pelayanan yang merupakan upaya untuk meningkatkan suatu kepuasan kepada pasien, pelayanan bukan hanya untuk proses kesembuhan pasien dari penyakit. Dengan mengetahuinya kinerja perawat pelaksana dapat meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit. Kinerja  perawat pelaksana  dengan kepuasan pasien  yang di lakukan penelitian di Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta Pusat tahun 2018. Desain  yang digunakan pada penelitian ini adalah  cross sectional pada 67 sampel. tehnik yang di gunakan purposive sampling dengan melihat  kriteria inklusi dan eksklusi, yang dilaksanakan pada  26 Juli sampai dengan 26 Agustus 2018. Analisis univariat dan bivariate dengan Chi-Square. Hasil penelitian dari kinerja perawat pelaksana yang baik ada 39 (58,2%) dan pasien yang puas ada 39 (58,2%) dan  bahwa ada hubungan signifikan kinerja perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,001. Meningkatkan  kinerja perawat di rumah sakit dengan cara pelatihan untuk meningkatkan keramahan, senyum ,berpenampilan/kerapian. Terciptanya perawat yang handal dan professional dalam memberikan asuhan keperawatan di ruangan rawat inap. Kata Kunci           : Kinerja Perawat Pelaksana, Kepuasan PasienDaftar Pustaka  34 (2003-2016)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kesehatan

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan (JBIK) dengan E-ISSN :2622-948X diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan Juni dan bulan Desember. ...