JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar

Wahyu, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Abstrak. Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Etnosains merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Pengintegrasian etnosains dalam pembelajaran dapat menggambarkan secara jelas kekhasan materi ajar, ruang kelas, lingkungan belajar, metode pembelajaran maupun pendekatan pembelajaran yang berbasis budaya. Proses pembelajaran akan efektif jika etnosains diintegrasikan kedalam tema-tema pembelajaran sebagai tema pokok pembelajaran. Misalnya tentang pengetahuan budaya yang berkaitan ritual adat, tanaman obat-obatan tradisional, rumah adat, dan pengetahuan budaya lainnya yang relevansi dengan tema pembelajaran.Etnosains dapat diimplementasikan melalui metode pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui metode problem based learning (PBL), project based learning (PjBL), discovery, inkuiri, dan keterampilan proses. Dengan pengintegrasian etnosains maka pembelajaran yang berlangsung bukan saja menggali pengetahuan deklaratif siswa, tetapi juga pengetahuan prosedural yang mengacu pada konstruktivisme.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...