Jurnal Ilmiah FIFO
Vol 11, No 1 (2019)

Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Metode Bellman Ford Berbasis Spasial pada Daerah Rawan Banjir dan Macet (Studi Kasus: Bekasi)

Bella Fitsolyna (Fakultas Teknik, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, 12640)
Andrian Permana (Fakultas Teknik, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, 12640)
Adinda Putri Kusuma Wardani (Fakultas Teknik, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, 12640)
Ionia Veritawati (Fakultas Teknik, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, 12640)
Febri Maspiyanti (Fakultas Teknik, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta, 12640)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Bekasi merupakan salah satu wilayah yang rentan terhadap banjir dan macet. Biasanya banjir dapat merendam beberapa rumah pada wilayah tertentu dan menggenangi beberapa titik ruas jalan sehingga dapat mengganggu aktifitas warga, banjir ini di sebabkan oleh hujan yang mengguyur dan dari warga yang membuang sampah sembarangan terlebih lagi membuang ke sungai sehingga banjir dapat menyebabkan terjadinya macet. Macet tidak hanya di sebabkan oleh banjir akan tetapi di karenakan tingginya volume kendaraan sehingga tidak sebanding dengan badan jalan. Mengatasi hal tersebut, peneliti menyajikan informasi mengenai banjir dan macet melalui Sistem Informasi Geografis. Sistem informasi geografis adalah sistem berbasis geografis yang menyediakan info keruangan kepada public dimana di lakukan guna membangun suatu sistem yang diharapkan mampu membantu masalah pengguna mengenai daerah rawan banjir dan macet di daerah Bekasi, sehingga mampu mempermudah pengguna untuk mengetahui info untuk dapat mencari rute lain. Penelitian ini menggunakan metode Bellman Ford dimana metode ini untuk menemukan jalur terpendek.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fifio

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah FIFO UMB diterbitkan oleh program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu KOmputer merupakan hasil penelitian, penelitian konseptual dan ilmu terapan, yang mencakup dan berfokus pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, E-Business, E-Government, Mobile Computing, Data mining, data warehouse, ...