Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan siswa menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pembelajaran 2017-2018 bertepatan semester ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 180 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen kemampuan berpikir logis dengan menggunakan tesobjektif pilihan ganda dan instrumenkemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan tes esai. Pengujian hipotesis digunakan dengan teknik korelasi product moment.Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y sebesar 0.32%, signifikansi t hitung sebesar  dan t tabel = 1,691 (uji satu pihak). Hipotesis dalam penelitian ini adalah t hitung lebih besar dari t tabel, atau 5,10 > 1,691, maka H0 ditolak.
Copyrights © 2018