MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014

DESKRIPSI PERSEPSI GURU MATEMATIKA BERSTATUS SERTIFIKASI TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SMP NEGERI

Kamariah Kamariah (Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2014

Abstract

Kesulitan belajar matematika dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kemampuan manapun dari kalangan atau kelompok manapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika berstatus sertifikasi terhadap kesulitan belajar matematika siswa pada SMP Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data nontes melalui kuesioner terbuka, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa          persepsi guru Matematika mengenai penyebab kesulitan belajar dominan mengungkap penyebab psikologis, di antaranya rendahnya minat atau motivasi sebagai penyebab kesulitan belajar Matematika siswa; persepsi guru Matematika mengenai gejala yang menjadi indikator adanya kesulitan belajar Matematika yang paling banyak diungkap adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru; dan persepsi guru mengenai cara yang dilakukan untuk menyelidiki adanya kesulitan belajar Matematika yang paling umum dilakukan adalah melalui dokumentasi dengan melihat hasil tes atau tugas masing-masing siswa.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

magistra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Musamus menerima artikel hasil hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang meliputi bidang pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa ...