Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 6, No 1 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 1 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VISUAL DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

zuriah susilawati (SMA Negeri 2 Palembang)
Ermayanti Ermayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang hasilbelajar peserta didik setelah proses pembelajaran Biologi dengan menggunakan media visual. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang, pada mata pelajaran Biologi dengan subyek penelitian kelas XII IPS 1 yang terdiri atas 40 orang pesertadidik. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan tes hasil belajar. Data yang didapatkan diolah dengan menghitung rata-rata hasil belajar dan persentase (%) peserta didik yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalamipeningkatandarisiklus I (79,12) menjadi (82,15) pada Siklus II. Persentase peserta didik yang tuntas juga mengalami peningkatan yang awalnya 62,50% (pada Siklus I) menjadi 80,00 (pada Siklus II). Dapat disimpulkanbahwapenggunaan media visual pada pembelajaran Biologi meningkatkan hasilbelajarpesertadidik dan persentasepesertadidik yang tuntasdalambelajar.Kata-kata kunci: media visual,hasil belajar, biologi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...