Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 2 No. 1 Tahun 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI OEH SISWA KELAS X SMA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN

Friska Megawati Manalu (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Asnita Hasibuan (FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan menulis paragraf  narasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Budi Murni 3 Medan, pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018.  Metode penelitian ini adalah metode eksperimen  static group comparison dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA  Budi Murni 3 Medan dengan sampel berjumlah 70. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes esai menulis paragraf narasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi  tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,00 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori baik dengan nilai rata-rata 77,57. Selanjutnya, dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (to) sebesar 6,25, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t  pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 68 adalah 1,995. Oleh karena t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 6,25> 1,995. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran quantum teaching  berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf  narasi oleh siswa kelas  X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian bahwa model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis paragraf  narasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...