JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik- Integratif Berbasis Sosiokultural Bagi Kelas IV SN Babarsari Kabupaten Sleman

Arifian, Florianus Dus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP tematik-integratif berbasis sosiokultural yang layak dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain dari Borg dan Gall yang dimodifikasi Sukmadinata menjadi tiga tahap: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) pengujianmodel. Tempat penelitian adalah SDN Babarsari Kabupaten Sleman. Subjek penelitian mencakupsiswa dan guru. Pada tahap studi pendahuluan, data diperoleh dari wawancara dan angket. Pada tahap pengembangan model, data diperoleh dari validasi, angket, dan observasi. Pada tahap pengujian model, data diperoleh dari tes. Analisis data hasil tes dilakukan melalui uji T dengan interval kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP efektif dalam meningkatkan nilai hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai postes siswa yang mengggunakan SSP lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran dari Pusat Kurikulum 2013. Perbedaan inisignifikan pada nilai t sebesar 3,73 dengan derajat bebas pada 31 dan signifikansi dua ekor pada0,001

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...