Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 1 No. 2 Tahun 2018

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU

Citra Paula Lumbanraja (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Losten Tamba (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan siswa menulis teks negosiasi pada kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pembelajaran 2017-2018 bertepatan semester ganjil.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 180 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen kemampuan berpikir logis dengan menggunakan tesobjektif pilihan ganda dan instrumenkemampuan menulis teks negosiasi dengan menggunakan tes esai. Pengujian hipotesis digunakan dengan teknik korelasi product moment.Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Onanrunggu tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y sebesar 0.32%, signifikansi t hitung sebesar  dan t tabel = 1,691 (uji satu pihak). Hipotesis dalam penelitian ini adalah t hitung lebih besar dari t tabel, atau 5,10 > 1,691, maka H0 ditolak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...